Kenali Jenis Pembersih Wajah yang Tepat Untuk Tipe Kulitmu!

Beauty Tips / 25 March 2024

by Nose Herbalindo

Sobat Nose, apa kamu yakin pemakaian pembersih wajahmu sudah tepat? Menemukan pembersih wajah yang cocok untuk kulit bisa menjadi tantangan dalam merawat kulitmu agar terlihat sehat dan bersinar. Karena, setiap tipe kulit memiliki karakteristik tertentu yang mempengaruhi jenis produk yang tepat untuk digunakan.


Oleh karena itu, kami akan dibahas berbagai jenis pembersih wajah dan bagaimana cara memilih pembersih yang sesuai dengan tipe kulit agar mendapatkan hasil yang optimal. Disimak, yuk!


Jenis Pembersih Wajah Sesuai Tipe Kulit


Memilih pembersih wajah yang tepat merupakan langkah awal esensial dalam rutinitas perawatan kulit. Dengan beragamnya jenis pembersih wajah di pasaran, dari gel, busa, minyak, hingga micellar water, penting untuk mengenal dan memahami karakteristik masing-masing untuk menemukan yang paling cocok dengan kebutuhan kulit kamu.


1. Cleansing Gel


Sesuai dengan namanya, gel pembersih memiliki tekstur seperti jeli yang tidak berwarna. Biasanya produk pembersih wajah yang berbentuk gel menghasilkan cukup busa, tetapi tetap efektif dalam menghapus kotoran dan sisa-sisa make-up.


Biasanya pembersih wajah dengan tekstur seperti ini dikhususkan untuk pembersihan mendalam dan eksfoliasi kulit. Jenis ini cocok untuk kulit berminyak, sensitif, dan berjerawat.


2. Foam Cleanser


Foam cleanser biasanya dapat berformula gel maupun krim. Namun, ketika dicampur dengan air teksturnya dapat berubah menjadi busa yang melimpah. Busa tersebut dapat berfungsi sebagai pembersih pori-pori dan menghilangkan kotoran membandel.


Jenis ini cocok untuk kulit dengan tipe berminyak, normal, dan kombinasi. Namun, tidak jarang tipe kulit lain juga bisa menggunakan produk dengan jenis ini.


3. Cleansing Oil


Kemudian ada cleansing oil yang sangat cocok untuk mengangkat makeup secara total. Namun, langkah selanjutnya kamu harus menggunakan double cleanse dengan sabun pembersih wajah agar sisa kotoran dan sisa minyak pembersih hilang. Jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit dengan tipe kombinasi dan normal.


4. Micellar Water


Cenderung bertekstur ringan dan mirip air, jenis ini umumnya cocok untuk menghapus makeup yang masih full. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan dituangkan ke kapas, lalu usapkan perlahan ke wajah sampai seluruh makeup dan kotoran terangkat.


Tipe pembersih ini cocok untuk kulitmu yang memiliki tipe kering, berminyak, sensitif, dan normal. Namun, perlu mencocokan kembali dengan kandungan pada produk yang kamu pakai.


5. Cream Facial Cleanser


Dalam tekstur seperti ini umumnya menghasilkan sedikit busa pada saat pemakaiannya. Namun, jenis krim dapat membantu mengangkat kelebihan minyak alami pada kulit dan sisa makeup kamu setelah pemakaian micellar water.


Tipe kulit yang cocok dengan jenis krim seperti ini adalah kulit kering dan sensitif. Namun demikian, perlu diketahui formula krim memiliki efek samping karena teksturnya yang jauh lebih padat yang dapat menyebabkan penyumbatan di pori-pori wajah akibat residu yang tidak hilang pada saat dibersihkan.


6. Bar Soap Cleanser


Jenis pembersih ini memiliki bentuk padat atau yang biasa disebut sebagai sabun batang. Meskipun bentuk ini familiar digunakan pada sabun mandi, ada juga beberapa sabun pembersih wajah yang berbentuk batangan. Bar soap cocok untuk segala jenis kulit, namun perlu diperhatikan kandungan di dalamnya juga sesuai kebutuhan kulit masing-masing.


7. Cleansing Wipes


Cleansing wipes atau tisu pembersih menjadi alternatif yang praktis untuk pembersih wajah. Bentuk seperti ini bisa lebih fleksibel digunakan untuk bepergian, jika kamu ingin menghapus atau mengoreksi makeup pada wajahmu. Kekurangannya dalam pemakaian cleansing wipes ini kamu tetap disarankan untuk mencuci wajah lebih dahulu agar kotoran di wajah dapat terangkat semua. Cleansing wipes cocok untuk kulit berminyak, kering, dan normal.


8. No-rinse Cleanser


Pembersih yang tidak perlu dibilas dapat tersedia dalam bentuk busa, krim, dan gel. Biasanya, pembersih wajah ini bebas dari sabun dan cocok digunakan saat tidak ada air untuk membersihkan wajah. Pastikan kamu mengikuti petunjuk penggunaan produk. Pembersih tanpa bilas umumnya cocok untuk kulit yang kering, sensitif, dan berjerawat.


9. Powder Cleanser


Selanjutnya, ada pembersih wajah bubuk yang memiliki tekstur sedikit mengental dan mengeluarkan busa pada saat tercampur air. Bentuk seperti ini juga berfungsi dalam mengeksfoliasi kulit wajah karena tekstur yang lebih ringan dan meresap kulit pori-pori. Tipe kulit yang cocok untuk menggunakan pembersih bubuk adalah kulit berminyak, kombinasi dan sensitif.


10. Clay Cleanser


Kemudian ada bentuk clay cleanser yang bermanfaat detoksifikasi. Jenis cleanser ini juga mampu membersihkan kotoran, mengurangi minyak di wajah, dan mengecilkan pori-pori. Buat kamu yang memiliki wajah berminyak, berjerawat, atau kombinasi, clay cleanser bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu.


11. Cleansing Balm


Lalu, ada cleanser berbentuk balsem yang memiliki tekstur padat dengan tekstur lembut ketika diambil dan dioles pada wajah. Tipe seperti ini cocok untuk membersihkan makeup yang tipis maupun tebal. Namun, pastikan setelah kamu memakai pembersih balm gunakan sabun pembersih wajah dan dibilas secara total. Cleaning balm cocok ke untuk tipe kulit normal dan kering.


Manfaat Pemakaian Rutin Pembersih Wajah


1. Pembersih wajah membantu untuk membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup


Beraktifitas di luar ruangan dapat menyebabkan kotoran menumpuk di kulit sepanjang hari. Dalam penggunaan rutin pembersih wajah, dapat mencegah pori-pori dari penyumbatan, yang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.


2. Penggunaan pembersih wajah secara rutin membantu menjaga tingkat kelembaban kulit


Agar kulit menjadi lembab dan terhidrasi dengan cukup, penggunaan pembersih wajah secara rutin juga mampu mencegah kulit menjadi kering terkelupas. Namun, hal ini perlu diperhatikan frekuensi pemakaiannya agar tidak membuat minyak alami pada kulit wajahmu berkurang.


3. Pembersih wajah mampu menjaga kulit agar tetap sehat


Tentunya dalam menjaga penampilan, kamu bisa lakukan pembersihan wajah secara teratur. Hal ini dapat membantu kamu memberi nutrisi pada kulit agar lebih efektif dan menjaga tampilan segar dan bersih.


Rekomendasi Produk Pembersih Wajah dari Nose Herbal Indo



1. Edelweyss Berry Complex Brightening Facial Wash



Sumber : Instagram edelweyssid


Kaya akan natural plant extract, gentle facial wash ini diformulasikan menggunakan paduan bahan aktif pilihan yang mampu membersihkan wajah dari kotoran dan debu.


2. Skinurse Super Moist ‘N Bright Facial Wash



Sumber : Instagram skinurse.id


Skinurse Super Moist ‘n Bright Facial Wash diformulasikan secara khusus menggunakan bahan aktif alami. Kandungan pelembab alami dari Olive Leaf Extract pada facial wash Skinurse membuat kulit terasa lembab dan halus. Say bye-bye to facial wash yang bikin kulit kaku dan terasa tertarik setelah mencuci muka.


3. Lazy Sunday Berry Dreamy Gentle Facial Wash



Sumber : Instagram its.lazysunday


Gentle facial wash ini diformulasikan dengan ekstrak berry sebagai antioksidan dan kandungan yang lainnya. Teksturnya yang gel dapat membersihkan kulit wajahmu hingga ke pori-pori, dan sehat untuk skin-barrier untuk kulit cerah bercahaya.


4. Volu Brightening Facial Wash



Sumber : Instagram voluindonesia


Pembersih wajah memiliki formulasi khusus untuk semua jenis kulit yang dapat digunakan setiap hari untuk membersihkan wajah dari debu dan sisa makeup dengan bersih dan tetap lembab.


Sekarang, sudah tahu kan jenis-jenis pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Perlu diperhatikan juga konsistensi pemakaian pembersih wajah agar kulitmu sehat dan terawat. Nah, jangan sampai salah pilih lagi ya Sobat Nose!


Jangan lewatkan kesempatan menjadi beautypreneur dengan membuat brand skincare-mu sendiri bersama PT Nose Herbal Indo. Yuk konsultasikan lebih lanjut bersama tim Product & Development kami dengan menghubungi kontak kami untuk membuat produk skincare-mu sendiri. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo