Apa Benar Kolagen Bisa Mencerahkan Kulit Wajah?

Skincare / 04 March 2024

by Nose Herbalindo

Dalam industri kecantikan yang terus berkembang, kolagen kerap menjadi sorotan di mata publik. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, apa benar kolagen mampu untuk mencerahkan kulit wajah?


Dari ide inovatif produk-produk yang diperjualbelikan dengan klaim tersebut, konsep ini telah menarik minat orang yang ingin mendapatkan kulit tampak cerah dan bercahaya.


Kira-kira bener nggak yah, kolagen bisa mencerahkan kulit wajah? Simak informasi berikut ini ya!


Apa Itu Kolagen?


Kolagen adalah salah satu protein yang paling banyak ditemukan pada tubuh. Sebanyak 80 persen kulit manusia terbuat dari kolagen yang juga membentuk jaringan ikat dari mulai kulit, tulang, otot, tendon, hingga ligamen.


Terdiri dari asam amino seperti glisin, prolin, hidroksiprolin, dan arginin yang mampu menjaga tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Singkatnya, kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan bagian-bagian tubuh manusia.


Jenis Kolagen yang Cocok Untuk Kulit


Kolagen tipe I, merupakan tipe kolagen yang dianggap baik untuk kesehatan kulit. Namun, seperti semua jenis kolagen, kadar kolagen tipe I mulai menurun setelah usia menginjak 25 tahun. Hal ini dikarenakan kolagen tipe I merupakan bahan utama di jaringan ikat sehingga efek yang terjadi akibat penurunan kolagen tipe I menghasilkan permasalahan seperti, kulit kendur, garis-garis halus dan kuku yang rapuh, serta rambut yang menipis.


Bukan hanya berhubungan dengan penampilan, kolagen ini juga merupakan komponen utama dari tendon, organ, dan tulang. Maka dari itu kolagen tipe I penting dalam proses diet atau rutinitas kesehatan apa pun.


Selanjutnya, kolagen tipe II yang sering diteliti oleh para ahli. Jenis kolagen ini yang biasanya ditemukan pada produk suplemen. Meskipun kandungannya di dalam tubuh tidak sebanyak kolagen tipe I, ternyata kolagen tipe II juga tidak kalah penting untuk tulang rawan dan sistem kerangka. Orang yang memiliki aktivitas berat perlu mengandalkan sendi yang kuat agar aktivitas yang dijalani dapat berjalan lancar.


Berikutnya, ada kolagen tipe III yang umumnya ditemukan bersama kolagen tipe I dalam serat retikuler seperti di sumsum tulang. Contohnya, ada peptida kolagen protein dan kolagen laut.


Bagaimana Produk Kolagen Bekerja Untuk Kulit?


Kolagen bekerja untuk kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan memberikan nutrisi penting yang diperlukan untuk memelihara kulit.


Dalam meningkatkan pertumbuhan kolagen tubuh bisa menggunakan suplemen kolagen yang mampu merangsang pergantian kolagen yang hilang akibat penuaan atau faktor-faktor lingkungan.


Kolagen juga membantu tubuh dalam memproduksi asam hialuronat yang bermanfaat dalam menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi. Selain itu, kolagen juga membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah garis-garis halus dan kerutan.


Apakah Kolagen Mampu Mencerahkan Kulit?


Meskipun kolagen tidak memiliki efek langsung sebagai zat pemutih kulit, peningkatan kekenyalan, hidrasi, dan elastisitas kulit yang dihasilkan oleh kolagen dapat memberikan kesan menyegarkan pada kulit. Hal ini dapat menghasilkan penampilan kulit yang lebih cerah dan bersinar karena kulit yang terhidrasi dengan baik.


Selain itu, menggunakan produk kolagen yang diberi bahan tambahan seperti vitamin C atau ekstrak pencerah kulit dapat membantu dalam upaya mencerahkan kulit secara keseluruhan.


Penting untuk diingat bahwa hasil mencerahkan kulit dari penggunaan produk kolagen dapat bervariasi antara individu, tergantung pada faktor tertentu seperti jenis kulit, kondisi kulit saat ini, dan konsistensi dalam penggunaan produk tersebut. Selain menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, menjaga pola makan sehat, tidur yang cukup, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan juga merupakan faktor penting dalam mencapai kulit yang cerah dan sehat.


Sekarang, sudah terjawab kan tentang fungsi kolagen yang sesungguhnya? Jadi, gunakanlah kolagen yang tepat untuk kulitmu ya Sobat Nose.


Kamu juga bisa membuat produk skincare kamu sendiri dengan bahan utama kolagen di PT Nose Herbal Indo. Hubungi kontak kami untuk berdiskusi langsung dengan tim Product Development kami tentang produk skincare impianmu! #MaklondiNoseAja


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo