hair treatment

sumber: luxesalon.com

Hair treatment umumnya dilakukan untuk memulihkan kondisi rambut pasca proses styling. Berbagai macam produk yang dijual di pasaran dapat mengatasi dan mencegah kerusakan rambut, seperti rambut kusam atau bercabang. Cara pakainya pun beragam, dari yang perlu dibilas hingga yang tak perlu dibilas. 

Pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memilih hair treatment dengan benar, akan tetapi anda perlu mengetahui terlebih dahulu fungsi hair treatment. 

 

Fungsi hair treatment

Berbeda dengan conditioner yang memiliki fungsi melindungi permukaan rambut, hair treatment memiliki kandungan pelembab yang dapat melindungi rambut hingga ke bagian dalam. Selain itu, hair treatment juga berperan memperbaiki kerusakan rambut akibat styling, seperti pewarnaan, pengeritingan, atau penataan rambut menggunakan hair dryer. 

Hair treatment juga sering disebut sebagai hair pack atau hair mask tergantung produsen produk tersebut. Pada dasarnya rambut adalah sel mati. Namun, menurut penelitian terbaru, ternyata rambut memiliki fungsi perbaikan dan perlindungan sendiri. Dengan menggunakan hair treatment secara rutin, rambut anda akan terlihat sehat, halus, dan juga berkilau.

 

Cara memilih produk hair treatment 

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum memilih produk hair treatment. 

 

Pilihlah jenis hair treatment berdasarkan cara penggunaannya

Hair treatment dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara penggunaannya. Setiap jenis memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing untuk rambut anda. Inilah penjelasan rincinya. 

 

  1. In bath treatment, untuk memperbaiki kerusakan rambut.

In bath treatment adalah perawatan yang dilakukan ketika rambut dalam keadaan basah, yaitu sesudah keramas. Hair treatment jenis ini berfungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak dari dalam. Ada hair treatment yang dapat langsung dibilas, ada juga yang harus ditunggu beberapa saat sebelum dibilas. Karena itu, gunakanlah produk jenis ini sesuai tingkat kerusakan rambut anda. 

Selain itu, kandungan hair treatment akan lebih ampuh jika digabungkan dengan sampo bermerek sama. Jikalau anda ingin beralih ke produk hair treatment yang baru, alangkah baiknya gunakanlah sampo dengan merk yang sama dan amatilah hasilnya. 

 

  1. Out bath treatment, untuk melindungi rambut.

Out bath treatment ialah perawatan rambut tanpa proses pembilasan dan dapat dilakukan saat rambut dalam keadaan kering. Perawatan ini juga berfungsi untuk melindungi permukaan rambut. Karena out bath treatment tidak dapat meresap ke bagian dalam rambut, sebaiknya lakukanlah perawatan kombinasi dengan jenis in bath treatment. 

Jenis ini juga saya rekomendasikan bagi anda yang memiliki keluhan bad hair day. Anda dapat mencegah rambut kering karena jenis ini memiliki kandungan pelembab yang cukup banyak. Perawatan jenis ini juga akan membantu anda mengatasi masalah rambut yang sulit diatur. 

 

Pilih tekstur hair treatment berdasarkan tingkat ketebalan atau kerusakan rambut

Tekstur dari hair treatment berdasarkan kandungan minyak di dalamnya dapat dibagi menjadi oil type, cream type, milk type, dan mist type. Jika anda berambut tebal, cobalah hair treatment yang memilki kandungan minyak lebih banyak. Sedangkan anda yang berambut tipis, bisa mencoba hair treatment dengan sedikit kandungan minyak. 

Tekstur hair treatment yang kental mengandung minyak lebih banyak dan mampu membantu anda mengatasi rambut yang sulit diatur. Sebaliknya, menggunakan hair treatment bertekstur lembut atau cair akan menghasilkan rambut yang lebih bervolume. Saya juga menyarankan untuk memilih tekstur hair treatment sesuai dengan hasil akhir yang anda inginkan.

 

Pilih berdasarkan kondisi atau masalah yang dialami rambut

Meskipun hair treatment memiliki fungsi untuk memperbaiki rambut rusak, hasil yang diberikan akan lebih maksimal jika anda sudah memahami kondisi rambut anda sendiri. Oleh karena itu, pilihlah hair treatment yang sesuai dengan masalah rambut anda. 

