Ada beberapa permasalahan pada wajah yang sangat mengganggu bagi pria maupun wanita entah itu jerawat, komedo, flek hitam, belang, mata panda, ataupun lainnya. Namun kali ini saya akan membahas salah satu dari permasalahan pada wajah, yaitu flek hitam. Flek hitam ini sendiri justru tak dapat dipungkiri bahwa kehadirannya sangat amat mengganggu penampilan.

Flek hitam juga biasa dikenal dengan bintik hitam biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, efek samping pemakaian obat tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur, dan bahkan terlalu banyak stress juga menjadi faktor adanya flek hitam. 

Flek hitam juga mampu dengan cepat menjadikan anda kehilangan percaya diri, dan menjadi malu. Namun ada beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk menghilangkan flek hitam, agar anda mendapatkan kembali wajah yang bersih dan bercahaya. Bahkan cara yang sederhana seperti menggunakan obat-obatan alami buatan sendiri juga bisa mengurangi timbulnya flek hitam dan noda lainnya di wajah anda. 

 

Dan inilah beberapa tips mudah menghilangkan flek hitam

 

lemon

  1. Lemon

Hal pertama yang sederhana untuk menghilangkan flek hitam ialah dengan menggunakan air perasan buah lemon. Kandungan vitamin C yang terdapat di lemon mampu menghilangkan flek hitam di wajah anda. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah anda menggunakan lemon.

  1. Ambillah sedikit jus lemon dengan menggunakan kapas dan gosokkan pada area kulit wajah anda yang terdapat flek hitam. 
  2. Diamkan hingga mengering, lalu cuci bersih dengan air bersih.
  3. Lanjutkan cara menghilangkan flek hitam ini selama dua minggu agar anda mendapatkan hasil yang diinginkan. 
  4. Jika anda memiliki jenis kulit yang peka atau sensitif. Anda bisa menambahkan sedikit air pada pada jus lemon untuk mengurangi kadar keasamannya. Boleh juga menambahkan air mawar atau madu. 

 

Catatan yang perlu anda ketahui: 

Cara menghilangkan flek hitam dengan lemon ini tidak bisa dilakukan jika adanya luka yang terbuka pada kulit. Anda juga harus ingat, jangan biarkan kulit terkena sinar matahari setelah menggunakan jus lemon karena akan membuat kulit anda mengalami fotosensitif.

Anda juga bisa menggunakan air perasaan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah. Lakukanlah dengan cara yang sama seperti lemon.

 

kentang

  1. Kentang

Cara menghilangkan flek hitam juga bisa menggunakan kentang. Kentang bisa juga digunakan sebagai pemutih alami yang membantu untuk memudarkan bekas luka, serta flek hitam di wajah. Zat tepung yang ada dalam kentang mampu membantu untuk mengurangi pigmentasi, sementara enzim di dalamnya membantu untuk menyehatkan kulit. Cara menghilangkan dengan kentang memiliki beberapa metode, dan inilah cara-cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan kentang. 

 

Metode 1: 

  1. Potonglah kentang tipis-tipis
  2. Letakkan satu irisan kentang pada area wajah yang terdapat flek hitam
  3. Biarkan selama beberapa menit lalu cuci 

 

Metode 2:

  1. Kupas dan parut kentang
  2. Campurkan 1 sendok teh madu pada parutan kentang
  3. Oleskan masker di wajah anda dan biarkan hingga kering selama 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat

 

Metode 3: 

  1. Ambillah 1 buah kentang, blender dan ambil sarinya
  2. Tambahkan sedikit air perasan lemon dan sedikit bubuk kunyit
  3. Oleskan campuran ini pada flek hitam pada wajah anda
  4. Biarkan sampai mengering, lalu bilaslah dengan air bersih

 

buttermilk

  1. Buttermilk

Cara selanjutnya untuk menghilangkan flek hitam di wajah anda ialah dengan menggunakan buttermilk. Susu asam ini juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat karena memiliki tingkat keasaman setara jus lemon. Buttermilk juga dapat membantu untuk memudarkan noda dan flek hitam namun tidak menimbulkan sensasi terbakar pada kulit, dan kandungan asam laktat di dalamnya juga akan mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit anda secara bertahap. 

 

Berikut cara-cara menghilangkan flek hitam menggunakan buttermilk: 

  1. Ambil 4 sendok teh buttermilk
  2. Tambahkan 2 sendok teh jus tomat segar
  3. Lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga merata (kedua bahan ini memiliki sifat pemutihan yang baik), setelah itu oleskan pada area wajah yang terdapat flek hitam 
  4. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih

 

Buttermilk juga memiliki alternatif, yaitu: 

  1. Boleh menggunakan susu. Celupkan kapas ke dalam susu lalu oleskan pada wajah anda
  2. Biarkan selama sekitar 10 menit, kemudian bersihkan
  3. Ulangi perawatan ini sebanyak dua kali sehari selama 4 sampai 5 minggu
  4. Bisa juga membuat adonan susu yang diperas air jeruk lemon atau jeruk nipis

 

aloe vera

  1. Aloe vera (Lidah Buaya)

Salah satu cara menghilangkan flek hitam juga bisa menggunakan aloe vera atau yang lebih dikenal sebagai “lidah buaya”. Lidah buaya memiliki banyak khasiat penyembuhan dan merupakan obat alami yang baik untuk menghilangkan flek hitam, gelnya memiliki polisakarida yang mampu untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Juga membantu mengurangi flek hitam dan menyembuhkan bekas luka.

 

Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan lidah buaya.

  1. Belah dan ambil gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya
  2. Oleskan pada flek hitam dan bintik hitam di wajah anda
  3. Pijat perlahan-lahan di area wajah dengan dengan ujung jari anda selama beberapa menit
  4. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilaslah wajah anda
  5. Ulangi perawatan ini sebanyak satu atau dua kali sehari selama beberapa minggu untuk memudarkan flek hitam pada wajah anda
  6. Jika anda mengalami kesulitan saat membersihkan masker pada wajah, anda dapat menggunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat untuk membersihkannya
  7. Lakukanlah perawatan ini satu atau dua kali seminggu

 

pepaya

  1. Pepaya 

Pepaya juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam, dikarenakan enzim yang terdapat pada pepaya dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam pada kulit. Pepaya mengandung papain, enzim yang mampu mengelupas kulit untuk menyingkirkan sel kulit mati. Selain itu juga, sifat pembersihannya membantu membersihkan kulit dari kotoran dan bahkan melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari.

 

Menghilangkan flek hitam dengan menggunakan pepaya ada dua cara, yaitu. 

Cara pertama

  1. Oleskan bubur buah pepaya yang telah matang pada kulit yang bermasalah
  2. Biarkan selama sekitar 20 menit 
  3. Bilas wajah anda dengan air bersih

Cara kedua

  1. Pertama-tama parut lah pepaya hijau dan tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya, lalu oleskan campuran ini ke flek hitam di wajah
  2. Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya
  3. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu
  4. Anda juga bisa menggunakan kulit pepaya sebagai scrub yang sangat baik untuk perawatan siku dan lutut

 

Itulah beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan ketika flek hitam menyerang, lakukanlah dengan rutin agar flek hitam segera hilang. 

 

Sumber: 

https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/3635201/cara-menghilangkan-flek-hitam-secara-cepat-dan-alami?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ffashion-beauty%2Fread%2F3635201%2Fcara-menghilangkan-flek-hitam-secara-cepat-dan-alami

 

Sumber gambar:

doktersehat.com/cara-alami-menghilangkan-flek-hitam-bekas-jerawat/

www.healthline.com/nutrition/foods/lemons

www.kerjanya.net/faq/18068-kentang.html

www.savorysimple.net/how-to-make-buttermilk-substitute/

www.indiamart.com/proddetail/aloe-vera-leaf-16786244433.html

food.detik.com/info-sehat/d-4497865/ternyata-ini-7-manfaat-penting-buah-pepaya-bagi-kesehatan

leave a Comment