Manfaat Minyak Tamanu Untuk Kecantikan

Beauty Tips / 28 October 2020

by Nose Herbalindo

Para beauty enthusiast pasti sudah tidak asing lagi dengan produk face oil yang satu ini.


Tamanu oil mampu mencuri perhatian dengan kemampuan supernya dalam penyembuhan luka. Terutama di industri kecantikan, tamanu oil memiliki berbagai senyawa aktif yang berperan dalam mengatasi berbagai keluhan wajah. Seperti jerawat, bekas jerawat, bahkan stretch mark dan penuaan dini.


Bisa memiliki segudang manfaat, bagaimana sebenarnya tamanu oil bekerja di kulit kita? Mari kita simak lebih lanjut.


Mengenal Tamanu Oil

Tamanu oil berasal dari biji tanaman Calophyllum inophyllum. Di Indonesia, tanaman ini juga disebut dengan pohon nyamplung dan bisa kita ditemui di daerah pesisir. Proses produksi tamanu oil sendiri dimulai dari pengeringan biji Calophyllum inophyllum lalu diekstrak melalui proses cold pressure.


Tamanu oil memiliki karakteristik yang khas. Warnanya hijau kekuningan, dengan aroma herbal yang cukup tajam. Tamanu oil termasuk jenis minyak yang tidak bisa dikonsumsi dan lebih banyak digunakan sebagai produk perawatan tubuh.


Mengapa Tamanu Oil Baik untuk Kecantikan Wajah?

Tamanu oil dikenal memiliki kandungan oleic acid yang cukup tinggi. Untuk kamu yang sudah menjelajah face oil, pasti tahu kalau kandungan oleic acid sangat membantu dalam proses melembabkan wajah.


Selain itu, ternyata tamanu oil memiliki berbagai senyawa aktif yang baik untuk kulit. Di antaranya adalah karakteristik anti-mikroba (termasuk di dalamnya anti-bakteri dan anti-jamur), anti-inflamasi dan peyembuhan luka.


Tak heran jika kita bisa menemui keberadaan tamanu oil di berbagai produk perawatan wajah. Tamanu oil dapat berperan sebagai bahan aktif yang mendorong regenerasi kulit, soothing, meredakan iritasi, hingga mencegah kerutan dan stretchmark.


Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah & Rambut


Melembabkan Wajah

Jika kamu yang memiliki kondisi kulit wajah yang kering, maka menggunakan face oil bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Umumnya face oil bisa meningkatkan kelembaban wajah, apalagi untuk face oil yang kaya kandungan oleic acid seperti tamanu oil.


Mengatasi Jerawat yang Membandel

Lelah dengan munculnya jerawat yang tiada henti? Mungkin kamu bisa mencoba tamanu oil.


Sebuah studi di 2015 mengemukakan bahwa tamanu oil menunjukkan aktivitas anti-bakteri yang signifikan, termasuk reaksi dengan dua bakteri pemicu jerawat yakni Propionibacterium acnes (P. acnes) dan Propionibacterium granulosum (P. granulosum).


Ditambah dengn kandungan anti-inflamasi, tamanu oil bisa menjadi senjata andalan dalam melawan masalah jerawatmu. Bahkan tamanu oil juga dipercaya bisa mengatasi inflamasi kulit lainnya seperti eksim.


Menyamarkan Bekas Luka

Selain bisa mengatasi jerawat, ternyata tamanu oil juga bisa menyamarkan bekas jerawat atau hyperegmentation. Hal ini dikarenakan tamanu oil memiliki kemampuan penyembuhan luka dan mendorong regenerasi kulit. Bahkan tamanu oil juga bisa mendorong produksi kolagen dan glycosaminoglycan (GAG), dimana zat ini sangat berperan dalam menyamarkan bekas jerawat.


Lebih jauh, ternyata karakteristik tamanu oil ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan stretchmark dan bekas luka. Termasuk diantaranya bekas luka bakar maupun goresan. Namun, kamu harus memastikan luka tersebut telah sembuh atau tertutup sepenuhnya sebelum mengaplikasikan tamanu oil.


Sebagai Produk Anti-Aging

Ternyata kamu juga bisa menggunakan tamanu oil untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit. Peran tamanu oil di sini adalah menjaga kelembaban kulit, sehingga memperlambat proses munculnya kerutan wajah dan menjaga elastisitas kulit wajah kamu. Kandungan antioksidannya juga membantu kulit dalam melawan radikal bebas.


