Industri kosmetik di Tanah Air menunjukan tren positif. Pada 2017, Indonesia tercatat berhasil melakukan ekspor produk kosmetik ke negara Asia Pasifik dengan nilai ekspor 500 juta dollar AS. Tren di dalam masyarakat sendiri mengenai kosmetik juga menunjukan grafik positif. Sosial media memainkan peranan penting mengenai kosmetik. Dahulu, kosmetik dan produk penghias wajah lainnya hanya digemari oleh kaum wanita. Dewasa ini, kaum pria juga tidak kalah. Mereka sudah mulai sadar betapa pentingnya menjaga penampilan. 

 

Tren positif mengenai kosmetik membuat banyak orang berbondong-bondong untuk terjun menjadi produsen kosmetik atau sekadar menjadi distributor. Namun, di balik tren positif tersebut, terdapat beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh para produsen kosmetik. Untuk kamu yang berencana membuka dan menjual kosmetik, kamu akan menghadapi beberapa tantangan.

 

Salah satu tantangan yang akan kamu hadapi adalah kompetisi yang ketat. Besarnya pangsa kosmetik di dalam negeri membuat kompetisi di dalamnya menjadi ketat. Kondisi ini menuntut agar inovasi selalu tercipta demi bertahan di dalam kompetisi. Kamu akan berkompetisi tidak hanya dengan pemain baru lainnya, tetapi juga pemain lama yang sudah memiliki nama besar. Salah satu cara agar bisa bersaing dengan pemain lainnya selain berinovasi adalah dengan tidak mengikuti tren pasar.

 

 Jika kamu mengikuti produk yang sedang tren di pasar, maka kamu akan kalah bersaing dengan produsen lainnya yang sudah memiliki nama di pasaran. Jauh lebih baik jika menjual atau menawarkan produk yang tidak sedang menjadi tren. Kamu bisa membangun nama dari bisnis yang kamu jalani sembari meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang kamu tawarkan melalui penjualan produk atau jasa yang tidak sedang menjadi tren di pasar. 

 

Selain itu, kamu bisa belajar dari pemain besar bagaimana mereka membangun nama besar dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat mengenai produk mereka. Tentunya membangun bisnis kosmetik tidaklah mudah. Diperlukan ketekunan, keberanian dan disiplin serta konsisten dalam membangun dan menjalankan bisnis kosmetik. 

 

Sumber

https://www.wartaekonomi.co.id/read202629/bisnis-kecantikan-dengan-berbagai-tantangan.html

https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-3264710/tantangan-berbisnis-startup-kosmetik-kurang-tidur-hingga-sempat-diremehkan

 

 

leave a Comment