Toner yang Tepat Kunci Rahasia Kulit Wajah Bersih dan Sehat

Beauty Tips / 24 November 2023

by Nose Herbalindo

Pernah nggak sih kamu lupa pakai toner saat melakukan aktivitas skin care routine? meskipun sering terlupakan, toner memiliki fungsi yang cukup signifikan untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan sehat lho.


Memangnya seberapa penting sih toner pada rangkaian pemakaian skin care? berikut informasinya buat kamu.


Pentingnya Penggunaan Toner dalam Rutinitas Perawatan Kulit


Ternyata masih banyak orang yang melewatkan pemakaian toner setelah mencuci wajahnya dengan facial wash. Mereka beranggapan dengan memakai facial wash saja sudah cukup membuat wajah terlihat bersih.


Tapi tidak demikian jika kamu menginginkan kulit yang sehat dan glowing lebih lama. Karena sebenarnya facial wash saja belum cukup untuk memastikan kulit bersih sempurna. Oleh karenanya, kehadiran toner ini sebagai pelengkap rangkaian skin care routine yang tepat.


Penggunaan toner yang tepat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan kulit. Karena toner memiliki peran penting untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak yang tidak terangkat setelah mencuci wajah. Dengan membersihkan secara menyeluruh, toner membantu mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.


Selain itu, toner juga berperan dalam menyeimbangkan pH kulit wajah. Setelah menggunakan pembersih wajah yang biasanya bersifat alkaline atau basa, pH kulit dapat menjadi tidak seimbang. Tetapi dengan pemakaian toner yang tepat dapat membantu mengembalikan pH alami kulit sehingga terjaga kesehatannya.


Tidak hanya itu, kandungan aktif pada toner seperti hyaluronic acid atau ekstrak tumbuhan membantu mencerahkan, memberikan hidrasi, dan mengencangkan kulit.


Menggunakan Toner dengan Benar untuk Hasil Maksimal


Pertama, tuangkan sedikit toner pada kapas atau telapak tangan. Jika menggunakan kapas, usapkan secara lembut ke seluruh wajah dan leher dengan gerakan melingkar. Pastikan untuk menghindari area mata dan bibir karena kulit di area tersebut lebih sensitif.


Jika kamu memilih menggunakan tangan, tuangkan sedikit toner ke telapak tangan dan tepuk-tepuk lembut ke seluruh wajah dan leher. Metode ini juga dapat membantu meningkatkan penyerapan toner pada kulit.


Selanjutnya, biarkan toner meresap ke dalam kulit sebelum melanjutkan langkah perawatan lainnya seperti serum atau pelembap. Tunggu 1-2 menit hingga toner benar-benar meresap sebelum melanjutkan langkah berikutnya.


Terakhir namun tidak kalah penting, pilihlah toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Salah satunya kamu bisa menggunakan NPure Cica Series Face Toner yang berhasil memenangkan award sebagai Best Toner Terbaik di Beauty Haul 2022.


Pemenang dipilih melalui voting di website resmi BeautyHaul yang telah berlangsung dari tanggal 11 November-7 Desember 2022 lalu dan terkumpul 80.000 vote selama periode voting berlangsung.


Cica Series Toner adalah salah satu produk inovasi dari tim Research and Development PT Nose Herbal Indo bersama dengan tim NPure. Pembuatan toner ini bisa dibilang tidak mudah karena harus melalui berbagai uji penelitian dengan waktu yang tidak singkat, hingga akhirnya tercipta produk Cica Series Toner yang bisa kalian nikmati sekarang.


Mitos dan Fakta seputar Penggunaan Toner pada Kulit Wajah


Toner merupakan salah satu produk perawatan wajah yang sering digunakan untuk membersihkan dan merawat kulit. Namun, terdapat beberapa mitos dan fakta yang perlu diketahui seputar penggunaan toner dalam rutinitas perawatan wajah.


Mitos pertama, toner hanya diperlukan bagi mereka dengan jenis kulit berminyak. Sebenarnya, toner dapat bermanfaat bagi semua jenis kulit. Toner membantu mengembalikan pH kulit yang seimbang setelah proses pembersihan, serta memberikan hidrasi tambahan pada kulit kering.


Mitos kedua, toner dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Meskipun ada beberapa toner yang mengandung bahan-bahan potensial penyebab iritasi, banyak juga toner yang dirancang khusus untuk kulit sensitif dengan formula lembut dan bebas alkohol.


Faktanya, penggunaan toner memiliki beberapa manfaat penting yaitu, membantu mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi risiko timbulnya jerawat dan meningkatkan penyerapan produk perawatan lainnya seperti serum atau pelembap.


Oleh karenanya, penting untuk memilih toner sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Pilihlah produk dengan bahan-bahan alami dan tidak mengandung alkohol jika kamu memiliki kulit sensitif atau kering. Selain itu, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan toner untuk hasil yang optimal.


Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit


1. Toner untuk Kulit Kering

Toner adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering. Toner dapat membantu menghidrasi dan menyeimbangkan kulit kering, sehingga memberikan kelembapan yang dibutuhkan. Pilihlah toner yang mengandung bahan-bahan seperti aloe vera, hyaluronic acid, atau ceramide untuk menjaga kelembapan alami kulit.


2. Toner untuk Kulit Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, toner dapat menjadi solusi efektif dalam mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah. Cari toner yang memiliki kandungan seperti salicylic acid atau tea tree oil, karena bahan-bahan ini dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi kilap pada wajah.


3. Toner untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif membutuhkan perhatian ekstra saat memilih toner. Pilihlah toner dengan formula lembut dan bebas dari bahan iritan seperti alkohol atau pewangi buatan. Bahan-bahan seperti chamomile atau green tea dapat membantu menenangkan dan meredakan iritasi pada kulit sensitif.


4. Toner Alami

Jika kamu mencari alternatif alami untuk perawatan kulit, ada banyak pilihan toner alami yang bisa dipertimbangkan. Beberapa bahan alami populer dalam toner termasuk rose water, witch hazel, apple cider vinegar, dan centella Asiatica.


Namun, penting untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada sebagian kecil kulit untuk kamu memastikan tidak ada reaksi alergi sebelum menggunakan toner alami secara keseluruhan. Ingatlah bahwa setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi penting untuk memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu.


Jika kamu tidak yakin dengan jenis toner di pasaran, kamu bisa membuat toner kamu sendiri di PT Nose Herbal Indo. Bersama tim profesional, kami bisa membantu kamu membuat produk mulai dari diskusi brand image, pembuatan formulasi, mengurus sertifikat halal, BPOM hingga proses produksi. Jadi tunggu apa lagi, kontak kami sekarang dan wujudkan produk impianmu bersama kami! #DiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo