daun pegagan

Sumber: doktersehat.com

Daun Pegagan atau yang lebih dikenal dengan nama Centella Asiatica ialah tanaman liar yang banyak tumbuh di negara Indonesia, Tiongkok, Jepang, dan India. Pegagan biasanya tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Sejak ribuan tahun yang lalu tanaman ini kerap disebut sebagai ramuan abadi, yang seringkali digunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Di Indonesia sendiri biasanya orang-orang menyebutnya sebagai ‘gotu kola’. 

Di Indonesia, daun pegagan sering dikonsumsi sebagai lalapan. Tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, tanaman ini pun menarik perhatian banyak ahli untuk meneliti lebih lanjut tentang efektivitas dan beragam manfaat tanaman yang satu ini. Beberapa khasiatnya pun telah terbukti secara ilmiah membantu mengobati beberapa penyakit tertentu. Seperti melancarkan peredaran darah, membantu menyembuhkan TBC dan meningkatkan kesehatan mental. Daun pegagan ini juga memiliki kandungan kimiawi yang terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. 

Tidak hanya sangat bermanfaat untuk kesehatan, daun pegagan ini juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Maka dari itu tidak heran bahwa daun pegagan biasanya ada di dalam kandungan suatu produk skincare ternama. Berikut ini beberapa manfaat dari daun pegagan untuk kecantikan yang mesti Anda ketahui: 

 

  1. Daun Pegagan Dapat Mencegah Munculnya Jerawat

Memiliki kulit wajah yang mulus dan bebas jerawat adalah idaman bagi semua orang, sayangnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat dan apabila tidak diperhatikan serta diatasi dengan benar maka jerawat akan tambah parah. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan cara meminum air rebusan daun pegagan. Daun pegagan yang dihaluskan pun dapat digunakan sebagai masker wajah alami.

Penggunaan rutin dari masker jerawat dan mengkonsumsi air rebusan daun pegagan ini mampu membuat jerawat hingga noda bekas jerawat akan cepat hilang. Bahkan assistant professor di department of dermatology NYU Langone Health, Evan Rieder. M.D., pernah mengatakan kepada Self.com kalau daun ini memiliki efek yang dapat menenangkan kulit dengan inflamasi. Selain itu, daun ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulit Anda lebih glowing, dan sehat. Tidak hanya itu, daun pegagan juga dapat menghidrasi kulit dan menyembuhkan jerawat. Daun pegagan mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang mampu membantu meredakan radang pada jerawat. 

 

  1. Mampu Menjadi Obat Penumbuh Rambut

Memiliki rambut yang indah tidaklah mudah. Jika Anda menggunakan jenis perawatan rambut yang tidak tepat maka mampu memperburuk kesehatan pada rambut Anda. Permasalahan rambut ini biasanya juga dirasakan oleh berbagai kalangan, dari yang muda hingga yang tua. 

Daun pegagan ternyata juga dapat Anda jadikan solusi alternatif yang murah dan alami untuk mengatasi permasalahan pada rambut, karena daun ini memiliki nutrisi yang baik untuk kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Selain dijadikan teh untuk dikonsumsi, air rebusan dari daun pegagan dapat Anda gunakan langsung untuk memijat kulit kepala. Setelah menggunakan daun pegagan, maka rambut akan tumbuh kembali dengan subur dan sehat karena sirkulasi darah di sekitar kepala menjadi membaik dan akar rambut pun menjadi lebih kuat.

 

  1. Dapat Menyamarkan Stretch Marks

Diketahui juga bahwa tanaman ini mampu menyamarkan kemunculan stretch marks pada kulit. Stretch marks adalah guratan-guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter hingga sentimeter yang muncul  karena adanya peregangan kulit secara berlebihan. Senyawa terpenoid yang terkandung dalam daun pegagan mampu membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Selain membantu untuk menyamarkan stretch marks yang sudah ada, senyawa tersebut juga membantu mencegah kemunculan stretch marks yang baru. 

 

  1. Sebagai Antipenuaan

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh daun pegagan ialah dapat menghambat penuaan pada kulit terutama pada wajah dan leher. Gejala penuaan dini merupakan salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang sangat dihindari oleh hampir sebagian besar para wanita. 

Tidak dapat dimungkiri, semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan yang penting dalam elastisitas kulit terutama pada wajah maupun leher. 

Namun, sebuah studi yang diterbitkan oleh “Journal of Ayurveda and Integrative Medicine” menyatakan bahwa daun pegagan secara efektif dapat membantu memproduksi kolagen alami di dalam tubuh. Itulah beberapa manfaat dari daun pegagan atau yang lebih dikenal dengan nama Centella Asiatica

leave a Comment