Manfaat dari Daun Pegagan atau Centella asiatica untuk Kecantikan

Skincare / 19 November 2020

by Nose Herbalindo

Nama daun pegagan mungkin terdengar cukup asing di telinga kita. Namun, mungkin saja sebenarnya kamu pernah melihat tanaman ini di pinggir jalan atau di kebun. Tanaman ini memang banyak ditemui di daerah tropis, termasuk di Indonesia.


Pegagan alias Centella asiatica merupakan tanaman merambat yang memiliki daun agak bulat berwarna hijau. Di Indonesia, dahulu daun pegagan banyak dimanfaatkan sebagai obat kulit, obat gangguan saraf maupun sebagai ramuan untuk memperlancar peredaran darah. Bahkan di Jawa Barat, daun pegagan juga biasa dimakan mentah sebagai lalapan.


Penggunaan ekstrak Centella asiatica pada rangkaian produk skincare mulai populer semenjak menjadi tren di Korea Selatan beberapa tahun terakhir. Sejak itu, pamor dan penggunaannya semakin luas di dunia kecantikan di berbagai belahan dunia.


Manfaat Centella asiatica untuk Kecantikan

Centella asiatica memiliki berbagai kandungan aktif yang bermanfaat bagi perawatan kulit. Apa sajakah itu? Mari kita simak lebih lanjut.


Mengatasi Jerawat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Centella asiatica berperan ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Bahkan jika kamu memiliki jerawat yang baru muncul atau sedang parah-parahnya, sangat direkomendasikan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung Centella asiatica untuk meredakan pembengkakan kulit akibat jerawat. Tak hanya itu, ternyata Centella asiatica juga berperan dalam menyamarkan noda bekas jerawat atau hiperpigmentasi.


Meningkatkan Produksi Kolagen

Kandungan aktif Centella asiatica juga bisa mendorongkan pembentukan kolagen pada kulit. Semakin baik pembentukan kolagen, maka kulit kita akan semakin kenyal dan elastis. Efek lebih lanjut, tingginya produksi kolagen ini juga bisa menghindarkan kulit kita dari penuaan dini.


Mengatasi Penuaan Dini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Centella asiatica bisa menjaga elastisitas kulit melalui produksi kolagen yang lebih baik. Selain itu, Centella asiatica mengandung anti oksidan berupa flavonoid dan madecassoside yang membantu meminimalisir efek buruk radikal bebas, paparan sinar matahari dan polusi udara. Kedua manfaat itulah yang bisa membantu kulit kita dalam mengatasi masalah penuaan dini.


Mencegah dan Mengatasi Stretch Marks

Centella asiatica memiliki kandungan aktif bernama terpenoid yang mampu untuk menyamarkan garis-garis stretchmark. Selain itu, kandungan in juga bisa mencegah pembentukan garis stretchmark baru.


Meningkatkan Kelembapan Kulit

Bagi kamu yang pernah mencoba serum, toner atau krim dari Centella asiatica mungkin merasakan sensasi sedikit dingin pada wajah. Hal ini dikarenakan Centella asiatica memiliki efek soothing sehingga bisa memberikan efek menenangkan pada kulit.


Selain itu, Centella asiatica juga mengandung asam amino, beta karoten dan fitokimia lainnya untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit, sekaligus melembabkan kulit. Khususnya untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, pelembab dengan Centella asiatica adalah pilihan terbaik untuk kulit wajahmu.


Memperbaiki Tekstur Kulit

Kulit yang terjaga kelembabannya adalah kunci untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat. Kulit yang lembab juga bisa membuat kulit kita menjadi lebih lembut, lebih kenyal dan lebih cerah. Dengan efek soothing dan kemampuan melembabkannya, Centella asiatica bisa membantumu dalam memperbaiki tekstur kulitmu.


Mempercepat Penyembuhan Luka

Jauh sebelum skincare Korea muncul, ternyata masyarakat Indonesia telah mengenal Centella asiatica sebagai obat untuk peradangan kulit. Misalnya saja untuk mengatasi eksim atau garis selulit. Kadang Centella asiatica alias daun pegagan ini diaplikasikan dalam bentuk salep, maupun dikonsumsi secara oral dalam bentuk ekstrak minuman.


Oleh karena itulah, tak heran jika tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka ringan lainnya, seperti luka tergores atau luka sobek. Hal ini dikarenakan kandungan triterpenoid yang bisa mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada bekas luka.


Manfaat Centella asiatica untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk kecantikan, ekstrak Centella asiatica ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Mari kita intip 5 manfaat Centella asiatica berikut ini.


Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Hasil penelitian yang dirilis tahun 2016 menyebutkan bahwa daun Centella asiatica memiliki pengaruh positif akan daya ingat pasien yang memiliki riwayat penyakit stroke. Efek ini bahkan lebih baik dari efek yang diberikan asam folat, yang selama ini dipercaya untuk meningkatkan fungsi otak.


Sementara itu studi lainnya yang dikenakan pada tikus, juga memberikan hasil yang menggembirakan. Kendati tidak memberikan pengaruh signifikan akan kinerja otak tikus muda, namun ekstrak Centella asiatica bisa mengoptimalkan fungsi otak tikus tua.


Meredakan Kecemasan dan Stres

Sebuah penelitian mengungkapkan pengaruh ekstrak Centella asiatica untuk meredakan efek kecemasan. Partisipan pada studi ini mengkonsumsi ekstrak daun Centella asiatica selama 30 hari. Hasilnya, diperoleh hasil berupa tingkat kecemasan yang menurun. Begitu pula dengan turunnya rasa stress dan gangguan tidur atau insomnia.


Melancarkan Aliran Darah

Konsumsi ekstrak Centella asiatica ternyata juga bisa membantu melancarkan aliran darah. Terutama jika kamu menderita varises atau infusiensi vena, di mana darah seperti ‘menggenang’ di area kaki. Gejalanya biasanya disertai dengan bengkak dan kaki yang terasa berat. Dengan kandungan triterpernes-nya, ekstrak Centella asiatica bisa meringankan aliran darah dalam pembuluh darah.


Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Konon ekstrak daun Centella asiatica mampu meringankan gejala penyakit Alzheimer. Hal ini didasari oleh sebuah studi yang mengungkapkan bahwa tikus percobaan yang terserang penyakit Alzheimer menunjukkan perbaikan perilaku yang lebih baik setelah mendapat perawatan dengan ekstrak Centella asiatica. Diduga ekstrak Centella asiatica mampu melindungi sel-sel otak dari pembentukan plak yang memicu penyakit Alzheimer.


Meredakan Sakit Sendi

Sebuah penelitian menunjukkan tikus yang diberi ekstrak Centella asiatica bisa menunjukkan gejala radang sendi yang lebih ringan. Selain itu, tikus tersebut juga mengurangi erosi tulang rawan serta mengurangi inflamasi yang mungkin timbul.


Bagaimana Cara Mendapatkan Produk dengan Centella asiatica?

Produk dengan kandungan Centella asiatica umumnya mentargetkan pemilik kulit sensitif. Salah satu produk lokal terbaik yang mengandung Centella asiatica adalah N’Pure. Brand ini menawarkan tiga varian produk, yakni facial wash, toner dan serum, yang ketiganya diproduksi bersama Nose.


Kamu pun juga bisa membuat produk skincare dengan Centella asiatica dengan nama brand-mu sendiri. Nose akan membantumu mulai dari formulasi bahan, desain kemasan, sertfikasi dan perizinan produk, proses produksi hingga distribusi produk. Hubungi kami untuk detail lebih lanjut.

Share This Article


Bicara dengan CS