Benzoyl Peroxide Si Pembunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Skincare / 06 March 2024

by Nose Herbalindo

Siapa disini yang masih menggunakan salicylic acid, retinol, atau centella untuk mengatasi masalah jerawat? Ternyata senyawa tersebut bukan satu-satunya yang bisa menyembuhkan jerawat di kulit loh Sobat Nose.


Ada bahan aktif lain yang mampu menyembuhkan jerawat secara maksimal hingga ke akar-akarnya. Yuk, kenalan sama benzoyl peroxide!


Kira-kira bener nggak yah, kolagen bisa mencerahkan kulit wajah? Simak informasi berikut ini ya!


Apa Itu benzoyl peroxide?


Menurut dr. Amanda Oakley MBChB FRACP dari Department of Dermatology Waikato Hospital, benzoyl peroxide adalah senyawa yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit yang berfungsi untuk mengatasi jerawat ringan. Bahan ini aman digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak, bahkan selama kehamilan.


benzoyl peroxide tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, gel, lotion, ataupun pembersih dengan konsentrasi yang bervariasi, yaitu 2,5%, 5%, dan 10%. Bahan ini dapat digunakan bersama dengan bahan lainnya, seperti dikombinasikan dengan antibiotik untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.


Pada beberapa studi mengatakan benzoyl peroxide sebanding dengan obat keras. Padahal, benzoyl peroxide ini merupakan obat bebas terbatas dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Meskipun dapat dibeli bebas, perlu diketahui bahwa obat bebas terbatas memiliki peringatan dapat menyebabkan iritasi ringan dan menyebabkan sensasi perih pada kulit.


Pada beberapa studi mengatakan benzoyl peroxide sebanding dengan obat keras. Padahal, benzoyl peroxide ini merupakan obat bebas terbatas dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Meskipun dapat dibeli bebas, perlu diketahui bahwa obat bebas terbatas memiliki peringatan dapat menyebabkan iritasi ringan dan menyebabkan sensasi perih pada kulit.


Selain itu, senyawa ini berfungsi untuk melawan infeksi yang diakibatkan oleh jerawat. benzoyl peroxide juga bekerja dalam mengurangi jumlah bakteri pada kulit tanpa menimbulkan resistensi bakteri yang muncul akibat penggunaan antibiotik. benzoyl peroxide juga mampu mengoksidasi komedo membandel dan memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan kulit.


Bagaimana Benzoyl Peroxide Bisa Menyembuhkan Jerawat?


Pada dasarnya, penyebab jerawat muncul terbagi menjadi 4, yaitu penumpukan sel kulit mati, inflamasi atau peradangan, minyak berlebih di kulit, dan koloni bakteri. Namun, banyak dari produk skincare yang hanya terfokus pada permasalahan sel kulit mati, inflamasi, atau minyak berlebih. Padahal, jerawat yang sedang meradang bisa juga mengandung koloni bakteri di dalamnya.


Untuk mengatasinya dibutuhkan antibakteri seperti benzoyl peroxide untuk mematikan propionibacterium acnes atau bakteri penyebab jerawat. Berbeda dari antibiotik lainnya yang mengubah struktur bakteri, benzoyl peroxide dipercaya mampu membunuh P.acnes dan bakteri lainnya.


Benzoyl peroxide terkadang dikombinasikan dengan kalium hidroquinolin sulfat untuk membunuh bakteri pada kulit. Serta, bekerja sangat baik dalam mengatasi peradangan, yang ditandai dengan benjolan merah yang berisi nanah pustula, papula, kista, dan nodul.


Cara Penggunaan Benzoyl Peroxide Pada Produk Skincare


Saat pertama kali menggunakan benzoyl peroxide, disarankan untuk memulainya secara perlahan untuk melihat reaksi yang dihasilkan pada kulit. Jika kulit terasa kering atau mengelupas, segera hindari penggunaannya dan konsultasikan pada dokter.


Dilansir dari Medical News Today, benzoyl peroxide tersedia dalam jumlah konsentrasi yang berbeda-beda, seperti 2,5%, 5%, dan 10%. Biasanya pada kulit wajah digunakan benzoyl peroxide 5%, sedangkan untuk jerawat punggung gunakan pada konsentrasi 10%.


Untuk penggunaan dengan bentuk gel, kamu dapat mengikuti langkah berikut :


1. Bersihkan kulit dengan pembersih ringan seperti tisu dan air

2. Keringkan area kulit hingga bersih

3. Oleskan secara perlahan produk gel ke area kulit yang berjerawat


Kemudian pada penggunaan dengan bentuk pembersih, kamu dapat mengikuti langkah seperti berikut ini :


1. Basuh area kulit yang berjerawat

2. Ratakan sedikit produk pada kulit dengan tangan

3. Diamkan pembersih pada kulit tidak lebih dari 1-2 menit

4. Bilas secara menyeluruh dengan air, dan keringkan dengan lembut


Kamu bisa menggunakan gel benzoyl peroxide setiap 1-2 hari sampai kulit terbiasa dan gunakan hingga 4 minggu agar terlihat efeknya. Penting juga diperhatikan kebersihan tangan sebelum mengaplikasikannya pada kulit wajah. Disarankan untuk menghindari sinar matahari langsung saat menggunakan benzoyl peroxide. Jika ingin beraktifitas di siang hari gunakan tabir surya dengan SPF lebih dari 30.


Gimana, Sobat Nose sudah kenal kan sama penyelamat jerawat kamu yang satu ini? Pastikan juga bahwa kandungan tersebut mampu mengoptimalkan perawatan kulit sesuai dengan kulit yang kamu miliki.


Jangan lewatkan kesempatan untuk membuat brand skincare-mu sendiri bersama kami di PT Nose Herbal Indo.


Yuk konsultasikan lebih lanjut bersama tim Marketing dan Product Development kami dengan menghubungi kontak kami untuk membuat produk skincare-mu sendiri.#MaklondiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo