hair

Memiliki warna rambut yang berbeda dari biasanya dapat menjadikan rasa percaya diri yang meningkat, oleh karena itu terkadang beberapa orang memiliki hobi untuk mempunyai warna rambut yang mengikuti tren. Anda juga perlu memahami saat tebersit keinginan untuk melakukan perawatan rambut adalah Anda perlu konsisten dan mengubah pola perawatan rambut. Paparan sinar matahari, klorin, air mandi, hingga air laut saat liburan mampu mempengaruhi kondisi rambut berwarna. 

Untuk mendapatkan tampilan yang terkini sebaiknya Anda tak hanya sebatas mewarnai rambut Anda, rambut yang telah diwarnai biasanya harus dirawat agar warna pada rambut Anda jauh lebih tahan lama. Oleh karena itulah sudah Seharusnya Anda juga perlu menguasai cara merawat rambut yang sudah diwarnai.

Berikut tips yang harus Anda lakukan agar warna rambut Anda lebih awet. 

 

  1. Hindari Cara Keramas yang Kurang Efektif 

Ruth Rocher seorang colorist profesional menuturkan bahwa rambut yang diwarnai sebaiknya tidak terkena air, hal ini karena pewarna rambut memiliki kandungan bahan kimia yang mampu menjadikan rambut lebih rentan terhadap efek air. Akan tetapi bukan berarti Anda harus berhenti mandi atau mencuci rambut rambut. Anda hanya perlu menghindari pembilasan yang berlebihan. Setelah menggunakan sampo dan kondisioner, alangkah baiknya Anda tidak memiringkan kepala ke belakang dan biarkan air hanya melalui bagian atas rambut selama beberapa menit.

 

  1. Jangan Langsung Keramas

Pigmen warna cat rambut akan lebih mudah terserap ketika pori-pori pada rambut terbuka, maka dari itu jika Anda ingin mewarnai rambut sebaiknya lakukanlah keramas pada sehari sebelumnya untuk membuka pori-pori tersebut dan sebaiknya Anda tidak menggunakan kondisioner. Anda hanya perlu menunggu 24 hingga 48 jam untuk keramas setelah menyelesaikan pewarnaan pada rambut Anda.

 

  1. Kurangi Kebiasaan Membilas Dengan Air Panas

Lapisan kutikula luar pada rambut dapat terangkat apabila terkena air panas, sehingga warna rambut yang memudar sering terjadi karena hal ini. Bahkan warna cat pada rambut dapat dengan cepat memudar apabila terkena air panas, semakin tinggi suhu yang dimiliki air panas maka semakin cepat pula mengembalikan warna ke rambut semula. Maka sangat disarankan ketika ingin membilas rambut yang berwarna menggunakan air suam-suam kuku atau dingin, Anda juga dapat menyesuaikan terlebih dahulu suhu pada air saat mencuci rambut

 

  1. Sebisa Mungkin Jangan Berenang

Klorin dalam air kolam berenang mampu mempengaruhi kondisi warna cat rambut Anda. Lebih baik, gunakan topi berenang untuk mencegah kontak langsung rambut dengan klorin. Setelah berenang, segera bilaslah rambut dengan kondisioner terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan sampo. Dengan cara ini mampu membantu rambut menjadi lebih lembap, tidak kusut, dan juga tidak kaku. 

 

  1. Ingat Fungsi Kondisioner

Rambut yang diwarnai akan jauh lebih kering dan juga rapuh sehingga kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai sangatlah diperlukan, namun sangat disayangkan beberapa orang seringkali tidak menggunakan kondisioner hanya karena mereka ingin menghemat waktu. Hal ini sangat disayangkan, kondisioner sangat berperan penting agar menciptakan pelindung dan mencegah warna rambut cepat memudar.

 

  1. Lakukan Perawatan Ekstra 

Memiliki rambut yang berwarna tentunya perlu perawatan ekstra, hal ini karena kondisi batang rambut yang diwarnai jauh lebih sensitif sehingga mudah kusam maupun patah. Maka dari itu perawatan creambath sangatlah tidak direkomendasikan untuk rambut Anda yang sensitif.

Agar warna pada rambut Anda jauh lebih tahan lama, sebaiknya pada setiap seminggu sekali Anda melakukan perawatan masker untuk menjaga kelembapan sekaligus menjadikan warna rambut lebih awet. Penggunaan hair color protection juga diperlukan untuk memberikan nutrisi pada batang rambut, gunakanlah setiap dua kali dalam sehari.

 

  1. Cara Mengeringkan Rambut yang Benar

Ujung rambut dapat terlihat kering dan warna rambut mampu memudar apabila Anda menggosokkan rambut terlalu keras menggunakan handuk, maka dari itu langkah yang terbaik untuk Anda lakukan ialah mengeringkannya secara alami. Menekan-nekan rambut Anda menggunakan handuk hingga mengering juga menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda lakukan.

 

Itulah beberapa tips agar warna rambut Anda lebih awet. 

leave a Comment