Hati-hati! Ini 10 Kebiasaan yang Dapat Memperparah Jerawat

Beauty Tips / 21 February 2024

by Nose Herbalindo

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang, dan seringkali dapat dipicu atau diperparah oleh berbagai kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak kita sadari. Dari kebiasaan sederhana tersebut bisa mengakibatkan jerawat semakin parah.


Tanpa kita sadari ada 10 kebiasaan yang dapat memperburuk jerawat dan cara menghindarinya agar kulit kamu tetap sehat dan bersih. Simak informasi berikut ini ya!


1. Mengorek atau Memencet Jerawat

Tanpa kita sadari seringkali keberadaan jerawat di wajah membuat kita menjadi jengkel dan gemes untuk mengorek atau memencetnya. Padahal tindakan tersebut dapat menyebabkan peradangan yang lebih parah dan meningkatkan infeksi bakteri yang dapat memperburuk kondisi jerawat.


2. Mencoba Skincare Baru Setiap Hari

Tindakan ini dapat mengiritasi dan menyebabkan munculnya jerawat. Karena itu, jika sudah cocok dengan jenis skincare tertentu usahakan untuk terus memakainya untuk hasil yang maksimal. Perlu diingat juga bahwa tidak ada pengobatan yang instan ya Sobat Nose.


3. Lupa Menghapus Make Up

Kebiasaan ini sering sekali kita jumpai pada diri sendiri, kerabat, maupun orang terdekat kita, selepas acara kita suka lupa menghapus make up, dan malah lanjut untuk tidur. Karena sisa make up yang masih menempel akan menutupi pori-pori kulit, akhirnya bisa menimbulkan jerawat baru dan memperparah jerawat lama.


4. Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Gula dan Lemak

Makanan yang tinggi gula dan lemak dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit dan memicu peradangan, yang dapat memperburuk jerawat. Usahakan untuk menjaga pola makan atau mengubah pola makan yang sehat seperti makan banyak buah dan sayur untuk mengurangi peradangan.


5. Kurang Minum

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam, yang dapat meningkatkan produksi minyak dan memperparah jerawat. Penting untuk minum cukup air setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit.


6. Menggunakan Produk Skincare yang Tidak Sesuai

Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok untuk kulit atau mengandung bahan yang terlalu berat atau yang berpotensi menyebabkan iritasi dapat menyebabkan peradangan atau alergi yang dapat memperparah jerawat.


7. Tidak Membersihkan Alat Riasan

Alat-alat riasan yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman, yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada kulit, memperparah jerawat.


8. Tidak Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat merangsang produksi minyak berlebih pada kulit dan memicu peradangan, yang dapat memperparah jerawat. Penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.


9. Stres Berlebihan

Stres dapat memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol, yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit dan memperparah jerawat. Penting untuk mengelola stres dengan cara yang sehat, seperti olahraga, meditasi, atau hobi yang menyenangkan.


10. Kurangnya Kelembapan pada Kulit

Kulit kering cenderung memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kurangnya kelembapan, yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Penting untuk menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, Sobat Nose.


Mulai sekarang stop melakukan kebiasaan buruk yang dapat memperparah jerawat kamu ya!


Tertarik untuk bikin skincare impianmu?



Jangan lewatkan kesempatan menjadi beautypreneur bersama PT Nose Herbal Indo melalui Exclusive Program for Influencer.


Yuk, konsultasikan lebih lanjut dengan tim Product Development kami dan hubungi kontak kami untuk mulai membuat produk skincare-mu sendiri. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo