Yuk, Intip Trend Skincare Indonesia yang Bakal Hits di 2024!

Skincare / 18 March 2024

by Nose Herbalindo

Memasuki tahun 2024, industri skincare Indonesia siap menyambut berbagai tren baru yang nggak hanya menjanjikan kulit cantik alami, tapi juga mengutamakan kesehatan dan kelestarian lingkungan.


Semakin banyaknya kita yang aware tentang pentingnya merawat diri dan bumi kita, tren-tren skincare tahun ini bakal banyak yang fresh dan inovatif. Penasaran nggak sih, apa aja sih yang bakal jadi hits di dunia kecantikan Indonesia tahun ini?


Kita bakal lihat lebih banyak produk yang berasal dari bahan alami dan ramah lingkungan, plus teknologi canggih yang bikin perawatan kulit kita makin efektif dan personal.


Dari formula baru yang dikembangkan khusus untuk beragam jenis kulit hingga pendekatan holistic yang nggak cuma fokus pada kecantikan luar tapi juga kesehatan dan kenyamanan kulit, tahun 2024 ini dijamin bakal penuh kejutan yang bikin rutinitas skincare kita semakin seru dan berarti.


List Skincare yang Akan Trend di Indonesia Tahun 2024


Antusiasme masyarakat Indonesia yang besar terhadap tren skincare terkini membawa dampak besar bagi industri kecantikan tanah air. Perusahaan kosmetik dan skincare harus selalu beradaptasi dengan tren terkini baik dalam formulasi produk maupun strategi pemasaran agar tetap relevan dan kompetitif di pasar yang semakin kompetitif.


Dengan demikian, tren skincare yang diikuti dengan antusiasme oleh masyarakat Indonesia tidak hanya menjadi refleksi dari perubahan gaya hidup, tetapi juga memainkan peran penting dalam menggerakkan industri kecantikan menuju arah yang lebih dinamis dan berkembang. Nah, tanpa lama-lama berikut list trend skincare yang akan booming di Indonesia tahun 2024.


1. Skin Minimalism

Skin minimalism, tren kecantikan terkini, hadir untuk menghemat waktu dan biaya dalam melakukan rutinitas perawatan kulit. Seperti yang sudah kamu tebak dari namanya, tren ini dapat menyederhanakan rangka rangkaian rutinitas perawatan kulit agar lebih efisien dan efektif.


Tren ini fokus mengedepankan multifungsi untuk mengatasi beberapa masalah kulit sekaligus dalam satu produk skincare dan membuat kulit menjadi lebih sehat serta bercahaya.


Tahapan skin minimalism berfokus pada empat langkah utama, yaitu membersihkan kulit, melakukan eksfoliasi, mengaplikasikan moisturizer, dan menggunakan tabir surya.


2. Trend Anti-Pollution

Produk perawatan kulit anti-polusi belakangan ini telah mendapatkan perhatian besar dalam industri skincare dan kosmetik, karena terus memburuknya kualitas udara di seluruh dunia.


Tren anti-pollution dirancang khusus untuk melindungi kulit dari paparan polutan dan radikal bebas, dengan bahan utama antioksidan dan perlindungan sinar UV.


3. Teknologi dan Inovasi Berbasis AI

Beberapa industri kecantikan saat ini telah menerapkan kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung perkembangan skincare dan kosmetik. Dalam penerapannya sistem ini digunakan untuk memeriksa berbagai sampel kulit seseorang, yang kemudian diproses melalui AI untuk mengidentifikasi karakteristik kulit, jenis kulit, jerawat, flek hitam, kerutan, dan pori-pori.


Contohnya, seperti produk Lipcure Beam by Amorepacific yang menggunakan teknologi AI dalam mengembangkan teknologi dan inovasi berbasis AI pada skincare.


4. Kesehatan Kulit dari Dalam

Sering kita mendengar pepatah “kecantikan alami berasal dari dalam (diri)”, jika dihubungkan dengan kulit tentu ini sangat benar adanya karena kulit yang sehat dimulai dengan nutrisi yang maksimal. Maka kamu memerlukan suplemen kulit dengan bahan utama kolagen, vitamin, dan antioksidan.


Selain suplemen, sebaiknya mulai rutin menggunakan basic skincare yang dapat memperbaiki skin barrier kamu.


5. Sustainability

Ketika semakin banyak orang yang sadar akan limbah yang dihasilkan oleh produk perawatan kulit, brand dan produsen kecantikan mulai berlomba-lomba menciptakan industri yang sustainability atau ramah lingkungan.


Tren ini menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki dampak lebih kecil terhadap lingkungan dan menjadikan produk yang ramah lingkungan.


6. skincare Patch

skincare patch semakin populer sebagai cara untuk meningkatkan rutinitas perawatan diri. Tren ini menawarkan skincare yang lebih praktis dan cepat dalam rutinitas perawatan kulit.


Dengan peminat yang terus meningkat, tren skincare patch bisa menjadi solusi efektif dan cocok untuk orang-orang yang memiliki jadwal pada setiap harinya.


7. Perawatan Kulit Inklusif dan Representatif

Tujuan dari tren ini adalah untuk menciptakan produk perawatan kulit yang dapat digunakan oleh semua orang, apapun warna kulit, jenis kulit atau kondisi kulit tertentu.


Tentunya hal ini relevan dengan kondisi masyarakat di Indonesia yang beragam suku dengan warna kulit yang berbeda di setiap wilayahnya.


8. Microbiome untuk Kulit

Microbiome kulit berperan dalam menjaga keseimbangan pH kulit, melawan infeksi, serta mempengaruhi berbagai kondisi kulit seperti jerawat, eksim, dan penuaan. Mengapa microbiome menjadi tren? Pasalnya masyarakat sudah mulai peduli untuk menjaga keseimbangan pH kulit agar tetap sehat dan bersinar.


9. Personalisasi Lebih Lanjut

Konsep skincare yang dipersonalisasi kemungkinan akan terus berkembang. Dengan menggunakan teknologi pemindaian kulit dan analisis DNA, rekomendasi perawatan yang lebih akurat dapat dibuat berdasarkan kebutuhan genetik dan kondisi kulit seseorang.


Meskipun saat ini belum banyak produk menerapkan personalisasi dengan analisis DNA, beberapa brand sudah mulai mengembangkan tren ini dan kedepannya konsep tersebut akan menjadi populer di tahun 2024 ini.


10. Hormonal skincare

Hormon sangat mempengaruhi keseimbangan dan kondisi kulit, seperti produksi minyak berlebih, jerawat hormonal, atau perubahan tekstur kulit selama siklus menstruasi maupun kehamilan.


Tujuan dari metode Hormonal skincare adalah untuk mengenali perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh dan meresponsnya dengan produk dan rutinitas perawatan kulit yang tepat. Menurut culture and trends analyst Alex Bee, tren hormonal skincare akan menjadi tren pada tahun 2024 ini.


11. Kandungan Adaptogenik

Adaptogenik atau adaptogen adalah komponen tumbuhan alami yang dianggap membantu tubuh menyesuaikan diri dengan stres dan menjaga Homeostasis. Kandungan ini telah mendapat banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena potensi manfaatnya dalam perawatan kulit.


Banyak manfaat yang bisa didapatkan pada kandungan adaptogenik yaitu, anti inflamasi, mengurangi stres, perlindungan antioksidan, meningkatkan perlindungan kulit, produksi kolagen, menyeimbangkan produksi sebum, dan meningkatkan kecerahan kulit.


12. Inovasi Cleanser

Selanjutnya tren skincare yang akan populer di tahun 2024 adalah inovasi cleanser. Sebagaimana kita ketahui, cleanser sudah menjadi rutinitas perawatan kulit mendasar yang saat ini mulai banyak dipertimbangkan.


Inovasi cleanser ini menjadi tren karena masyarakat Indonesia sudah aware dengan perawatan basic skincare dan menjadikannya prioritas dalam perawatan kulit mereka.


13. Evolusi Sunscreen

WGSN memperkirakan pertumbuhan produk sunscreen akan meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan tabir surya semakin meningkat sehingga semakin banyak bermunculan produk sunscreen yang inovatif.


Banyak produsen tabir surya kini mengembangkan formula yang mudah dan nyaman dipakai di kulit. Tren ini bisa menjadi ide bisnis perawatan kulit kamu tahun ini.


14. Retinol

Retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang menjadi bahan atau kandungan umum dalam produk skincare. Bahan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit diantaranya, mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan meratakan warna kulit.


Selain itu, retinol juga bekerja dalam meningkatkan kolagen. Kolagen sendiri berfungsi menjaga struktur dan elastisitas kulit, yang membuat kulit lebih kencang dan awet muda. Maka nggak heran retinol menjadi akan menjadi tren di tahun 2024.


15. Bukan Body Care Biasa

Body care yang mencakup body wash, lotion, hand wash, hand cream, dan body serum, tidak hanya berfungsi sebagai pembersih dan pengharum badan saja, loh Sobat Nose.


Kini Body Care juga mengandung bahan-bahan yang biasanya hadir pada produk perawatan wajah, seperti retinol, Glutathione, Niacinamide,Ceramide, AHA maupun BHA. Tujuannya untuk mencerahkan kulit dan membuatnya menjadi lebih sehat.


16. Barrier Repair

Tren selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk ide bisnis skincare adalah barrier repair. Di tahun 2024 ini, sudah banyak brand yang menawarkan produk-produk dengan manfaat bisa menenangkan kulit dan memperkuat skin barrier.


Tren ini semakin diminati karena fokusnya dalam menjaga kekuatan kulit dan keseimbangan microbiome akibat pemakaian skincare yang berlebihan. Namun pada dasarnya, produk yang melembabkan seperti hydrating serum, facial mist, toner, akan terus diminati.


17. Scalp Care

Tahukah kamu rahasia rambut sehat dimulai dari kulit kepala? Meskipun seringkali fokus kita tertuju pada cara penumbuhan rambut, tapi yang terpenting adalah merawat kulit kepala agar tetap sehat. Kulit kepala pada dasarnya kulit yang terdiri dari protein dan lipid serupa.


Saat ini, semakin banyak orang sadar akan pentingnya kesehatan kulit kepala. Dengan begitu produk perawatan kulit kepala mulai menjadi tren perawatan rambut terkini.


18. Niche Brand

brand skincare yang memiliki niche unik diprediksi akan mendapat perhatian di tahun 2024 ini. Produk skincare dengan niche yang lebih spesifik dan fokus, seperti mengatasi kulit sensitif dan iritasi, khusus perawatan kulit gelap, dan skincare untuk area kewanitaan.


19. Wellness-Infused Skincare

Saat ini banyak orang yang mulai aware terhadap kesehatan mental dan wellness. Beberapa brand sudah mulai mengeluarkan produk skincare yang mengedepankan kenyamanan dan ketenangan batin seseorang, dan membuat mereka nyaman dan merasa rileks.


Contohnya, body care dengan aroma yang menenangkan dan membantu mengurangi stres, atau produk yang dapat membantu seseorang tidur dengan nyenyak.


Trend Forecast Skincare Indonesia yang Masih Akan Populer di 2024



Menurut Exploding Topics, industri skincare yang semakin pesat turut membawa bahan-bahan aktif atau ingredients yang menjadi populer dalam industri ini. Apa saja ingredients yang masih atau akan populer di tahun 2024? Berikut informasinya!


1. Nicotinamide (Vitamin B)

Nicotinamide, juga dikenal sebagai niacinamide atau vitamin B3, merupakan bahan yang populer dalam produk perawatan kulit karena banyak manfaatnya untuk kesehatan kulit. Nicotinamide memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit sensitif.


2. Beta Hydroxy Acid (BHA)

Senyawa ini dikenal sebagai asam salisilat, adalah salah satu bahan aktif yang umum digunakan dalam produk skincare. BHA larut dalam minyak, sehingga lebih efektif dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit.


3. Vitamin A

Vitamin A membantu meningkatkan sel-sel kulit, seperti mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, vitamin A memiliki kemampuan untuk menutupi hiperpigmentasi dan bekas jerawat serta membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan komedo dengan mengatur produksi minyak berlebih.


4. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA adalah kelompok asam organik yang sering digunakan dalam produk skincare untuk eksfoliasi kulit. AHA bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, mengungkapkan kulit yang lebih cerah, halus, dan sehat di bawahnya.


5. Squalane

Squalane adalah senyawa organik yang juga termasuk pada golongan yang sama dengan squalene, yakni triterpenoid. Squalane juga dikenal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meredakan iritasi pada kulit sensitif.


6. Azelaic Acid

Azelaic Acid atau asam azaleat merupakan senyawa yang ada secara alami dalam biji-bijian. Senyawa ini memiliki manfaat yang baik untuk kulit seperti, mengobati jerawat, mengurangi hiperpigmentasi, dan meredakan peradangan pada kulit sensitif.


7. Retinoid

Retinoid merupakan sekelompok bahan aktif turunan vitamin A yang memiliki berbagai manfaat dalam produk perawatan kulit. Manfaat utamanya antara lain menstimulasi sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.


Rekomendasi Produk skincare dengan Trend Ingredients 2024



Dalam industri perawatan kulit yang terus berkembang, PT Nose Herbal Indo muncul sebagai perusahaan manufaktur yang terus berupaya memahami dan mengembangkan trend ingredients terkini untuk memenuhi kebutuhan konsumen, salah satunya dengan menerapkan ingredients pada produk skincare yang akan tren tahun 2024 ini, diantaranya :


FSS Retinal


Sumber: Instagram forskinssake


Re.Set The Skin Retinol


Sumber: Instagram resettheskin


Klover Serum


Sumber: Instagram klover.skin


Skin Hill Serum


Sumber: Instagram skinhillofficial


Somniate Perfect Complete Serum


Sumber: Instagram somniate_official


N’Pure Cica Biome


Sumber: Instagram npureofficial


True to Skin Glo-C


Sumber: Instagram truetoskinofficial


Setelah mengetahui berbagai tren skincare yang akan populer di Indonesia pada tahun 2024, kini saatnya kamu memanfaatkan kesempatan emas ini memiliki produk skincare dengan brand kamu sendiri di maklon kosmetik tepercaya PT Nose Herbal Indo.


Bersama dengan tim Product Development kami kamu akan dibantu dari awal hingga akhir proses produksi produk skincare impianmu. Gak usah repot membuat sertifikasi halal ataupun BPOM sendiri, karena semuanya sudah ditangani oleh tim kami.


Jadi, jangan lewatkan kesempatan menjadi beautypreneur bersama kami. Yuk, konsultasikan lebih lanjut dan hubungi kontak kami untuk mulai membuat produk skin care-mu sendiri. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


Related Articles

Apa itu Jasa Maklon? Cari Tahu di Sini!

Maklon Kosmetik / 16 September 2020

Nose Next Level Raih Berbagai Sertifikat Bergengsi

Maklon Kosmetik / 15 November 2023

Antiseptik dengan 100% Bahan Alami | Buffy Aqua

Great Product Born Here / 28 February 2024

tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo