Ini Dia Perbedaan Skincare dan Make Up yang Perlu Kamu Ketahui

Kosmetik / 30 September 2020

Skincare / 30 September 2020

by Nose Herbalindo

Beberapa orang masih beranggapan bahwa skincare dan make up adalah hal yang sama. Namun sebenarnya skincare dan make up memiliki peranan yang berbeda.


Pada umumnya, skincare dikenal sebagai face care tapi sebenarnya tidak terbatas untuk wajah saja. Biasanya kalau membicarakan wajah otomatis mengingatkan kita pada bedak, pensil alis, lipstik, maskara, dan lain-lain.


Jadi apa perbedaan dari skincare dengan make up? Inilah perbedaan dari kedua hal tersebut.


Perbedaan Skincare vs Make Up


Pengertian

  1. Skincare memiliki arti sebagai perawatan kulit agar lebih terawat, yaitu untuk membuat kulit cantik, bersih, dan sehat. Ini dianggap sebagai investasi jangka panjang untuk mencegah dan memperlambat tanda penuaan, seperti kerutan, flek, kusam dan lain-lain.
  2. Make up sendiri memiliki arti sebagai berdandan/berhias yaitu memperindah beberapa bagian wajah agar struktur/bentuk wajah dan penampilan terlihat lebih menarik atau menonjol.

Jenis Produk dan Fungsi

  1. Skincare terdiri dari sabun pencuci muka (face wash), toner, pelembap wajah (moisturizer), serum, tabir surya (sunscreen), krim pagi dan malam (day cream & night cream), eye cream, pelembap bibir (lip balm), clay mask, scrub dan lain-lain.
  2. Make up terdiri dari primer, foundation, bb cream dan seri serupa, bedak, contour, cushion, concealer, lipstick, maskara, eyebrow pensil, eyeliner, dan masih banyak lagi.

Waktu Pemakaian

  1. Skincare dapat digunakan setiap hari, mulai dari pagi hingga malam menjelang tidur. Mulai dari pencuci wajah, toner, serum, day cream, sunscreen dilanjut malam hari memakai serum, night cream, eye cream, dan lipbalm.
  2. Sedangkan, Make up digunakan pada saat-saat tertentu. Biasanya diaplikasikan sewaktu ingin menghadiri acara formal seperti pada saat wisuda, acara pernikahan, pergi kerja atau jalan-jalan. Karena Make up bisa dikatakan hanya boleh digunakan sebentar karena fungsinya untuk menunjang penampilan, maka kamu wajib membersihkan sisa-sisa make up sebelum tidur.

Harga

Dari segi harga, produk-produk skincare umumnya lebih mahal ketimbang harga make up pada umumnya. Sesuai fungsi yang dimilikinya, skincare memang perawatan untuk jangka panjang dan juga termasuk bagian penting untuk kesehatan kulit.


Meskipun tidak menutup kemungkinan kalau ada beberapa brand make up yang memiliki harga fantastis / sekelas harga high end, namun tidak semua brand make up memiliki harga yang begitu tinggi, masih banyak produk yang harganya relatif bisa dijangkau oleh semua kalangan.


Manfaat dan Saran

Jika diberi pilihan untuk memilih skincare atau make up, kebanyakan orang akan lebih memilih skincare. Manfaat dari skincare itu sendiri akan terasa ketika kamu sudah memasuki umur 30 ke atas. Istilahnya, memakai skincare sama dengan berinvestasi pada keindahan kulit kamu untuk ke depannya.


Oleh karena itu, semakin dini menggunakan skincare maka semakin baik. Dianjurkan sebaiknya melakukan perawatan harian ini secara rutin, terutama jika sudah memasuki usia awal 20 tahun-an. Karena jika kita tidak merawat wajah sedini mungkin, ketika kita memasuki usia 25 tahun dan mulai muncul masalah kulit seperti flek hitam, kerutan, dan lain-lain akan membutuhkan waktu maupun uang yang cukup banyak agar wajah bisa kembali fresh dan sehat.


Setelah melakukan rutin skincare yang baik, ini akan memudahkan kamu untuk mengaplikasikan make up sehingga hasilnya lebih maksimal dan flawless.


Jadi pilih skincare sesuai dengan jenis kulit kamu, dan tentunya skincare yang aman dan sudah terdaftar BPOM. Dan kemudian lanjut dengan mengaplikasikan make up untuk menunjang penampilan yang lebih baik.


Langkah Pemakaian Produk

Biasanya urutan pemakaian produk seperti ini.


Daily Skincare Routine biasanya berupa:

  1. Cleanser (Milk / Oil)
  2. Facial Wash (Gel, Cream, Foam, dsb)
  3. Toner
  4. Serum
  5. Eye Cream
  6. Moisturizer
  7. Sunscreen/Sunblock (pagi) / Night Cream (malam)

Sedangkan untuk step by step Make Up-nya:

  1. Moisturizer/krim pelembab
  2. Primer
  3. Foundation / Cushion / BB cream
  4. Concealer
  5. Bedak tabur/padat
  6. Blush on
  7. Maskara pada bulu mata
  8. Lip tint / Lipstick

Langkah-langkah diatas bukan aturan baku, karena kamu bisa juga kurangi steps nya ataupun menambahkan sendiri sesuai kebutuhan kamu. Contohnya seperti FTE atau ampoule untuk Skincare dan countour, eye shadow atau setting spray untuk Make Up.


Itulah beberapa perbedaan skincare dengan make up yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini membantu kamu mendapatkan pencerahan sekaligus penambahan knowledge di bidang kecantikan. 😊


Nose Herbalindo adalah perusahaan maklon kosmetik yang memproduksi produk-produk skincare dan make up. Kalau kamu mau buat produk kosmetik atau skincare kamu sendiri, kamu bisa komsultasi dengan kami. Rangkaian produk yang bisa kamu pilih banyak dan bisa kamu lihat di halaman produk maklon.


Share This Article


Bicara dengan CS