Sosial media dewasa ini merupakan sebuah kebutuhan utama. Sosial media tidak mengenal semua umur. Tua atau muda, laki-laki atau perempuan, semua menggunakan sosial media. Sosial media digunakan tidak hanya untuk update status, membagikan momen menarik, atau terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega, tetapi juga untuk berbisnis.

 

Banyak perusahaan, baik besar, menengah maupun perusahaan baru yang menggunakan sosial media sebagai tempat mereka memasarkan dan mempromosikan produk atau bisnis yang mereka garap. Sosial media juga merupakan tempat para perusahaan ataupun pelaku bisnis untuk tetap terhubung dengan pelanggan mereka

 

Jika kamu baru membuka bisnis kosmetik yang kamu miliki dan berencana untuk memasarkannya di sosial media, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan agar promosi yang kamu lakukan efektif dan berhasil mengundang banyak pelanggan

 

 

desain kemasan produk

 

Pilihlah Platform yang Benar

Sebelum memutuskan untuk memasarkan di sosial media, kita harus melakukan penelitian mengenai jenis platform yang akan kita gunakan. Pilihlah platform sosial media yang banyak digunakan oleh banyak orang, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Jangan menggunakan platform sosial media yang sepi peminat. 

 

Jadwalkan Postingan Kamu

Sangat penting untuk melakukan penjadwalan terhadap produk yang akan kamu posting di sosial media. Hal ini menjaga konsistensi produk dan feed akun sosial kamu agar tetap terstruktur, rapi dan tidak terlihat berantakan. Feed yang berantakan tentu membuat akun sosial media kamu terlihat tidak menarik.

 

bedak

 

Sertakan Foto Yang “Hidup” dan Menarik

Foto yang menarik, “hidup” dan tidak membosankan tentu akan menarik perhatian. Lakukanlah sedikit pengeditan terhadap foto produk yang akan kamu upload di feed sosial media kamu. Edit semenarik mungkin. Jangan menggunakan warna yang terlalu over. 

 

Kontak-able

Sertakanlah kontak yang akan menjadi tempat di mana pelanggan kamu bisa bertanya atau tempat di mana mereka bisa menyampaikan keluhan mengenai produk kamu. Respon yang cepat akan membuat reputasi bisnis yang kamu jalankan menjadi baik di mata pelanggan meskipun bisnis kamu merupakan pemain baru.

 

Buatlah Caption Yang Menarik

Tidak hanya foto produk kmau yang harus terlihat menarik, sertakan juga caption yang menarik agar pelangganmu tertarik. Gunakanlah kata-kata yang tidak terlalu formal agar tidak terlihat kaku. Gunakan juga tata bahasa yang sesuai dengan Ejaan Yang DIsempurnakan (EYD). 

 

Belajar dari Perusahaan Besar

Lihatlah bagaimana perusahaan besar memposting di akun sosial media mereka mengenai produk yang mereka promosikan. Pelajari bagaimana mereka memasarkan produk mereka. Kamu bisa meniru bagaimana mereka me-manage cara mereka mempromosikan produk mereka di sosial media.

 

Jadilah dirimu sendiri.

Meskipun kamu bisa mencontek bagaimana perusahaan besar atau pemain lama mempromosikan produk mereka di sosial media, kamu harus tetap menjadi diri sendiri. Orisinalitas menjadi kunci dan hal yang penting bagaimana bisnis kamu berbeda dari perusahaan atau pemain lainnya. 

 

Sumber

https://www.repsly.com/blog/consumer-goods/six-best-practices-cosmetics-social-media

https://www.businesswest.co.uk/blog/8-effective-ways-promote-your-business-social-media

leave a Comment