biaya maklon kosmetik

Jika Anda berpikir biaya maklon kosmetik atau skincare lebih mahal dibandingkan bisnis tas branded, maka Anda salah. Modal awal untuk membuat produk kecantikan dengan brand milik Anda sendiri, tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Lantas, berapa biaya maklon kosmetik? Apa saja biaya yang dibutuhkan? Berikut ulasannya.

Baru Ingin Memulai Bisnis, Berapa Biaya Maklon Kosmetik dan Skincare?

Menurut Kementerian Perindustrian, pada tahun 2018, perkembangan industri kosmetik secara nasional mengalami pertumbuhan 20%. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Potensi pertumbuhan industri kosmetik yang terus meningkat hingga saat ini, mendorong semakin banyak pelaku usaha yang mengambil peluang untuk memiliki bisnis kosmetik dan skincare dengan mengembangkan brand lokal.

Tidak heran jika banyak beauty vlogger, beauty blogger, beauty enthusiast, dan para artis yang meluncurkan produk kecantikan dengan brand milik mereka sendiri. Apakah Anda termasuk salah satu yang penasaran dengan ‘di balik layar’ pembuatan kosmetik atau skincare lokal? Atau pernah terpikir membuat brand kosmetik atau skincare sendiri? Berapa kira-kira biaya maklon kosmetik? Simak ulasan di bawah ini untuk tahu lebih detail tentang biaya maklon kosmetik. 

jenis biaya maklon

1. Biaya pembuatan sampel produk

Pada tahap awal proses maklon, setelah Anda sudah menentukan produk yang ingin dibuat dan telah menyetujui formula serta bahan baku. Perusahaan maklon akan membuatkan sampel produk. Tujuan pembuatan sampel produk adalah untuk menghindari kesalahan pada produk yang akan dibuat. 

Jadi, Anda bisa melihat produk sebelum diproduksi secara massal. Kisaran biaya pembuatan sampel produk adalah Rp1.300.000-Rp1.500.000. Lalu, bagaimana jika Anda ingin mengubah formulasi produk? Pastikan Anda memilih perusahaan maklon yang memberikan kesempatan revisi. Jadi, Anda bisa menekan biaya maklon kosmetik tanpa harus menghabiskan biaya di pembuatan sampel produk.

2. Biaya perizinan

Agar produk legal dijual di pasaran, wajib hukumnya bagi Anda mengurus perizinan. Apa saja perizinan yang dibutuhkan untuk produk Anda? Dan berapa biayanya?

BPOM. Produksi biasanya akan dimulai setelah nomor BPOM untuk produk sudah keluar. Ada serangkaian proses panjang yang harus dilalui agar sebuah produk memiliki izin dan nomor registrasi dari BPOM. Produk kosmetik & skincare yang sudah lulus uji BPOM akan terjamin aman. Nah, kisaran biaya pendaftaran BPOM untuk setiap produk adalah Rp3.000.000-Rp5.000.000.

Halal MUI. Sertifikasi halal biasanya dibuat untuk memberikan kepastian status kehalalan dari suatu produk. Sertifikasi ini membuat calon konsumen Anda merasa aman dalam menggunakan produk. Kisaran biaya untuk sertifikasi halal adalah Rp3.000.000-Rp5.000.000.

Merek dan Paten. Sertifikasi hak merek diperlukan produk untuk memberikan hak eksklusif bagi Anda sebagai pemilik merek terdaftar dalam menggunakan merek tersebut dalam perdagangan barang dan jasa. Kisaran biaya untuk sertifikasi ini Rp5.000.000.

3. Biaya produksi

Minimum rata-rata biaya maklon kosmetik untuk pertama kali maklon adalah Rp50.000.000-Rp100.000.000. Namun, biaya ini biasanya sangat tergantung dengan jenis produk yang dibuat, formulasi bahan yang Anda inginkan, dan kuantitas produk. 

Pilihlah Perusahaan Maklon yang Tidak Hanya Terjangkau Namun Berkualitas

jasa maklon murahJangan hanya karena Anda ingin memilih tempat maklon yang murah namun lupa dengan kualitas produk yang diproduksi. Cek kualitas produk, ketahui brand apa saja yang sudah bekerja sama dan cari tahu bagaimana produk diminati di pasaran. Anda juga bisa membeli produknya untuk mengetahui kualitas produk.

Pastikan memilih perusahaan maklon kosmetik & skincare yang membantu Anda dari awal memulai hingga produk bisa dijual ke konsumen. Nose Herbalindo bisa membantu Anda mulai dari konsep produk, formula, desain kemasan, perizinan, produksi, hingga ke pemasaran. Pilihlah jasa maklon kosmetik yang tidak membuat Anda pusing dan ribet, termasuk soal biaya maklon kosmetik.

Jika Anda memiliki ide bisnis kosmetik & skincare, namun masih bingung harus mulai darimana. Nose Herbalindo bisa membantu Anda. Mulailah membuat produk dan hasilkan keuntungan maksimal.

 

Baca Juga:

 

 

 

Sumber

Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-2018. 

 

Foto: freepik.com, pixabay.com

 

leave a Comment