Kandungan Skincare Paling Diminati dan Populer di Tahun 2024

Skincare / 15 March 2024

by Nose Herbalindo

Tahun 2024 menjadi tahun yang menarik bagi industri kecantikan, di mana kita melihat berbagai bahan skincare menjadi populer di pasaran. Maka tidak heran jika kemunculan kandungan baru dalam skincare selalu ditunggu-tunggu, apalagi dengan tren yang terus berubah dan berkembang setiap tahunnya.


Banyak dari kita bertanya-tanya, kandungan apa saja sih yang lagi hit dan banyak dicari di tahun 2024? Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa kandungan skincare yang mendominasi pasaran dan menjadi favorit banyak orang. Simak infonya sampai selesai ya!


Trend Kandungan Skincare Terbaik dan Paling Diminati di Tahun 2024


1. Bakuchiol

Bakuchiol merupakan salah satu bahan aktif yang memiliki tingkat efektifitas yang sama dengan retinol. Bahan aktif satu ini diklaim lebih lembut di kulit sehingga cocok digunakan berbagai jenis tipe kulit termasuk untuk pemilik kulit sensitif.


Kandungan ini sering ditemukan pada berbagai produk skincare diantaranya, serum wajah, krim malam, dan pelembab. Beberapa brand juga memasukkan bakuchiol dalam produk anti-aging dan kulit sensitif. Karena itu, bakuchiol menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari alternatif alami selain retinol dalam perawatan kulit mereka.


2. Peptide

Belakangan kandungan peptide menjadi viral di industri kosmetik karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan kulit. Peptide menjadi bahan skincare yang menarik dengan fungsi untuk mengurangi penuaan dini pada kulit, melembabkan, dan sifat anti inflamasi yang meredakan kemerahan pada jerawat dan iritasi.


Hingga saat ini, peptide dari berbagai sumber penelitian dalam formulasi yang dikembangkan memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi kolagen atau elastin pada kulit. Biasanya bahan peptide sering digunakan pada produk skincare day cream dan pelembab.


3. Niacinamide

Sobat Nose tahu ngga sih… kalau warna kulit itu dipengaruhi oleh zat melanin yang terkandung di dalam pigmen? Kandungan melanin yang rendah, kulitnya cenderung lebih putih atau terang, sebaliknya jika melaninnya tinggi maka warna kulitnya cenderung lebih gelap. Contohnya, masalah hiperpigmentasi di kulit wajah.


Hiperpigmentasi ini bisa diatasi dengan bahan bioaktif yang bisa meratakan warna kulit seperti Niacinamide. Selain itu, senyawa ini juga berfungsi untuk mencerahkan kulit dan mengatasi noda bekas jerawat. Niacinamide sering ditemukan pada produk serum, moisturizer, dan cleanser.


4. Hyaluronic Acid

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh yang berfungsi sebagai pelindung dari faktor eksternal. Perubahan pada kulit meliputi hilangnya kelembaban, elastisitas, dan kekencangan kulit disertai tampak kerutan pada wajah, terutama di sekitar mata merupakan tanda penuaan kulit yang paling terlihat.


Oleh karena itu, seseorang memerlukan senyawa Hyaluronic Acid untuk menjaga hidrasi dan kekenyalan kulit. Kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung hyaluronic acid, seperti moisturizer, sunscreen, serum, lotion, dan cleanser.


5. Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang bermanfaat bagi tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah cukup. Bakteri asam laktat probiotik memberikan efek positif terhadap komposisi dan fungsi mikroba pada tubuh. Pada produk perawatan kulit, probiotik sering ditemukan pada produk skincare moisturizer, serum, dan face mist.


Sebagai penyeimbang mikroflora kulit, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengendalikan dermatitis atopik dan mempercepat pemulihan sistem kekebalan kulit setelah terpapar sinar UV dan membantu memperbaiki gejala kulit sensitif.


6. Cica (Centella Asiatica)

Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman kuno terutama di wilayah China dan Madagaskar. Centella asiatica dikenal para peneliti sebagai tanaman yang kaya akan antioksidan dan agen anti mikroba.


Maka tidak heran tanaman centella asiatica dapat bekerja maksimal untuk menenangkan kulit sensitif. Kamu bisa menggunakan ekstrak tanaman ini pada produk toner, eksfoliasi, face wash, masker, day cream dan night cream.


7. Ceramide

Ceramide (CER) adalah jenis asam lemak yang ada di dalam sel manusia. Seringkali perubahan kadar CER pada kulit bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit seperti eksim. Karena itu, kulit membutuhkan amunisi untuk menjaga skin barrier agar tetap sehat.


Maka tidak heran saat ini banyak produk skincare yang mengandung CER di dalamnya. Bahkan kandungan ini menjadi bagian terpenting dalam produk skincare, seperti serum, pelembab, cleanser, dan toner.


8. Snail Mucin

Belakangan ini, minat masyarakat terhadap bahan-bahan yang bermanfaat untuk kulit semakin meningkat. Salah satunya minat masyarakat pada snail mucin atau lendir bekicot.


Snail mucin memiliki berbagai khasiat bagi kulit untuk mengurangi peradangan, membantu penyembuhan iritasi, menghidrasi, mencerahkan, dan memiliki sifat anti bakteri. Saat ini brand sudah mulai mengeluarkan produk dengan kandungan snail mucin, seperti produk moisturizer dan anti-aging.


9. Tranexamic Acid

Kita semua pasti tahu bahwa jumlah melanin di kulit tetap stabil dalam jangka waktu lama. Faktor yang mempengaruhi penuaan melanin atau hiperpigmentasi sebagian besar adalah faktor eksternal seperti sinar UV.


Oleh karena itulah kita membutuhkan senyawa Tranexamic Acid dalam perawatan kulit. Kandungan tersebut terbukti dapat menghambat produksi melanin dan mengurangi hiperpigmentasi. Senyawa ini dapat kita temukan pada produk serum, pelembab dan masker.


10. Salicylic Acid

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang umum terjadi. Biasanya terjadi pada remaja, baik laki-laki maupun perempuan. Namun dengan perawatan yang tepat, kita bisa mencegahnya dengan menggunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid.


Salicylic Acid merupakan salah satu bahan aktif yang biasa digunakan pada produk perawatan kulit, terutama untuk mengatasi jerawat, komedo, dan membersihkan pori-pori.Senyawa ini bisa meresap sampai ke dalam kulit untuk melarutkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kandungan ini biasanya terdapat pada produk skincare seperti facial wash, scrub, krim pelembab, cleansing pads, dan toner.


11. Glycolic Acid

Glycolic Acid adalah salah satu asam alfa hidroksi (AHA) yang ditemukan dalam gula tebu dan buah jeruk. Senyawa ini sering ditemukan pada produk perawatan kulit eksfoliasi.Glycolic Acid banyak terdapat pada produk perawatan kulit berupa toner, sabun pembersih muka, sheet mask, essence, serum, dan pelembab.


Bahan ini cocok untuk mengatasi permasalahan kulit seperti warna kulit tidak merata, tekstur kulit kasar, penumpukan komedo, jerawat, timbul tanda-tanda penuaan dini, dan flek hitam pada kulit.


12. Lactic Acid

Lactic acid merupakan salah satu jenis exfoliant yang sering direkomendasikan untuk kulit sensitif karena memiliki sifat yang jauh lebih lembut dibandingkan banyak exfoliant lainnya.Selain itu, senyawa ini juga diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda.


Eksfoliasi menggunakan lactic acid bekerja dengan cara mengelupas lapisan terluar kulit yang kering dan mati, membantu mengurangi kemunculan garis halus, noda hitam, dan pori-pori yang tersumbat tanpa menyebabkan iritasi yang berlebihan pada kulit sensitif. Kamu bisa mendapatkan produk skincare dengan kandungan ini pada produk facial wash, serum, masker wajah, dan night cream.


13. Vitamin C

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh. Ini bisa menyebabkan munculnya garis-garis halus, kulit kering, kusam, dan berkurangnya elastisitas. Itu sebabnya tubuh membutuhkan antioksidan yang terdapat dalam vitamin C.


