Menapaki Jejak Profesionalisme: Mahasiswa Telkom dan Keunggulan Praktik Industri di PT Nose Herbal Indo

Maklon Kosmetik / 16 January 2024

by Nose Herbalindo

PT Nose Herbal Indo memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk selalu berinovasi dan berkarya demi Indonesia yang gemilang di masa depan, salah satu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mewujudkan itu adalah dengan membuka lebar peluang kerja profesional kepada para mahasiswa yang ingin melakukan praktik industri di PT Nose Herbal Indo.


Para mahasiswa yang melakukan praktik industri di PT Nose Herbal Indo akan dibimbing langsung oleh para mentor terkait proses terintegrasi sistem produksi dari hulu hingga hilir. Mahasiswa juga dapat berkontribusi langsung memberikan rancangan perbaikan proses dengan teori yang sudah dipelajari di perkuliahan kemudian disesuaikan dengan kondisi nyata di lapangan.


Salah satu universitas yang berkesempatan melakukan praktik industri di PT Nose Herbal Indo adalah Universitas Telkom, Bandung, Program Studi S1 Teknik Industri. Mereka mengirimkan 6 orang mahasiswa/i untuk melakukan praktik industri selama 3 bulan.



(Wiga Nobelia bersama Kepala Divisi Quality Control PT Nose Herbal Indo)


Selama magang banyak pembelajaran baru yang mereka pelajari, seperti yang dialami oleh Wiga Nobelia mahasiswi Teknik Industri yang bertugas di divisi Quality Control selama masa praktik industri.


“Saya belajar banyak sekali terutama terkait dengan proses manufaktur di industri, dengan penempatan saya di QC juga membuat saya memahami proses manufaktur dari awal hingga akhir, serta hal yang dipelajari di kuliah juga sesuai penerapannya di Nose sehingga saya bisa memahami penerapannya,” kata Wiga.


Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Fitra Hari mahasiswa Teknik Industri yang bertugas di Gudang Kemas selama masa praktik industri.


“Saya mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan yang membuka mata saya tentang dunia industri kosmetik, saya belajar tentang bagaimana menghadapi berbagai masalah dan situasi yang ada di lapangan seperti membuat desain dari usulan yang dibutuhkan perusahaan untuk melakukan improvement. Saya sangat bersyukur kepada semua mentor, atasan, dan rekan kerja yang telah memberikan arahan dan motivasi kepada saya selama magang,” ujar Fitra.


Seperti yang dikatakan oleh Fitra, mahasiswa Telkom yang mengikuti praktik industri di PT Nose Herbal Indo sering mendapatkan tantangan untuk bisa diselesaikan dengan solusi yang tepat. Tujuannya agar mereka terlatih menghadapi berbagai tantangan nyata dalam dunia kerja.



(Mahasiswa Universitas Telkom mendapat arahan dari pihak PT Nose Herbal Indo saat datang pertama kali ke Jakarta)


Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan divisi lain dan mendapatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan perusahaan dalam konteks industri kosmetik. Dengan demikian, praktik industri ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk mengasah keterampilan teknis, tetapi juga sebagai langkah awal untuk memahami sistem kerja perusahaan manufaktur kosmetik yang saat ini semakin berkembang.


PT Nose Herbal Indo pun berharap ke depannya kerja sama praktik industri ini bersama Universitas Telkom, Bandung, dan kampus lainnya dapat berjalan secara berkelanjutan serta dapat dikembangkan dengan kerja sama lainnya dalam hal penelitian maupun pengabdian masyarakat.


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo