21 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Beauty Tips / 26 October 2020

by Nose Herbalindo

Ada saja masalah kulit yang menghampiri wajah kita. Entah itu jerawat, bekas jerawat, komedo, pori-pori besar, hingga flek hitam. Masing-masing disebabkan oleh faktor yang berbeda, sehingga memerlukan penanganan yang berbeda pula.


Flek hitam sendiri menjadi salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang, terutama yang memiliki warna kulit cukup terang. Flek hitam atau bisa juga disebut ephelis, timbul dari kumpulan pigmen yang berisi melanosome.


Faktor pemicunya beragam mulai dari paparan sinar matahari, bekas jerawat, efek samping dari pemakaian obat tertentu, faktor usia, kurang tidur maupun stres. Flek hitam juga bisa terjadi karena bawaan genetik.


Mengatasi Flek Hitam dengan Bahan Alami

Kendati sering disalahkan karena dianggap mengganggu penampilan, sesungguhnya flek hitam tidaklah berbahaya. Namun, jika kamu tetap ingin menghilangkan flek hitam di kulit wajahmu, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan. Bahkan kamu dapat mulai mencobanya dengan bahan sederhana yang bisa kamu temukan di rumah.


1. Lemon


Lemon berada di pilihan pertama cara mengatasi flek hitam karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan memotong lemon lalu mengoleskannya ke kulit wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.


2. Lidah buaya


Lidah buaya juga mampu membantu menyamarkan flek hitam di wajah, berkat kandungan senyawa aloin dan asam salisilat di dalamnya. Cara penggunaannya pun tak kalah mudah, yaitu dengan mengoleskan daging lidah buaya ke area kulit yang sudah dibersihkan.


3. Ekstrak biji anggur


Sebuah studi menunjukkan, ekstrak biji anggur yang dikonsumsi secara oral selama enam bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Oleh karenanya, konsumsi ekstrak biji anggur disebut-sebut juga mampu meringankan penampakan flek hitam pada kulit.


4. Kunyit


Kunyit memiliki peran untuk menangkal radikal bebas, memperlambat pigmentasi kulit dan menyamarkan flek hitam. Kamu bisa mengaplikasikannya dalam bentuk masker kunyit buatan sendiri. Campurkan dua sendok teh kunyit, sedikit susu, dan perasan air lemon. Kemudian, oleskan pada area kulit dan biarkan selama beberapa menit. Bilas kulit dengan air hangat sampai bersih.


5. Madu


Madu memang dikenal baik bagi kesehatan kulit. Untuk trik menyamarkan flek hitam dengan madu, kamu cukup mengoleskannya di area wajah dengan flek hitam. Biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.


6. Teh hijau


Cara menyamarkan flek hitam dengan teh hijau tidaklah sulit. Rendam kantong teh hijau ke dalam air mendidih selama beberapa menit. Biarkan dingin, lalu gosokkan dengan lembut pada area kulit yang ditargetkan.


7. Teh hitam


Jangan buang rendaman teh hitam yang kamu miliki, karena bahan ini ternyata juga bisa membantu menyamarkan flek hitam. Biarkan semalaman, lalu gunakan teh hitam ini sebagai masker keesokan paginya.


8. Cuka apel


Toner yang kamu buat dari cuka apel ternyata juga bisa membantu meringankan flek hitam. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh cuka apel dan satu sendok teh air. Lalu gunakan kapas untuk ditap-tap ke area wajah.


9. Susu atau yogurt / buttermilk


Kandungan asam laktat di dalam susu asam atau yoghurt atau buttermilk ternyata bisa mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit secara bertahap. Cara aplikasinya mudah saja, dengan membuat masker dari campuran 4 sendok teh buttermilk dan 2 sendok teh jus tomat segar. Oleskan campuran bahan tersebut pada area wajah, dan diamkan selama 15 menit.


10. Kentang


Kentang ternyata juga mampu mengurangi proses pigmentasi pada kulit, termasuk mengurangi flek hitam. Potong kentang tipis-tipis, lalu letakkan potongan kentang tersebut di permukaan kulit. Diamkan 10 menit, lalu bilas.


11. Almond


Almond memang sudah banyak dikenal untuk membantu berbagai permasalahan kulit. Kamu bisa mengaplikasikan minyak almond secara teratur, atau dengan membuat masker alami dari kacang almond. Caranya dengan rendam kacang almond dalam susu semalaman, lalu giling kacang almond keesokan harinya. Kemudian campurkan dengan 1 sendok teh bubuk cendana dan 1 sendok teh madu ke dalamnya. Oleskan masker selama 30 menit dan kemudian bersihkan.


12. Pepaya


Bubur buah pepaya yang telah matang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi flek hitam. Aplikasikan pada kulit selama sekitar 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3-4 kali seminggu.


13. Oatmeal


Masker oatmeal banyak dibuat untuk mengatasi berbagai masalah kulit karena kandungan sapoinnya. Campurannya terdiri dari oatmeal yang telah dihaluskan, jus lemon dan madu. Oleskan pada wajah, biarkan sampai mengering lalu bilas.


14. Bawang merah


Siapa sangka jus bawang merah juga mampu mengatasi flek hitam. Caranya pun sangat mudah. Gunakan jus bawang merah untuk mengkompres area wajah dengan bantuan kapas. Biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.


15. Tomat


Tomat yang sudah dihaluskan juga bisa membantu menyamarkan flek hitam. Kandungan lycopene-nya mampu mencerahkan warna kulit. Masker tomat ini bisa didiamkan 10-15 menit pada kulit, sebelum akhirnya dibersihkan.


16. Putih telur


Masker dari putih telur juga bisa mengatasi flek hitam. Kamu juga bisa menambahkan madu atau jeruk nipis untuk mengurangi bau amis yang mengganggu.


17. Kayu cendana


Selanjutnya adalah masker dari kayu cendana. Masker ini terbuat dari 1 sendok makan bubuk cendana, 1 sendok makan gliserin dan 3 sendok makan air mawar. Oleskan masker pada area kulit yang terdapat flek hitam. Lalu diamkan dan bilas hingga bersih.


18. Soda kue


Baking soda atau soda kue tak hanya untuk pembuatan kue, tapi juga bisa untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya dengan mencampur baking soda dengan sedikit air sampai jadi pasta, lalu oleskan sebagai masker. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan.


19. Minyak zaitun


Mengoleskan minya zaitun sebelum tidur secara teratur bisa menjadi pilihan yang paling mudah untuk kamu coba. Jangan lupa untuk bilas menggunakan air hangat pada keesokan harinya.


20. Bengkoang


Sudah bukan rahasia lagi jika bengkoang bisa menyamarkan flek hitam pada kulit. Caranya pun tak kalah mudah. Aplikasikan bengkoang dalam bentuk masker kemudian diamkan 10 menit.


21. Mentimun


Bahan alami terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi flek hitam adalam mentimun. Caranya dengan memarut mentimun yang sudah dicuci bersih, kemudian tempelkan parutan timun pada wajah. Biarkan 30 menit, lalu bilas hingga bersih.


Cara Lain untuk Mengatasi Flek Hitam

Selain dengan bahan alami, kamu juga bisa menghilangkan flek hitam dengan cara yang lebih mutakhir melalui berbagai produk perawatan wajah. Kamu bisa memanfaatkan day cream, night cream dan serum yang memiliki efek mencerahkan kulit. Contohnya krim yang memiliki kandungan alpha arbutin, vitamin C atau niancinamide.


Jika ingin lebih advanced lagi, mungkin kamu bisa mencoba teknik laser. Teknik ini bekerja dengan menembakkan cahaya dengan gelombang dan intensitas tertentu, guna mengurangi tampilan flek hitam.


Cara Mencegah Munculnya Flek Hitam

Selain disamarkan, ternyata kita juga bisa mencegah timbulnya flek hitam itu sendiri. Mari kita telisik dari faktor penyebabnya. Salah satu penyebab timbulnya flek hitam adalah paparan sinar matahari.


Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menggunakan topi lebar dan kacamata hitam ketika harus keluar ruangan. Jika memungkinkan, hindari keluar rumah dari jam sepuluh pagi sampai dua sore. Selain itu, kamu juga harus rajin menggunakan sunscreen atau tabir surya, minimal SPF 30. Aplikasikan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum keluar ruangan.


Ada banyak sekali produk yang berperan dalam mengatasi maupun mencegah timbulnya flek hitam. Pilih produk yang kamu sukai:  krim, serum, masker ataupun sunscreen, kami bisa membantumu untuk membuat produk versimu sendiri. Konsultasi dengan tim kami untuk keterangan lebih lanjut.


Sumber:

  1. fimela.com
  2. sehatq.com
  3. dan lain-lain

Share This Article


Bicara dengan CS