Vitamin C bekerja dengan menghentikan reaksi berantai yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Dengan rutin menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C, dapat memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat radikal bebas dan tidak merata.


14. Vitamin E

Vitamin E telah lama dikenal di dunia skincare karena kemampuannya dalam melembabkan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sebagai antioksidan kuat, vitamin E menetralisir radikal bebas akibat sinar matahari dan polusi yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.


Selain melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, vitamin E juga memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan iritasi kulit. Dengan menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin E seperti pelembab, serum, atau krim mata, dapat membantu kita menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.


15. Green Tea Extract

Green tea extract telah menjadi bahan populer dalam industri skincare karena kaya akan antioksidan. Bahan ini juga dipercaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit.


Selain sebagai antioksidan, ekstrak teh hijau juga memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan kulit akibat jerawat atau iritasi. Ingredients ini menjadi salah satu yang populer di tahun 2024 ini, kamu bisa mencobanya untuk ide produk skincare-mu sendiri ya.


16. Squalane

Sebagai salah satu bahan dalam skincare, squalane memiliki kemampuan unik dalam menghidrasi kulit tanpa meninggalkan bekas minyak pada wajah. Tidak hanya itu, senyawa ini dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit dengan mengatur kadar minyak agar tetap terkendali tanpa membuat kulit menjadi terlalu kering.


Penggunaan produk skincare yang mengandung squalane dapat membantu menjaga kulit tetap lembab, kenyal, dan sehat.Selain itu, squalane juga dapat membantu memperbaiki barier kulit, menjaga kelembaban alami, dan melindungi kulit dari faktor-faktor lingkungan yang dapat merusak.


17. Retinol

Sebagai salah satu bahan yang sedang populer di tahun 2024, retinol terus menunjukkan kemampuan dalam menjaga kulit agar tetap kencang dan sehat. Selain manfaatnya dalam anti-aging, retinol juga merupakan senjata ampuh dalam melawan jerawat.


Retinol juga berfungsi mengurangi produksi minyak berlebih, membersihkan pori-pori dan mencegah terbentuknya sumbatan penyebab munculnya jerawat. Selain itu, retinol juga memiliki efek anti-inflamasi yang membantu meredakan kemerahan dan peradangan di kulit wajah.


18. AHA & BHA

Alpha Hydroxy Axid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah senyawa asam yang banyak digunakan produk skincare untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Kedua senyawa tersebut sering kita jumpai pada produk pembersih, seperti toner, scrub, pelembab, gel peeling, dan masker.


Kedua senyawa ini membantu mengurangi bintik-bintik hitam penuaan, bekas luka jerawat, pori membesar, warna kulit tidak merata, mengontrol minyak berlebih, menenangkan dan mengurangi kemerahan pada kulit.


Rekomendasi Produk Skincare dengan Trend Ingredients 2024 yang Wajib Dicoba!


1. Noora Peeling Spray


2. FFS Retinol


3. Skinouru Serum


4. Finally Found You Eye Cream


5. Natur-e Ceraglow Serum


6. Confitty Morning Buble Emulsion


7. Etherluna Toner


8. Cica (Centella Asiatica)


9. True to Skin Mugwort Tripeptides Moisturizer


10. Skintime


Nah, kita udah ngobrol banyak nih tentang bahan-bahan skincare yang lagi hits di 2024. Kita lihat gimana inovasi dan apa yang dibutuhkan pasar bisa bikin industri kecantikan semakin berkembang dan populer. Tren-tren baru ini bukan cuma kasih kesempatan buat kita untuk merawat kulit dengan lebih baik dan aman, tapi juga peluang besar buat teman-teman yang mau ikutan berinovasi di bisnis kecantikan.


Kalo kamu tertarik menjadi beautypreneur di industri kecantikan yang terus berkembang ini, PT Nose Herbal Indo bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan pengalaman dan teknologi terbaru, siap bantu kamu menciptakan produk skincare impianmu. Yuk, kontak kami dan berdiskusi langsung dengan tim Product Development kami. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo