Apa itu Jasa Maklon? Cari Tahu di Sini!

Maklon Kosmetik / 16 September 2020

by Nose Herbalindo

Apakah Anda ingin menjadi seorang pebisnis atau pengusaha namun bingung harus memikirkan modal untuk membangun pabrik dan membeli peralatan produksi? Belum lagi kamu harus membayar upah tenaga kerja. Jangan sampai hal-hal tadi malah menyurutkan semangat kamu untuk memulai bisnis.


Kamu bisa menjadi pengusaha sepatu, baju, makanan, atau pengusaha kosmetik, dan skincare yang sedang booming, tanpa harus pusing memikirkan hal-hal diatas. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan jasa maklon. Apa itu jasa maklon?


Bisnis Anda Lebih Mudah Dikelola dengan Jasa Maklon


Apakah kamu pernah mendengar perusahaan yang menawarkan jasa maklon, atau kamu justru baru mendengar istilah maklon? Sebenarnya, maklon adalah istilah yang sudah cukup dikenal dalam bisnis pakaian (clothing) dan bisnis kosmetik. Istilah maklon berasal dari bahasa Belanda yaitu makloon, yang artinya biaya produksi.


Secara sederhana, maklon bisa diartikan sebagai jasa pengerjaan produk yang dilakukan oleh pihak lain. Misalnya kamu ingin memiliki bisnis baju, makanan minuman, atau kosmetik dengan brand kamu sendiri tapi tidak memiliki sumber daya modal, di sini peran perusahaan maklon sebagai pihak yang bisa membuat produk yang sesuai dengan ide bisnis kamu.


Jadi kegiatan maklon masuk ke dalam bidang jasa karena melibatkan pihak lain dalam pengerjaan produknya. Dalam proses maklon, perusahaan maklon akan membuatkan sampel produk sebelum produk di produksi secara massal.


Dalam dunia industri, maklon sering juga dikenal dengan istilah toll manufacturing. Selain maklon dan toll manufacturing, istilah lain yang dipakai adalah CMT atau Cut Make Trim. pada CMT biasanya bahan dan material produksi disediakan oleh kamu sebagai pengguna jasa.


Lalu Bagaimana Cara Maklon?


Caranya mudah, sebelum memulai kesepakatan maklon, kamu harus memberitahu secara detail konsep produk yang ingin dibuat. Setelah menentukan produk dan bahan baku yang telah disetujui bersama, perusahaan maklon akan menyediakan layanan pembuatan sampel produk.


Tujuannya, untuk menghindari kesalahan pada produk yang akan dibuat. Jadi, kamu bisa melihat produk sebelum diproduksi secara masal. Jika Anda sudah menyetujui sampel produk, perusahaan maklon akan melanjutkan proses ke tahap produksi.


Setelah proses produksi selesai, perusahaan maklon akan membantu kamu mendapatkan beberapa distributor dan reseller, sehingga memudahkan kamu yang baru pertama kali berbisnis bisa melakukan penjualan produk.


Apa Kelebihan Menggunakan Jasa Maklon?


Lebih mudah, hemat biaya, dan efisien. Kamu tidak perlu pusing memikirkan modal untuk membangun pabrik, membeli peralatan produksi, dan membayar upah tenaga kerja.


Perusahaan maklon memiliki semua yang kamu butuhkan. Kamu hanya perlu menentukan rincian produk yang ingin dibuat dan perusahaan maklon akan membuat produk sesuai dengan permintaan kamu.


Perusahaan maklon juga lebih efisien karena bisa membantu bisnis kamu dari awal hingga produk bisa dijual ke konsumen. Jadi, kamu bisa fokus membangun brand agar produk kamu dikenal luas dan laku di pasaran. Mudah bukan?


Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon


Produksi Produk: Anda tidak perlu memiliki pabrik atau peralatan produksi sendiri. Perusahaan maklon akan mengurus seluruh proses produksi, mulai dari pembuatan formula hingga produk akhir siap dijual.


Pengembangan Formula: Salah satu keuntungan terbesar menggunakan jasa maklon adalah akses ke ahli formulasi yang dapat membantu mengembangkan produk unik yang sesuai dengan visi dan target pasar Anda. Ini sangat penting untuk menciptakan produk yang dapat bersaing di pasar skincare.


Pengemasan Produk: Jasa maklon juga mencakup desain dan pengemasan produk, memastikan bahwa tampilan akhir produk Anda menarik dan sesuai dengan standar industri.


Perizinan Produk: Mengurus perizinan dan regulasi produk bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu. Dengan menggunakan jasa maklon, Anda dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan mereka dalam menavigasi proses perizinan, memastikan produk Anda memenuhi semua persyaratan hukum sebelum dipasarkan.


Laris Manis Produk Kosmetik & Skincare


Jika kamu masih bingung mau memilih bisnis apa, bisnis kosmetik dan maklon skincare mungkin bisa jadi pertimbangkan kamu, mengapa? Tren produk kecantikan yang terus-menerus meningkat tajam bisa menjadi peluang kamu untuk memilih bisnis ini.


Pertumbuhan ini juga didorong oleh pertumbuhan e-commerce dan marketplace yang memudahkan penjualan produk. Banyak brand-brand baru yang bermunculan saat ini, tidak hanya berhasil mencuri perhatian, namun juga sangat laku di pasaran.


Bukankah perempuan di Indonesia lebih suka menggunakan kosmetik atau skincare dari luar negeri? Bagaimana brand lokal bisa bersaing? Produk kecantikan dari Korea Selatan memang masih menjadi idola, namun menurut survei yang dilakukan oleh Beauty Zap Index pengguna produk kecantikan brand lokal mengalami peningkatan tajam. Itu artinya banyak brand lokal yang sudah berhasil bersaing dengan brand dari luar negeri.


Coba ingat-ingat, ada berapa banyak beauty influencer dan artis yang berlomba-lomba meluncurkan brand kosmetik atau skincare milik mereka sendiri? Pasti kamu bertanya-tanya, kenapa mereka begitu mudah membuat produk kecantikan. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah dengan menggunakan jasa maklon kosmetik & skincare.


Nose Herbalindo, Melayani Pembuatan Kosmetik & Skincare 


Kamu tidak perlu khawatir jika kamu bukan beauty influencer atau artis. Siapapun dapat mendatangkan keuntungan yang besar dari produk kecantikan. Kamu tidak perlu membangun pabrik dan membeli peralatan produksi untuk punya brand kosmetik atau skincare milik sendiri.


Kami memberikan layanan lengkap bagi kamu yang baru memulai bisnis produk kecantikan. Kami akan membantu bisnis kamu dari awal memulai hingga produk dijual ke konsumen. Mulai dari konsep produk, formula, desain kemasan, perizinan, produksi, hingga ke pemasaran.


Jika kamu ingin tahu produk apa saja yang bisa kami buat, Kamu bisa cari tahu di sini. Kami selalu membuat inovasi dan kreativitas yang tidak pernah terputus untuk mendukung lokal brand kosmetik & skincare di Indonesia.


Untuk mengetahui rincian lengkap untuk biaya-biaya menggunakan jasa maklon, kamu bisa konsultasi dengan tim marketing kami.


Silahkan kontak kami jika kamu berminat untuk membuat produk kosmetik sendiri.



Memahami OEM, ODM, MOQ, dan Regulasi dalam Bisnis Kosmetik dan Skincare


Dalam industri kosmetik dan skincare, memulai bisnis bisa menjadi sebuah perjalanan yang kompleks namun menjanjikan. Dengan target pasar yang terdiri dari individu berusia 25 tahun ke atas, yang memiliki keinginan kuat untuk berinvestasi dalam bisnis yang menguntungkan, memahami istilah-istilah seperti OEM, ODM, MOQ, regulasi kosmetik, dan biaya maklon menjadi krusial. Artikel ini akan menjelaskan masing-masing konsep tersebut dan bagaimana mereka mempengaruhi keputusan bisnis Anda.


OEM (Original Equipment Manufacturer)


OEM merujuk pada perusahaan yang memproduksi produk akhir yang akan dijual kepada konsumen di bawah nama merek pembeli. Dalam konteks kosmetik dan skincare, OEM memungkinkan Anda untuk menugaskan produksi produk sesuai dengan spesifikasi yang Anda tentukan, namun dengan formula dan desain yang sudah ada. Ini memberikan kontrol lebih atas komposisi produk, namun membatasi keunikan desain dan formulasi.


ODM (Original Design Manufacturer)


Berbeda dengan OEM, ODM menawarkan layanan desain dan produksi produk yang sepenuhnya baru. Dalam model ini, perusahaan maklon tidak hanya memproduksi tetapi juga membantu dalam mendesain produk, termasuk formula, kemasan, dan branding. ODM ideal bagi merek yang ingin menawarkan produk unik di pasar tanpa harus menginvestasikan sumber daya besar untuk R&D dan pabrikasi.


MOQ (Minimum Order Quantity)


MOQ adalah jumlah minimum order yang ditetapkan oleh pabrik atau perusahaan maklon untuk memulai produksi. MOQ mempengaruhi biaya produksi dan harga per unit; semakin tinggi jumlah pesanan, semakin rendah biaya per unitnya. Bagi pemilik bisnis baru di industri kosmetik, memahami MOQ penting untuk mengelola investasi awal dan ekspektasi produksi.


Regulasi Kosmetik


Setiap produk kosmetik dan skincare yang dijual di pasar harus mematuhi regulasi lokal dan internasional untuk memastikan keamanan dan efikasi. Regulasi ini mencakup komposisi bahan, labeling, pengujian keamanan, dan persetujuan produk. Memahami dan mematuhi regulasi ini tidak hanya penting untuk legalitas produk tetapi juga untuk membangun kepercayaan konsumen.


Biaya Maklon Kosmetik dan Skincare


Biaya maklon dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis layanan (OEM atau ODM), MOQ, kompleksitas formula, dan kemasan. Biaya ini umumnya mencakup pengembangan produk, produksi, pengemasan, dan kadang-kadang biaya tambahan untuk pengujian dan perizinan. Penting untuk melakukan negosiasi dan memahami secara detail apa saja yang termasuk dalam biaya maklon untuk menghindari biaya tak terduga.


FAQ: Jasa Maklon Kosmetik dan Skincare


Apa yang dimaksud dengan maklon?


Maklon adalah sebuah model bisnis di mana sebuah perusahaan menugaskan produksi produknya kepada pihak ketiga. Dalam konteks ini, perusahaan yang menggunakan jasa maklon menyediakan spesifikasi produk, merek, dan desain kemasan, sementara pihak maklon bertanggung jawab atas proses produksi, dari pembuatan formula hingga pengemasan akhir.


Maklon Skincare itu apa?


Maklon skincare merujuk pada proses outsourcing produksi produk perawatan kulit kepada pihak ketiga atau produsen maklon. Layanan ini memungkinkan merek skincare untuk mengembangkan dan memproduksi produk mereka tanpa harus memiliki fasilitas produksi sendiri, memanfaatkan keahlian dan sumber daya dari pabrik maklon.


Usaha maklon apa saja?


Usaha maklon bisa mencakup berbagai jenis produk, termasuk tapi tidak terbatas pada: Kosmetik dan skincare Suplemen kesehatan Makanan dan minuman Produk perawatan pribadi Produk rumah tangga

Fokusnya tergantung pada spesialisasi dan kapasitas produksi dari pabrik maklon tersebut.


Berapa biaya jasa maklon kosmetik?


Biaya jasa maklon kosmetik bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk kompleksitas formula, kualitas bahan baku, kuantitas produksi (MOQ), dan jenis kemasan. Biaya bisa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per unit. Penting untuk mendiskusikan secara detail dengan pabrik maklon untuk mendapatkan estimasi biaya yang akurat.


Berapa lama proses maklon kosmetik?


Durasi proses maklon kosmetik bisa bervariasi, mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada kompleksitas produk, ketersediaan bahan baku, dan kapasitas produksi pabrik maklon. Rata-rata, proses dari pengembangan formula hingga produksi akhir bisa memakan waktu antara 3 hingga 6 bulan.


Jasa maklon kena pajak apa?


Jasa maklon dikenakan PPh Pasal 21 jika dilakukan oleh orang pribadi. Apabila pemberi jasa merupakan badan usaha, maka pajak yang dikenakan adalah PPh Pasal 23. Pengenaan PPh Pasal 21 atas jasa maklon dilakukan sesuai dengan ketentuan PPh Pasal 21 untuk bukan pegawai.


Share This Article


Related Articles

tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo