moisturizerBagi setiap wanita memiliki wajah yang putih dan cerah merupakan impian yang selalu didambakan, akan tetapi alangkah baiknya Anda untuk berhati-hati dalam memilih produk krim pemutih wajah. 

Memang untuk saat ini penjualan produk krim pemutih wajah sudah merajalela di pasaran, mulai dari yang dijual di toko obat resmi sampai dengan di klinik-klinik kecantikan. Produk krim pemutih wajah memang sangat laku di kalangan wanita karena memiliki keinginan yang tinggi untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan juga cerah. 

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk krim pemutih wajah yang terdapat di pasaran. Karena memang biasanya produk yang aman akan memiliki harga yang lumayan merogoh kocek sehingga memang cukup sulit untuk dijangkau bagi semua kalangan, namun pastinya kualitasnya pun akan lebih terjamin. Tetapi masih banyak wanita yang menginginkan hasil yang instan, sehingga beralih ke krim pemutih wajah yang dapat membahayakan kesehatan dan justru malah merusak kecantikan alami pada wajah. 

Bagaimanapun juga, pemutih wajah berbasis kimia yang berbahaya memiliki potensi bahaya dan dapat membawa risiko kesehatan yang signifikan jika digunakan secara rutin. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri krim pemutih wajah yang berbahaya agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

Berikut inilah 9 ciri krim pemutih wajah yang berbahaya menurut BPOM dan sebaiknya Anda hindari: 

 

  1. Tidak memiliki izin BPOM ataupun lembaga kesehatan

Setiap krim ataupun kosmetik yang legal pasti terdaftar di situs resmi yang dimiliki oleh BPOM. Hal ini sangatlah penting untuk menjamin kualitas krim yang dijual di pasaran tersebut. Maka dari itu cara mudah untuk memilih krim pemutih wajah yang aman ialah dengan melihat ada atau tidaknya nomor BPOM pada kemasan. 

Namun sangat disayangkan, masih ada juga produsen nakal yang dengan sengaja menaruh nomor BPOM di kemasannya agar terlihat mirip seperti asli. Akan tetapi tenang, Anda dapat mengecek apakah kosmetik tersebut sudah terdaftar di situs resmi BPOM atau belum.

 

  1. Krim tidak tercampur rata dan terasa lengket

Ciri-ciri krim pemutih wajah yang berbahaya berikutnya adalah tidak tercampur secara merata dan menimbulkan rasa lengket. Bahkan, terkadang masih terlihat jelas tekstur krim yang tidak rata dan juga menggumpal. Biasanya, meskipun bagian krim yang menggumpal tersebut dicampur oleh air sekalipun akan tetap saja tidak akan tercampur rata. Selain itu, hal yang nampak jelas ialah ketika Anda mengoleskan krim tersebut di kulit Anda, Anda akan merasakan adanya gumpalan di tangan Anda. 

Oleh karena itu untuk mengatasinya, pilihlah krim pemutih wajah yang aman di apotik. Apabila perlu, Anda dapat menanyakan kepada apoteker yang berpengalaman mana krim yang benar-benar aman untuk Anda.

 

  1. Warna krim yang mengkilap

Krim pemutih wajah yang telah memiliki izin BPOM memiliki warna yang biasa saja saat kemasannya dibuka. Namun sebaliknya, krim pemutih wajah yang palsu dan berbahaya biasanya memiliki warna yang mengkilap. Hal ini disebabkan karena krim tersebut terbuat dari pewarna tekstil ataupun pewarna buatan lain yang membahayakan kulit.

 

  1. Memiliki bau yang menyengat

Ciri-ciri krim pemutih wajah berbahaya yang berikutnya ialah memiliki bau logam yang tajam. Krim yang berbau logam tajam biasanya krim tersebut mengandung merkuri. Biasanya, para produsen yang nakal akan mengakali hal tersebut dengan cara mencampuri krim pemutih wajah dengan parfum yang berlebihan. Tujuannya tentu saja agar menutupi bau merkurinya untuk tidak tercium. Maka sangat disarankan, ketika Anda membeli produk krim pemutih wajah alangkah baiknya mencium terlebih dahulu baunya. Jika Anda mencium wangi yang sangat menyengat, maka sudah dapat dipastikan bahwasanya itu bukanlah ciri-ciri krim yang aman. 

 

  1. Kulit akan memerah saat terkena sinar matahari

Penggunaan krim pemutih wajah yang benar dapat membantu untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Akan tetapi, lain ceritanya jika Anda menggunakan krim pemutih wajah yang palsu. Bisa saja muncul bekas kemerahan saat Anda beraktivitas di luar ruangan maupun di bawah sinar matahari. Kebanyakan krim pemutih wajah palsu ini memiliki kandungan yang berbahaya dan mampu mengupas bagian epidermis kulit. Sehingga ketika terpapar sinar matahari, kulit Anda yang tidak terlindung dengan baik akan langsung menjadi merah.

 

  1. Dapat menimbulkan rasa yang panas dan perih saat digunakan

Beberapa krim diciptakan memang untuk disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Namun, terkadang ada juga perempuan yang tidak cocok pada saat menggunakan krim tertentu sehingga akhirnya kulitnya pun akan terasa panas dan sedikit terkelupas karena alergi. Hal tersebut sangatlah persis dengan ciri-ciri krim pemutih berbahaya di pasaran. Namun bedanya, panas yang terasa di wajah Anda berakibat lebih serius daripada sekedar alergi pada krim wajah tertentu.

Ciri-ciri krim pemutih wajah yang berbahaya lainnya adalah jika digunakan dalam waktu lama akan menimbulkan penyakit kulit yang serius. Bahkan lebih parahnya lagi, bisa juga menimbulkan bekas seperti luka.

 

  1. Menghasilkan warna kulit yang terlalu putih

Krim pemutih yang asli biasanya hanya mampu memutihkan kulit sebatas warna pergelangan tangan bagian dalam. Hasil akhirnya ialah kulit wajah yang putih dan segar. Berbeda dengan hasil yang diberikan oleh krim pemutih wajah yang palsu, warna kulit wajah yang dihasilkannya ialah warna kulit yang terlalu putih dan justru terkesan terlihat pucat. Bahkan, warna putihnya pun akan sangat bertabrakan dengan warna kulit leher dan bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, akan lebih baik jikalau Anda menghentikan pemakaiannya sebelum kehilangan warna kulit yang sehat. 

 

  1. Menimbulkan ketergantungan

Krim pemutih wajah yang asli tentunya tidak akan menimbulkan ketergantungan pada saat Anda berhenti untuk menggunakannya. Sehingga ketika Anda berhenti untuk menggunakan krim pemutih wajah tersebut, Anda masih dapat melihat hasilnya. 

Akan tetapi, ciri-ciri krim pemutih wajah berbahaya ialah menimbulkan ketergantungan yang luar biasa pada kulit Anda. Salah satunya ialah adanya bercak atau tumbuhnya banyak jerawat ketika Anda tidak menggunakan krimnya dalam waktu beberapa hari. 

 

  1. Hasilnya yang terlalu cepat dan instan

Memang sudah menjadi kodratnya bahwa sesuatu yang instan akan menghasilkan sesuatu yang belum tentu baik, oleh karena itu Anda harus berhati-hati dengan krim pemutih wajah yang mampu memberikan hasil luar biasa dalam waktu singkat. Ketika Anda menggunakan krim yang terlalu instan seperti ini dalam jangka waktu yang lama, maka kemungkinan besar kandungan yang ada di dalamnya mampu mengikis kulit dan menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Oleh karena itu sebaiknya Anda gunakan krim pemutih wajah bersertifikasi BPOM yang memutihkan wajah secara bertahap. Itulah beberapa ciri-ciri krim pemutih wajah yang berbahaya menurut BPOM, maka dari itu Anda sudah seharusnya lebih berhati-hati dalam memilih produk krim pemutih wajah yang berada di pasaran. Agar tidak mengalami hal-hal yang tak diinginkan. 

 

leave a Comment