Rambut memiliki beragam jenis, agar anda tidak salah ketika ingin merawat rambut. Alangkah baiknya anda harus mengenal terlebih dahulu jenis dan karakter rambut yang anda miliki. Inilah 6 jenis rambut yang mesti anda ketahui.

 

  1. Rambut Lurus

Batang rambut pada jenis ini sangatlah lurus. Jenis rambut ini pula sangat terbilang umum dimiliki oleh orang-orang di Indonesia, dikenal juga sebagai jenis rambut yang terlihat membosankan akan tetapi sangatlah mudah diatur/dibentuk. Untuk mempertahankan kondisi rambut agar bertekstur lurus, gunakanlah shampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis maupun kebutuhan rambut anda. 

Jikalau perlu, gunakanlah pula hair serum secukupnya untuk mempertahankan kekuatan kutikula pada rambut. Supaya terhindar dari masalah rambut bercabang, lakukanlah pengguntingan ujung rambut secara berkala(trimming).

 

  1. Rambut Halus(smooth hair)

Biasanya rambut ini terlihat bervolume, lemas, dan lepek, setiap sehabis keramas. Jikalau anda memberikan conditioner yang berlebih, maka akan memperparah kondisi rambut. Agar helaian rambut terlihat lebih bervolume, gunakanlah shampo juga conditioner yang diformulasikan agar memberikan volume pada rambut. 

Namun, jika anda ingin membuat rambut memiliki volume yang maksimal maka gunakanlah produk penataan. 

 

  1. Rambut Kasar

Banyak faktor penyebab terjadinya rambut kasar, mulai dari penataan rambut yang berlebihan seperti bleaching, pewarnaan, ataupun smoothing dan perawatan rambut yang tidak tepat. Rambut ini juga memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan rambut halus. 

Untuk mengembalikan keindahan pada rambut kasar cucilah rambut menggunakan shampo dan conditioner yang kaya akan pelembap. Dikarenakan rambut menjadi kasar/kering karena kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kelembapan alaminya. 

 

  1. Rambut Ikal

Rambut ikal memiliki helaian rambut menggulung yang berbentuk seperti huruf O yang bergandengan erat. Tekstur rambut ini biasanya tebal dan kasar yang dimulai dari sebelah kulit kepala. Rambut ini juga cukup sulit untuk diatur karena mudah berantakan, serta kelembapannya juga dipengaruhi oleh iklim.

Walaupun rambut ini cukup sulit untuk diatur, namun jenis rambut ikal banyak diminati dan menjadi trend dikalangan pria maupun wanita agar terlihat unik. Cara menjaga agar rambut ikal terlihat tetap sehat ialah dengan menggunakan shampo maupun conditioner yang kaya akan pelembap.

 

  1. Rambut Keriting

Biasanya tekstur rambut seseorang dipengaruhi oleh faktor gen atau keturunan, sehingga apabila salah satu keluarga ada yang memiliki rambut keriting maka kemungkinan besar keluarga lainnya juga ada yang memiliki rambut jenis tersebut. Rambut ini juga memiliki sebutan, yaitu rambut afro. 

Rambut keriting memiliki karakter kasar dan kering, dikarenakan itulah jenis rambut ini mudah sekali patah dan rusak. Untuk menjaga kondisi agar helaian rambut keriting menjadi lebih halus dan elastis, pijatlah kulit kepala secara perlahan menggunakan conditioner sebelum keramas. Gunakanlah pula sisir yang bergigi jarang agar rambut anda terhindar dari masalah kusut. 

 

  1. Rambut Terkena Proses Kimiawi

Kondisi rambut yang seringkali ataupun pernah mengalami perawatan kimiawi, seperti pewarnaan, pengeringan atau pelurusan permanen. Biasanya menyebabkan kering, kusam, dan rapuh. Agar kondisi ini tidak semakin buruk, gunakanlah shampo dan conditioner dengan formula rehydrating. 

Jikalau rambut anda diwarnai, gunakanlah shampo dan conditioner yang diformulasikan untuk rambut diwarnai agar kelembutan dan elastisitas pada rambut anda tetap terjaga dan warna rambut pun semakin awet. Dan juga untuk mempertahankan rambut anda dari radikal bebas, serta efek negatif dari sinar matahari, gunakanlah produk perawatan rambut yang diperkaya dengan tabir surya. Hindari juga pemakaian alat penataan rambut yang memakai suhu panas agar kondisi rambut tidak semakin memburuk.

Sumber:

http://enhaka.co.id/jenis-jenis-rambut-dan-cara-perawatannya-detail-8345

leave a Comment