Sebuah penelitian in-vitro tahun 2009 mengemukakan, tamanu oil mampu menyerap sinar UV dan mencegah kerusakan DNA sebanyak 85% karena radiasi UV. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu rajin mengaplikasikan tamanu oil, terutama di area wajah yang rentan garis halus. Seperti dahi dan smiley lines.


Merawat Kesehatan Rambut

Tamanu oil bisa digunakan sebagai pelembab untuk mejaga Kesehatan rambutmu. Selain itu, tamanu oil juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kerontokan rambut maupun mengatasi ingrown hairs. Ingrown hairs adalah rambut yang tumbuh ke dalam kulit, sehingga memicu tumbuhnya benjolan sangat kecil yang kerap memunculkan iritasi. Dengan sifat anti-inflamasi-nya, tamanu oil bisa mengurangi iritasi yang disebabkan oleh ingrown hairs.


Penggunaan Tamanu Oil

Tamanu oil memiliki kandungan oleic acid yang sangat bagus untuk melembabkan wajah, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering atau normal. Kelembaban kulit yang terjaga akan membantumu dalam melawan masalah kulit lainnya seperti jerawat, bekas jerawat hingga mencegah kerutan.


Namun karena tamanu oil cukup kental, pengaplikasiannya bisa menimbulkan efek berat dan sedikit greasy. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tamanu oil dalam jumlah yang cukup, utamanya sebagai spot treatment.


FAQ


- Apakah tamanu oil bisa mencerahkan wajah?
Hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan kemampuan tamanu oil dalam mencerahkan wajah. Akan tetapi tamanu oil bisa membantu memperbaiki kondisi wajahmu.


- Apakah tamanu oil bisa mengecilkan pori pori?
Pori-pori besar di wajah bisa disebabkan karena jerawat dan efek buruk sinar matahari. Tamanu oil bisa membantu mengatasi timbulnya jerawat serta menyaring paparan sinar UV, yang juga bisa berpengaruh pada mengecilnya pori-pori wajah.


- Apakah tamanu oil bisa menghilangkan bekas luka atau jerawat?
Dengan pemakaian teratur, tamanu oil bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Tamanu oil memiliki kemampuan meyembuhkan luka dan mendorong regenerasi kulit.


- Apakah tamanu oil bisa menghilangkan stretch mark?
Tamanu oil bisa mendorong regenerasi kulit yang bisa membantu menyamarkan stretch mark.


- Apakah tamanu oil bagus untuk rambut?
Tamanu oil baik untuk perawatan rambut, terutama dalam menjaga kelembaban kulit rambut.


- Apakah tamanu oil bisa menyumbat pori-pori/komedo?
Face oil yang memiliki tekstur thick atau berat memanng memiliki kencenderungan untuk menyumbat pori. Untuk itu, gunakan tamanu oil dalam jumlah yang cukup, atau gunakan sebagai spot treatment.


- Berapa harga kisaran Tamanu Oil?
Tamanu oil dijual di kisaran harga Rp25.000-Rp200.000 per 30ml.


- Apa perbandingan antara tamanu oil vs tea tree oil ?
Tamanu oil dan tea tree oil sama-sama dikenal sebagai andalan kulit berjerawat. Yang membedakannya adalah tekstur kedua oil tersebut. Tamanu oil cenderung memiliki tekstur yang lebih kental daripada tea tree oil.

Buat kamu yang tidak tahan dengan pedihnya tea tree oil ketika dioleskan ke kulit wajah, mungkin kamu bisa coba tamanu oil. Namun jika kamu memiliki histori alergi dengan minyak kacang-kacangan, kamu sebaiknya lebih berhati-hati ketika pertama kali mencoba tamanu oil.


---------


Memiliki segudang khasiat, tak heran jika tamanu oil memiliki potensi yang besar di tengah insutri kecantikan. Namun sayangnya pilihan tamanu oil yanag beredar di pasaran belum sebanyak face oil lainnya, seperti rose oil maupun olive oil. Padahal, kini tamanu oil semakin dikenal dan semakin diminati masyarakat umum.


Jadi apakah kamu tertarik untuk membuat tamanu oil versimu sendiri?

Nose Herbalindo bisa membantumu mewujudkan impianmu. Segera hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut.


Share This Article


Bicara dengan CS