make up

Salah satu bisnis yang saat ini sangat menjanjikan ialah bisnis makeup artist (MUA), bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang cukup banyak dari segi pekerjaan utama maupun sampingan. Makeup artist juga sudah mulai naik daun karena semakin banyak orang yang merasa butuh untuk selalu tampil cantik. Biasanya jasa ini kerap dibutuhkan untuk acara-acara seperti pernikahan, photoshoot, karnaval budaya, prewedding, acara-acara formal, bahkan acara-acara non formal lainnya juga kerap dibutuhkan.

Seiring berkembangnya teknologi rias dan juga tren makeup yang beredar luas di berbagai jejaring sosial seperti instagram, youtube, facebook, dan sebagainya, menjadikan profesi ini semakin populer di kalangan masyarakat. Kini makeup artist telah menjadi primadona baru di bidang bisnis jasa karena telah menjanjikan keuntungan yang besar, sehingga pekerjaan ini pun tidak lagi dipandang sebelah mata. 

Bahkan harga yang dipatok oleh makeup artist ternama mampu mencapai 9 Juta rupiah dan hanya untuk makeup pernikahan saja tanpa jasa sewa baju. Harga tersebut juga belum termasuk untuk transportasi, akomodasi, dan konsumsi bila merias di luar kota. 

Banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk mencapai pada tahapan tersebut dan cara-caranya pun juga tidaklah mudah. Anda harus memiliki keahlian untuk merias wajah, memiliki modal untuk membuka usaha, hingga menyusun strategi marketing untuk membangun kepercayaan dan juga menarik pelanggan potensial.

 

Inilah beberapa tips bagi Anda yang ingin atau sedang memulai bisnis jasa makeup artist yang menguntungkan. 

 

  1. Asah Kemampuan 

Anda tidak hanya dituntut untuk mahir dalam merias diri sendiri agar menjadi seorang makeup artist profesional, ketika Anda memiliki klien dari bisnis jasa yang Anda tawarkan maka Anda juga harus mampu merias wajah klien tersebut. Ketika Anda ingin menjadi seorang makeup artist sebaiknya Anda mengikuti pendidikan formal seperti kursus ataupun Anda dapat belajar secara otodidak, hal ini karena pekerjaan sebagai makeup artist mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan untuk merias. Anda juga dapat meminta pertolongan dari teman atau saudara agar menjadi model percobaan riasan Anda, hal ini dibutuhkan untuk mengasah keterampilan yang Anda punya. 

 

  1. Persiapkan Peralatan Makeup 

Untuk menjadi seorang makeup artist Anda diharuskan untuk menghafal alat-alat yang digunakan ketika merias wajah. Anda juga harus mengenal apa itu shading, countoring, highlighter, brow, mascara, dan lain sebagainya, tidak hanya mengenal sebatas bedak maupun eyeshadow saja. Tentunya apabila Anda sering menyimak video tutorial makeup dan membaca majalah kecantikan maka tentu saja Anda sudah familiar dengan alat-alat tersebut yang memiliki fungsinya tersendiri. 

Beberapa peralatan makeup yang biasa digunakan pada saat mengaplikasikan riasan juga perlu Anda siapkan begitupun sama halnya dengan produk kosmetik. Anda juga harus memastikan memiliki ragam peralatan untuk dapat merias sesuai permintaan klien di berbagai acara. 

 

  1. Promosikan Bisnis Anda

Hasil riasan yang Anda ciptakan juga harus gencar untuk dipromosikan, Anda hanya perlu mendokumentasikannya dengan izin terlebih dahulu kepada klien. Setelah itu jika diberi izin hasil dari dokumentasi Anda mampu langsung dibagikan ke jejaring sosial yang terpisah dengan akun pribadi Anda.

Anda juga dapat meminta tolong kepada klien untuk mempromosikan hasil riasan Anda dengan cara me-mention ke akun bisnis yang Anda miliki, Anda bisa membagikan konten yang terdapat tampilan sebelum dan juga sesudah dirias.

 

  1. Ciptakan Relasi dengan Wedding Organizer

Relasi juga merupakan hal penting di dalam dunia bisnis untuk memperluas jaringan bisnis yang sedang Anda jalankan, begitu pula dengan bisnis makeup artist. Anda tidak perlu repot-repot untuk urusan mencari klien apabila anda berhasil menjalin relasi. Jika Anda berhasil menjalin relasi dengan wedding organizer, Anda hanya cukup menunggu kabar untuk menemui klien. 

Anda harus mempunyai komitmen jika ingin menjadi seorang makeup artist profesional, proses panjang dan juga kerja keras mesti Anda lalui. Hal-hal tersebut memang tidaklah mudah, tetapi dengan kerja keras maka kemungkinan besar Anda dapat mewujudkan hasil yang Anda inginkan.

leave a Comment