 

  1. Rambut kasar, gunakanlah hair treatment tinggi pelembap

Rambut yang kasar memiliki tanda bahwa helaiannya kurang terhidrasi. Rambut sehat ialah rambut yang dapat menyimpan banyak pelembap. Namun, paparan sinar matahari atau pewarnaan akan membuat rambut kehilangan kelembapannya.

Jikalau anda memiliki rambut kasar tersebut, alangkah baiknya pilihlah hair treatment yang mengandung banyak pelembap. Saya pun menyarankan untuk menggunakan bahan seperti argan oil atau jojoba oil yang dipercaya mengandung pelembap berlimpah dan sangat baik untuk kesehatan rambut.

 

  1. Rambut rapuh, gunakanlah hair treatment dengan bahan pelindung kutikula rambut

Rambut rapuh biasanya disebabkan oleh rusaknya kutikula rambut. Maka dari itu, pilihlah hair treatment yang mampu melindungi kutikula rambut. Kutikula rambut yang sudah rusak sebenarnya tidak dapat diperbaiki, akan tetapi produk hair treatment mampu mencegah kutikula rambut mengalami kerusakan rambut yang lebih parah.

Pada kutikula rambut terdapat CMC (Cell Membran Complex) yang bertindak sebagai yang dilalui kandungan air di dalam rambut. Proses pewarnaan, pengeritingan dan pelurusan akan membuat CMC rusak atau pun hilang. Pilihlah CMC hair treatment untuk memperbaiki struktur rambut rapuh.

Kandungan seperti hyaluronic acid oil dan lipidure juga akan membuat permukaan rambut anda lebih halus dan lembap sehingga dapat melindungi kutikula rambut anda. 

 

  1. Rambut rusak yang terakumulasi, gunakanlah hair treatment yang mengandung silikon

Jika berbicara mengenai produk hair care, pasti akan mengarah pada produk yang mengandung silikon. Meski silikon dianggap sebagai bahan yang tidak baik untuk rambut, sebenarnya silikon aman digunakan untuk rambut karena dibuat dengan campuran partikel halus. Oleh karena itu, sekarang anda tak perlu lagi khawatir dengan kandungan silikon di dalam hair treatment. 

Selain itu, hair treatment berkandungan silikon tinggi sangat cocok untuk memperbaiki damaged hair. Kandungan silikon juga baik untuk anda yang mengalami kerusakan rambut cukup parah dikarenakan pewarnaan maupun pengeritingan rambut. Produk dengan kandungan silikon juga mampu membantu anda untuk menghasilkan rambut yang lebih halus dan jatuh.

 

  1. Rambut kurang bervolume, gunakanlah hair treatment yang tidak mengandung silikon

Produk non silikon ideal untuk anda yang menginginkan rambut lebih bervolume. Hair treatment ini juga mampu memberikan kilau alami dan elastisitas rambut. Dengan begitu, rambut anda akan bebas mengembang dari akar hingga ujung rambut. 

Hair treatment tanpa kandungan silikon juga baik anda yang memiliki pertahanan rambut yang kurang cukup baik. Karena risiko yang diciptakan terhadap kulit kepala cukup rendah, hair treatment ini aman bagi anda yang berambut pendek. Bahkan bagi anda yang memiliki rambut panjang tak perlu khawatir kulit pipi mengalami iritasi karena terkena helai rambut yang jatuh ke wajah.

 

Pilih berdasarkan kandungannya untuk hasil yang lebih memuaskan

Hasil pemakaian suatu produk hair treatment akan bergantung pada kandungan di dalamnya. Agar hasil rambut lembut dan halus, gunakanlah produk hair treatment yang memilik kandungan bahan conditioner, seperti chitosan dan silikon. Jikalau anda menginginkan rambut yang lebih berkilau, gunakanlah produk yang mengandung squalane, olive oil, dan avocado oil. 

Kandungan lainnya dalam produk hair treatment juga memiliki kelebihannya tersendiri. Periksalah kandungan yang tertera di belakang kemasan, office site, atau bacalah review dari para penggunanya. 

 

Sumber: 

https://my-best.id/3455/

leave a Comment