Mempunyai pori-pori wajah yang tampak besar dapat mengurangi rasa percaya diri, apalagi jika hal ini dialami oleh perempuan. Hal ini karena perempuan kerap lebih menjaga penampilannya dibanding dengan laki-laki, baik penampilan wajah maupun tubuh. Terkadang perempuan juga menggunakan makeup untuk mempercantik penampilan. 

Folikel rambut yang terbuka pada permukaan kulit merupakan penyebab adanya pori-pori pada wajah, setiap folikel yang terbuka memiliki kandungan kelenjar minyak. Biasanya pori-pori akan terlihat jauh lebih besar di bagian dahi dan juga hidung. Orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak pori-porinya akan jauh lebih tampak jika dibandingkan dengan orang yang memiliki jenis kulit kering.

Kembali lagi ke pembahasan makeup. Walaupun makeup berguna untuk mempercantik wajah, tetapi ternyata makeup  mampu menjadi faktor penyebab pori-pori kulit terlihat lebih besar atau membesar. Hal ini karena makeup menutupi kelenjar minyak dan sel kulit mati pun menjadi terperangkap di dalam folikel. Pori-pori menjadi terlihat besar juga dapat disebabkan oleh paparan dari sinar ultraviolet. Pori-pori membesar juga biasanya terjadi pada orang tua, hal ini karena kadar kolagen yang telah menurun. 

Timbulnya jerawat dan komedo disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, terbuka, dan membesar. Pori-pori juga dapat semakin membesar apabila kotoran, bakteri, dan debu menempel pada kulit. 

 

Berikut inilah cara mengecilkan pori-pori di wajah Anda. 

 

  1. Es Batu

esbatu

Cara paling mudah dan juga alami untuk menghilangkan pori-pori besar ialah menggunakan es batu. Ambil es batu dari freezer, bungkus es batu dengan handuk wajah atau sapu tangan, setelah itu Anda dapat mengoleskan es batu tersebut pada wajah Anda, lakukanlah selama 15 menit agar pori-pori lebih cepat mengecil.

 

  1. Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit wajah, mengatasi minyak berlebih, mengatasi jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk nipis. Sehingga jeruk nipis diyakini dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah secara alami, hal ini karena jeruk nipis mampu mengangkat sel kulit mati. Anda hanya perlu membelah buah jeruk nipis menjadi dua bagian, setelah itu oleskan air perasan jeruk nipis ke wajah Anda, lalu diamkan selama 15 menit, dan bilaslah wajah Anda menggunakan air bersih. 

 

  1. Pepaya

pepayaEnzim papain terkandung di dalam pepaya, enzim ini mampu membantu meregenerasi kulit. Pepaya mengandung vitamin C, A, dan E yang memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk membantu melembapkan maupun menutrisi kulit Anda. Selain itu, pepaya dapat mengecilkan pori-pori pada wajah, membersihkan kotoran pada wajah, dan bahkan menghilangkan sel kulit mati. Pepaya dapat berfungsi sebagai sunscreen atau tabir surya alami untuk kulit wajah Anda. Anda hanya cukup mengupas dan memotong buah pepaya, lalu tumbuk pepaya hingga halus, setelah menggunakan sebagai masker, diamkan selama 30 menit dan bilaslah wajah Anda dengan air bersih.

 

  1. Kopi dan Gula

kopi

Jika Anda ingin menggunakan scrub pada wajah, sebaiknya Anda mencoba menggunakan kopi dan gula. Scrub ini dapat mengangkat kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah dengan sempurna sehingga pori-pori pada wajah tidak tertinggal dan tidak menyebabkan wajah menjadi kusam. Pori-pori pada wajah Anda akan mengecil, apabila tidak adanya sel kulit mati tersebut. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt bubuk kopi dengan 1 sdt gula lalu tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta, setelah itu dengan perlahan-lahan gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

 

  1. Tomat

tomato

Kandungan senyawa antioksidan yaitu lycopine terdapat pada tomat, lycopine sendiri terbukti mampu mencegah radikal bebas agar sel kulit mati tidak menumpuk yang dapat menjadikan pori-pori wajah menjadi mengecil. Untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV, Anda dapat menggunakan tomat untuk dijadikan tabir surya. Anda hanya perlu menumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur, setelah itu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 30 menit. Lalu  bilaslah wajah Anda menggunakan air bersih.

 

leave a Comment