5 Hal yang Harus Kamu Hindari Kalau Nggak Mau Bisnismu Stuck!

Bisnis Kosmetik / 09 October 2024

by Renanda Namira

Hai beautypreneurs, siapa di sini yang pernah ada di fase bisnis stagnan dan sulit berkembang? Kalau kamu salah satunya, itu artinya ada beberapa kesalahan yang tidak kamu sadari yang menjadi penyebab bisnis mengalami masalah tersebut.


Kesalahan-kesalahan ini bisa datang dari berbagai aspek, mulai dari strategi yang kurang tepat hingga fokus yang melenceng dalam pengembangan produk atau pemasaran. Oleh karenanya, penting untuk para pelaku usaha kosmetik memperhatikan beberapa hal sebelum memulai bisnis agar tidak terjadi stuck ketika berbisnis. Nah, pembahasan kali ini, akan mengupas alasan mengapa bisnis kecantikan bisa sulit berkembang. Simak selengkapnya ya!


1. Kurang Riset Tren Pasar


Riset pasar adalah kunci dalam mencapai potensi bisnis, termasuk dalam industri kecantikan. Dalam tahap ini kamu perlu memanfaatkan berbagai sumber riset dari mulai data, pengalaman ahli, sampai tren terkini yang beredar di bisnis kecantikanmu. Tujuannya adalah untuk membantu kamu dalam memilih target audiens yang tepat sehingga brand kamu bisa menarik perhatian mereka.


Selain membantu dalam pemilihan target konsumen, riset tren juga berguna untuk memperkaya ide dan mendorong kreativitasmu dalam menciptakan inovasi baru.


2. Minim Kreatif dalam Menciptakan Inovasi Produk


Dengan tren kecantikan yang selalu berubah seiring waktu, inovasi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga bisnis tetap kompetitif. Jika hanya mengandalkan produk lama, bisnismu bisa mengalami kemunduran. Brand-brand besar yang terus berlomba untuk menghadirkan produk baru yang unik dan sesuai dengan permintaan pasar.


Inovasi ini bisa didapatkan dalam berbagai bentuk, seperi peningkatan kualitas, formula yang baru, penggunaan kemasan yang ramah lingkungan, atau menciptakan pengalaman baru bagi konsumen dalam menggunakan produk.


3. Asal dalam Menciptakan Strategi Pemasaran


Mengikuti tren tanpa memahami strategi yang sesuai bisa menjadi kesalahan besar. Banyak pemilih brand yang terjebak dalam meniru gaya pemasaran tanpa mengenal kebutuhan audiens mereka. Akibatnya, usaha tersebut hanya akan menghabiskan anggaran tanpa hasil yang setimpal. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan karakteristik calon konsumen, lalu ciptakan strategi yang sesuai. Misalnya, jika targetmu adalah gen-z, maka gunakan platform sosial media dengan konten interaktif akan lebih efektif untuk menarik hati mereka.


4. Pengelolaan Keuangan yang Buruk


Pengelolaan keuangan yang kurang efektif adalah salah satu alasan utama bisnis mengalami stagnasi. Meskipun penjualan tinggi, jika kamu tidak bisa mengatur cash flow dengan baik, masalah keuangan akan muncul yang dapat menghambat perkembangan usaha.


Oleh karenanya, penting untuk memisahkan antara keuangan bisnis dan pribadi, begitu juga dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Rutin lakukan evaluasi keuangan secara berkala agar kamu tahu di mana pengeluaran yang perlu diperbaiki sehingga pengeluaran bisa lebih efisien. Pengelolaan keuangan yang baik adalah dasar untuk mengembangkan bisnis ke tahap selanjutnya, karena tanpa adanya pengelolaan yang tepat, bisnis akan sulit berkembang dengan stabil.


5. Personal Branding yang Kurang


Personal branding yang kuat dapat membantu kamu dalam membangun kredibilitas dan memperkuat posisi brand kamu dipasaran. Termasuk di industri kecantikan, personal branding menjadi kunci untuk menciptakan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk.


Menyampaikan visi dan nilai yang melandasi brand-mu dapat membangun hubungan emosional yang lebih kuat dengan audiens. Konsumen biasanya tertarik pada brand yang memiliki keaslian dan transparansi dalam menyampaikan cerita, karena hal tersebut membuat mereka merasa lebih terhubung secara pribadi. Dengan membangun personal branding yang baik juga akan membuat produkmu lebih mudah diingat dan memiliki tempat khusus di hati konsumen.


Mau Tahu Strategi agar Bisnis Berkembang? Yuk, Ikut Nose Beauty Seminar x Cosmobeaute 2024


Sebagai beautypreneurs, menghindari kesalahan-kesalahan di atas sangat penting agar bisnismu tidak terjebak di fase stagnan. Dengan riset pasar yang mendalam, inovasi produk yang kreatif, strategi pemasaran yang tepat, pengelolaan keuangan yang baik, serta personal branding yang kuat, kamu dapat membawa bisnismu menuju pertumbuhan yang lebih baik.


Untuk mendapatkan wawasan terkini tentang tren dan inovasi terbaru di industri kecantikan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti Nose Beauty Seminar yang akan diadakan di Kakatua Room, Lower Lobby, Jakarta Convention Center (JCC).


Jadi, catat tanggalnya dan pastikan kamu hadir dan jangan sampai ketinggalan! Karena kesempatan ini bisa menjadi kunci kesuksesan brand-mu!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo