Ini Dia Pembersih Wajah untuk Remaja, Jangan Salah Pilih!

Beauty Tips / 01 April 2024

by Nose Herbalindo

Memasuki usia remaja kulit menjadi mudah rentan dan sensitif. Ini wajar terjadi saat anak-anak sudah mulai beranjak remaja karena adanya perubahan hormon saat memasuki masa pubertas. Tapi bukan berarti masa-masa seperti ini nggak perlu melakukan perawatan kulit sama sekali ya, justru saat masa pubertas ini kulit harus dirawat agar tetap bersih dan sehat ya Sobat Nose.


Karena itu, pembahasan artikel kali ini, kami akan kupas tuntas bagaimana memilih pembersih wajah atau facial wash untuk kulit remaja yang tepat berdasarkan kandungannya. Ikuti terus ya!


Perubahan Kondisi Kulit Saat Menginjak Dewasa


Pada dasarnya kulit kita mengalami perubahan setiap dekade kehidupan. Perubahan besar terjadi ketika mencapai usia 20 tahun seperti fluktuasi hormon, gaya hidup, dan faktor genetik. Proses penuaan dimulai pada periode ini dan tidak dapat terulang kembali. Pada usia ini, tanda-tanda penuaan mulai muncul seperti kerutan, kehilangan kekenyalan, dan warna kulit yang tidak rata.


Selain itu, kulit lebih cenderung berminyak pada kulit remaja, maka dari itu penting untuk kalangan remaja menjaga kelembaban kulit. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit terlihat berkilau serta berminyak, serta menyebabkan masalah jerawat seperti komedo hitam, komedo putih, jerawat, dan kista.


Usia yang Ideal untuk Memulai Pemakaian Skincare


Meskipun tidak ada usia universal untuk memulai rutinitas perawatan kulit, namun biasanya para remaja diperkenalkan kebiasaan perawatan kulit selama usia 9 hingga 12 tahun.


Sebagai langkah pertama, dr. Nicole Ruth, DO, FAAD. merekomendasikan para remaja untuk fokus pada basic skincare seperti :


1. Pembersih Wajah

Kebiasaan dalam membersihkan wajah sangat berguna terutama jika dilakukan olahraga rutin atau tinggal di cuaca panas, untuk menghindari keringat yang menyumbat pori-pori.


2. Pelembap

Pemakaian pelembab dapat membuat wajahmu terhidrasi dan terhindar dari kulit kering yang dapat berakibat mengelupas. Maka dari itu, pelembab cocok untuk digunakan pada usia awal memasuki dewasa sebagai pengenalan pada dunia skincare.


3. Sunscreen

Sinar UV bisa membuat wajahmu terkena flek hitam, dan membuat wajahmu belang. Dengan penggunaan sunscreen bisa membantu melindungi kulitmu dari paparan sinar UV yang akan merusak kulit.


Langkah Rutinitas skincare Remaja


Agar tidak salah dalam pemakaian skincare bagi para remaja, perlu diperhatikan detail-detail kecil supaya tidak menyebabkan kerusakan kulit lebih lanjut. Adapun, berikut ini adalah beberapa langkah pemakaian skincare bagi remaja yang bisa kamu lakukan secara rutin.


1. Membersihkan wajah dengan hati-hati

Pada masa remaja, kulit cenderung lebih sensitif dari biasanya. Maka dari itu, dalam membersihkan wajah perlu dilakukan secara perlahan agar tidak merusak skin barrier.


2. Membersihkan sisa makeup sebelum tidur

Para remaja tentunya ingin berpenampilan menarik di tiap waktunya, salah satu caranya adalah dengan pemakaian makeup. Meskipun makeup yang umum dipakai oleh remaja cenderung ringan, membersihkan wajah dari makeup tetap menjadi hal yang penting dilakukan, apalagi ketika ingin beristirahat di malam hari. Hal ini dilakukan agar pori-pori wajahmu dapat bernapas, sehingga mampu menghasilkan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh.


3. Kontrol produksi minyak pada kulit

Ketika berada di luar ruangan produksi minyak pada kulit semakin meningkat. Dalam upaya mencegah jerawat yang diakibatkan minyak berlebih, kamu bisa menggunakan oil control cleanser, agar kulitmu terhindar dari jerawat.


4. Lakukan eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit tentunya juga penting dilakukan. Namun, pemakaiannya tidak boleh terlalu sering karena akan menyebabkan kulit rusak. Cukup dengan 1-2x seminggu, maka kulitmu akan terhindar dari sel kulit mati.


