Saat tamanu oil atau minyak tamanu tengah menjadi tren perawatan kecantikan kulit. Minyak tamanu ini berasal dari inti buah botani Callophyllum inophyllum yang dikenal sebagai Tamanu Nut Tree.

Dalam praktik pengobatan tradisional di Kepulauan Pasifik, tamanu oil telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai masalah kulit hingga penyakit yang menular.

Komunitas Polinesa dilansir dari New Directions Romatics, menemukan tamanu oil mendorong pengembangan jaringan tubuh dan mendorong meratakan warna kulit. Karena itu, tamanu oil banyak digunakan untuk meningkatkan kecerahan dan kesehatan kulit.

Melansir dari Very Well Health, para peneliti juga menemukan bahwa tamanu oil mengandung zat anti-inflamasi, vitamin E dan kaya antioksidan.

Sejauh ini, penelitian dampak kesehatan dari penggunaan tamanu oil masih terbatas. Tetapi, tamanu oil memiliki banyak manfaat yang tidak hanya untuk kecantikan kulit wajah.

Ilustrasi minyak tamanu (Shutterstock)

 

1. Penyembuhan luka

Tamanu oil sering disarankan untuk penyembuhan bekas luka. Karena, tamanu oil kaya akan antioksidan alami yang bisa membantu mengatasi inflamasi dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Penelitian juga membuktikan bahwa tamanu oil memiliki sifat yang bisa merangsang proliferasi sel kulit, produksi kolagen dan aktivitas penyembuhan luka.

2. Infeksi vagina

Tamanu oil juga dipercaya dapat mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri. Karena itu, tamanu oil bisa digunakan untuk mengatasi infeksi vagina.

Sebuah studi tahun 2019 pernah meneliti tingkat efektivitas tamanu oil untuk vaginitis. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan tamanu oil bisa merangsang proses penyembuhan dan memiliki kualitas antiinflamasi, analgesik dan antiseptik.

Selain dua hal di atas, tamanu oil juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering, eksim, rambut rontok, psoriasis, kulit terbakar matahari, luka bakar, dark spot, jerawat hingga eksim.

Karena tamanu oil juga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit. Anda juga bisa menggunakannya untuk meredakan linu panggul, luka dingin dan herpes.

 

Sumber : Suara.com

leave a Comment