Ini Trik Cara Memilih Produk Hair Treatment yang Benar

Beauty Tips / 11 November 2020

by Nose Herbalindo

Setiap orang memiliki karakteristik dan masalah rambut yang berbeda. Ada yang mengalami rambut mudah rontok, bercabang, kering maupun kasar. Sedangkan kamu yang memilih untuk melakukan styling rambut, mungkin akan mengalami kondisi rambut yang lebih menantang.


Namun tak perlu khawatir, karena kita bisa berusaha untuk mengembalikan dan menjaga kondisi rambut kita dengan melakukan prosedur hair treatment.


Mengapa Hair Treatment Penting?

Hair treatment hadir sebagai solusi untuk menjaga kesehatan rambut, bahkan untuk mengatasi damaged hair atau rambut rusak. Terutama bagi kamu yang melakukan styling rambut, hair treatment menjadi wajib untuk dilakukan.


Styling rambut yang dimaksud di sini bisa berupa meluruskan rambut, mengkritingkan rambut, bleaching atau mewarnai rambut.


Cara Memilih Produk Hair Treatment

Masing-masing produk hair treatment biasanya memiliki target masalah rambut yang cukup spesifik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami kondisi rambutmu sendiri sebelum memilih produk hair treatment. Setelah itu, pilihlah produk yang bisa mengatasi masalah tersebut.


Sebaiknya pilih rangkaian produk hair treatment dalam satu brand yang sama. Rangkaian produk ini biasanya telah diformulasikan untuk memaksimalkan fungsi satu sama lain sehingga hasil yang didapat bisa lebih optimal.


Memilih Jenis Hair Treatment Berdasarkan Cara Penggunaannya

Berdasarkan metode penerapannya, hair treatment dibedakan menjadi dua, yakni in bath treatment dan out bath treatment. Kamu bisa mencoba keduanya untuk melihat metode mana yang lebih efektif untukmu.


  • In Bath Treatment, Perawatan Saat Rambut Basah

In bath treatment adalah hair treatment yang dilakukan ketika rambut dalam keadaan basah. Shampoo dan conditioner tidak termasuk dalam kategori ini.


Produk yang termasuk dalam in bath treatment lebih merujuk pada hair mask atau produk bertesktur krim lainnya. Umumnya produk in bath treatment membutuhkan waktu beberapa lama sebelum dibillas.


In bath treatment lebih bertujuan untuk mengatasi kerusakan rambut yang cukup parah. Diharapkan dalam kondisi basah, kandungan aktif dalam produk bisa terserap maksimal pada rambut.


  1. Out Bath Treatment, Perawatan Tanpa Proses Bilas

Perawatan out bath treatment dilakukan tanpa proses pembilasan dan bisa dilakukan saat rambut dalam keadaan kering. Cara ini dirasa lebih praktis dan lebih hemat waktu. Namun sayangnya, out bath treatment bukanlah pilihan terbaik untuk mengatasi masalah rambut yang parah. Out bath treatment lebih difungsikan menjaga kesehatan rambut.


Contoh produk untuk out bath treatment adalah hair oil dan hair serum. Out bath treatment juga bisa kamu kombinasikan dengan in bath treatment agar mendapatkan hasil yang lebih baik.


Memilih Hair Treatment Berdasarkan Tekstur Produk

Setiap produk hair treatment memiliki tekstur dan karakteristik yang berbeda. Penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.


Hair tonic biasanya memiliki formulasi yang cukup ringan sehingga lebih mudah diserap oleh rambut. Hair oil memiliki tekstur yang lebih berat, dan lebih difungsikan untuk memberikan kelembaban ekstra pada rambut. Hair mask berbentuk seperti krim, cocok digunakan untuk merawat rambutmu yang mengalami kerusakan tekstur. Sementara itu hair serum kaya nutrisi dipilih untuk menutrisi rambut secara efektif.


Memilih Produk Hair Treatment Berdasarkan Kondisi Rambut

Aspek terpenting untuk dipertimbangkan dalam memilih hair treatment adalah bagaimana kondisi rambut kita sendiri. Berikut empat masalah utama rambut yang bisa diatasi dengan menggunakan hair treatment.


  1. Rambut kasar, gunakan hair treatment tinggi pelembap

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan serta terpapar sinar matahari, mungkin kamu merasakan tekstur rambutmu yang berubah menjadi lebih kering, bahkan lebih kasar. Apalagi jika lingkungan kerjamu cukup panas. Ini artinya, kamu perlu memberikan kelembaban ekstra pada rambutmu.


Penggunaan hair oil sangat direkomendasikan untuk kondisi ini. Hair oil yang paling banyak digunakan adalah argan oil dan jojoba oil. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan produk-produk yang kaya kandungan vitamin E, ceramide atau aqua collagen.


  1. Rambut rapuh, gunakan hair treatment dengan bahan pelindung kutikula rambut

Perubahan rambut menjadi lebih rapuh bisa disebabkan oleh proses styling rambut. Bahan kimia yang keras serta suhu yang tinggi membuat lapisan pelindung batang rambut menjadi rusak. Lapisan pelindung rambut paling luar ini disebut dengan kutikula.


Oleh karena itu, pemilik rambut rapuh perlu menggunakan produk dengan bahan-bahan yang mampu memperbaiki kutikula. Misalnya adalah produk yang mengandung carboxymethylalanyl disulfide keratin (CMADK) untuk membantu penyusunan kutikula rambut.


  1. Rambut rusak yang terakumulasi, gunakan hair treatment yang mengandung silikon

Beberapa orang menghindari shampoo yng mengandung silikon karena dianggap membuat rambut mudah lepek dan berketombe. Namun silikon masih patut kamu coba jika sedang mengalami rambut rusak yang terakumulasi. Pilihlah produk bersilikon dengan kandungan aktif yang berperan dalam memperbaiki kondisi rambut. Fungsi silikon sendiri adalah untuk memberi pelapisan rambut agar mudah terasa lembut dan halus.


  1. Rambut kurang bervolume, hindari produk yang mengandung silikon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan silikon pada hair treatment akan memberi pelapisan pada permukaan rambut sehingga rambut cenderung menjadi lebih jatuh dan tidak mengembang. Bagi kamu yang memiliki rambut yang kurang tebal, sebaiknya hindari produk yang mengandung silikon supaya rambutmu bisa lebih bervolume.


Memilih Produk Hair Treatment Berdasarkan Komposisinya

Mempelajari kandungan dalam produk tak kalah pentingnya dengan memahami kondisi rambut sendiri. Sebaiknya kamu membaca daftar bahan, terutama bahan-bahan yang disebutkan di awal karena mengindikasikan besarnya porsi kandungan tersebut dalam sebuah produk.


Jika kamu menginginkan kelembaban, baik itu menjaga kelembaban atau meningkatkan kelembaban rambut, sebaiknya pilih produk dengan bahan utama argan oil, jojoba oil, wheat protein, vitamin E atau cathecin. Sementara itu jika kamu menginginkan rambut yang lebih kuat, sebaiknya gunakan produk yang mengandung keratin. 


Berbagai Jenis Produk Hair Treatment

Setiap produk hair treatment memiliki karakter dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Pastikan kamu memahaminya sebelum membeli produknya.


  1. Hair Serum

Seperti layakya serum wajah, serum untuk rambut pun biasanya memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Tiap variannya pun memiliki target yang berbeda-beda, misalnya hair serum untuk rambut halus, atau hair serum untuk rambut berkilau.


Hair serum umumnya digunakan hanya pada batang rambut, dengan intensitas pemakaian 2-3 kali seminggu. Hasil dari hair serum akan mulai tampak dalam 2-3 bulan dengan pemakaian teratur.


  1. Hair Mask

Jika rambutmu termasuk dalam damaged hair, maka hair mask harus masuk dalam rutinitas perawatan rambutmu. Hair mask biasanya memiliki kandungan essential oil, yang mampu membantu memperbaiki kerusakan pada rambut.


Untuk memastikan hair mask telah teroles merata pada setiap helai rambut, pakailah sisir bergigi jarang setelah mengaplikasikan hair mask. Jangan lupa pula untuk benar-benar membilas rambut dengan bersih saat selesai mengenakan hair mask.


  1. Hair Tonic

Dikenal sebagai hair treatment yang cukup konvensional di kalangan masyarakat. Hair tonic lebih dikenal dengan fungsinya untuk melawan kerontokan rambut. Namun sebenarnya ada pula hair tonic yang menawarkan fungsi melembabkan rambut, mengurangi rambut bercabang serta membuat rambut menjadi lebih mudah ditata. Pastikan rambutmu dalam keadaan bersih sebelum menggunakan hair tonic.


  1. Hair Oil

Hair oil memiliki fungsi utama untuk melembabkan rambut. Kandungan minyaknya yang kaya nutrisi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerusakan rambut. Hair oil biasanya digunakan satu jam hingga beberapa menit sebelum keramas.


---------


Produk hair treatment memiliki variasi yang sangat beragam serta jangkauan yang sangat luas. Setiap kondisi rambut membutuhkan hair treatment yang berbeda-beda. Oleh karena itulah, pangsa pasar produk hair treatment masih sangat besar.


NOSE bisa membantumu untuk mengembangkan produk hair treatment untuk mendapatkan rambut indah yang kamu inginkan dan bisa kamu share ke banyak orang yang memiliki masalah rambut yang sama. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara memformulasikan produk hair treatment impianmu.

Share This Article


Related Articles

Bicara dengan CS