5. Pilih produk perawatan wajah yang tepat

Berbagai macam skincare yang diedarkan di masyarakat, kamu bisa cari komposisi skincare menggunakan bahan alami. Sehingga, aman untuk kulit remaja sepertimu yang membutuhkan perawatan lembut agar sehat berseri.


6. Menjaga kebersihan tangan selalu

Sebelum pemakaian skincare wajah, kamu perlu menjaga kebersihan tangan agar tidak terkontaminasi oleh benda asing. Perlu diingat, media yang kamu gunakan untuk mengaplikasikan produk skincare-mu juga bisa terdapat kontaminan yang mampu menginfeksi wajah.


7. Pakailah tabir surya setiap hari

Agar terhindar dari bahaya sinar UV, tabir surya juga perlu digunakan secara rutin. Gunakan tabir surya dengan SPF 30+ ke atas agar terlindungi sinar matahari langsung. Dan gunakan tabir surya secara berulang setiap 2-3 jam sekali agar kulitmu tetap terlindung dari bahaya sinar UV.


8. Berkonsultasi dengan dokter kulit

Berkonsultasi dengan dokter kulit mampu membantumu dalam mengatasi perbedaan yang besar pada saat kamu menggunakan skincare atau tidak. Jelaskan tahapan skincare yang kamu pakai serta kondisi kulitmu, sehingga dokter dapat mengidentifikasi kesehatan kulitmu.


Manfaat Menggunakan Basic Skincare Sejak Remaja


Basic skincare adalah tahap pengenalan bagi remaja yang ingin memulai perawatan kulit. Dengan pemakaian tersebut, beberapa manfaat bisa didapatkan seperti berikut ini.


1. Memberikan nutrisi untuk kulit wajah

Remaja umumnya menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. Yang membuatnya terpapar debu, polusi, dan sinar UV matahari. Penggunaan basic skincare dapat membantu kulit wajahmu tetap ternutrisi dengan baik sehingga terlihat cerah dan bersinar meskipun beraktivitas di luar.


2. Mencegah penuaan dini

Walaupun tanda-tanda penuaan jarang terjadi di usia remaja, dengan pemakaian basic skincare yang rutin dapat menunda terjadinya penuaan. Menggunakan langkah-langkah yang tepat membantu mencegah kerusakan kulit yang parah di kemudian hari.


3. Meningkatkan rasa percaya diri

Merawat kulit juga bisa dikatakan sebagai bentuk cinta terhadap diri sendiri. Dengan memberikan rasa nyaman atas penampilanmu, membuat rasa percaya dirimu meningkat.


4. Menghindari kulit kusam

Kulit yang kusam diakibatkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit. Dengan penggunaan skincare yang dapat menghidrasi kulit, mampu memberikan kecerahan pada kulitmu yang kusam.


Produk Pembersih Wajah yang Tepat untuk Remaja


Masih bingung milih pembersih wajah yang cocok untuk kulit remaja? Disini kami akan merekomendasikan beberapa produk dari Nose untuk kamu jadikan penyelamat kulit wajahmu.


1. True to Skin - Matcha Oat Gentle Cleanser


Sumber: Instagram truetoskinofficial


2. FINALLY FOUND YOU - SOY Gentle! Face Cleanser


Sumber: Instagram finallyfoundyou.id


2. GLOW BETTER - Coconut Juice Cleanser


Sumber: Instagram glowbetter.id


2. N’PURE - Facial Wash Centella


Sumber: Instagram npureofficial


2. SKINOURU - Foaming Cera Cleanser


Sumber: Instagram skinouru.official


2. KLEVERU - Sea Buckthorn Cleansing Gel


Sumber: Instagram kleveruofficial


Rutin membersihkan wajah membuat kulitmu menjadi lebih sehat. Terutama untuk kalangan remaja yang masih memerlukan perawatan yang tepat untuk menjaga kulit terawat.


Buat Sobat Nose yang masih penasaran tentang produk yang cocok untuk remaja, kamu bisa coba produk dari Nose Herbal Indo dengan bahan-bahan yang telah teruji klinis sehingga dapat dipercaya untuk merawat kulitmu.


Dan tentunya, jangan lewatkan kesempatan untuk membuat brand skincare-mu sendiri bersama kami di PT. Nose Herbal Indo. Yuk konsultasikan lebih lanjut bersama tim Product Development kami dengan menghubungi kontak kami untuk membuat produk skincare-mu sendiri. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo