Kandungan Bisabolol Pada Skin Care dan Manfaatnya untuk Kulit

Skincare / 30 January 2024

by Nose Herbalindo

Sobat Nose, sudah pernah dengar kandungan bisabolol dalam produk skin care? ternyata kandungan ini banyak banget manfaatnya untuk kulit loh. Manfaatnya gak hanya berfungsi pada kulit orang dewasa saja tetapi juga pada kulit bayi.


Penasaran kan, apa saja manfaat yang terkandung pada bisabolol? yuk simak artikel di bawah ini ya.


Apa itu Bisabolol?


Bisabolol yang juga dikenal dengan nama levomenol merupakan senyawa organik golongan terpenoid, yakni seskuiterpen monosiklik. Senyawa ini berbentuk minyak kental tidak berwarna dan tidak dapat larut dalam air, meski demikian senyawa ini akan larut saat dicampurkan dengan alkohol maupun minyak. Biasanya kandungan bisabolol sering kita temukan di berbagai produk skin care dan kosmetik diantaranya, pelembab, tabir surya, lotion, produk anti-aging, pembersih wajah, dan lipstik.


Apa itu Bisabolol?


Bisabolol pertama kali diisolasi dan diidentifikasi dari bunga chamomile (Matricaria chamomilla) oleh Isaac pada tahun 1951. Hingga saat ini sebagian besar senyawa ini diperoleh dari sumber alam ini. Meskipun demikian, senyawa ini juga dilaporkan telah diisolasi dari minyak atsiri tanaman obat lainnya. diidentifikasi pada tanaman aromatik lainnya seperti eremanthus erythropappus, smyrniopsis aucheri dan spesies vanillosmopsis sp.


Baru-baru ini, bisabolol diidentifikasi sebagai konstituen utama dari minyak atsiri salvia runcinata, tanaman asli dari Afrika Selatan. Selain itu, beberapa tanaman yang telah dilaporkan mengandung bisabolol diantaranya Vanillosmopsis sp. (misalnya V. pohlii, V. arborea) dan myoporum grassifolium. Matricaria chamomilla dan S. runcinata masing-masing mengandung bisabolol hingga 50 dan 90%.



Gambar 1. Bunga chamomile (Matricaria chamomilla)


Manfaat Bisabolol Pada Kulit


Di atas kita sudah membahas tentang pengertian senyawa bisabolol dan sumbernya, sekarang mari kita bahas manfaat bisabolol yang baik untuk kulit.


1. Anti-oksidan

Bisabolol memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan kulit dan munculnya tanda penuaan dini akibat radikal bebas, salah satunya dapat mencegah dan mengurangi kerutan.


2. Soothing effect

Kandungan bisabolol pada produk perawatan kulit memberikan soothing effect pada kulit yang berjerawat, sensitif, rosacea, dan psoriasi sehingga aman untuk berbagai kondisi kulit terutama kulit sensitif.


3. Meningkatkan penyerapan produk lain

Bisabolol seringkali ditambahkan dalam produk perawatan yang mengandung bahan-bahan aktif yang lebih sulit menembus lapisan kulit untuk dapat membantu penyerapan. Hal ini karena senyawa ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan penyerapan bahan skin care lain ke dalam kulit.


4. Redakan peradangan dan iritasi

Bisabolol juga dapat membantu dalam meredakan peradangan atau kemerahan pada kulit pasca paparan sinar UV, dan meredakan iritasi akibat gigitan serangga. Fungsi anti-inflamasi membuat bisabolol dipercaya dapat membantu merangsang proses penyembuhan alami kulit, termasuk pergantian kolagen. Tidak hanya menyembuhkan luka, kandungan bisabolol juga menenangkan kulit yang teriritasi.


5. Menjaga kelembaban dan menghidrasi kulit

Bisabolol berbentuk minyak kental sehingga memiliki kemampuan untuk melapisi dan melembabkan sel kulit kering sehingga kulit terasa lebih sehat dan kenyal.


6. Menyamarkan stretch mark

Kandungan bisabolol teruji dapat menyamarkan stretch mark serta memiliki kemampuan dalam meregenerasi pertumbuhan sel-sel kulit.


7. Menyamarkan stretch mark

Kemampuan dalam menghambat pembentukan melanin yang dimiliki bisabolol dapat membantu dalam mencerahkan kulit dan menghambat hyperpigmentasi yang dapat menyebabkan munculnya dark spot pada kulit.


Bisabolol Juga Bermanfaat Menjaga Kelembapan Kulit Bayi


Kandungan bisabolol tidak hanya berlaku pada kulit orang dewasa, tetapi juga untuk kulit bayi. Senyawa ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit bayi dan membantu menjaga kesehatan kulit karena mengandung efek anti-iritan. Efek ini berfungsi menyembuhkan luka pada kulit bayi yang sedang mengalami eksim.


Kandungan bisabolol pada produk perawatan kulit bayi dianggap aman bahkan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu penggunaan bisabolol pada produk perawatan kulit bayi kini sangat populer, khususnya bagi bayi yang memiliki kulit sensitif atau memiliki riwayat alergi.


Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat bisabolol bagi kulit kita? Kamu juga bisa membuat produk skin care kamu sendiri dengan bahan kandungan bisabolol di PT. Nose Herbal Indo.


Jangan lewatkan kesempatan menjadi beautypreneur bersama kami. Yuk, konsultasikan lebih lanjut dan hubungi kontak kami untuk mulai membuat produk skin care-mu sendiri #MaklondiNoseAja!


Share This Article


Related Articles

tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo