Wow! Rahasia Clay untuk Kulit Glowing: Apa Saja Sih Jenis dan Manfaatnya?

Skincare / 12 March 2024

by Nose Herbalindo

Hai Sobat Nose, sudah tahu belum kalau membersihkan wajah setiap hari itu penting banget dalam rutinitas skincare kamu? Langkah ini krusial lho, karena bisa bikin kulitmu tampak lebih sehat dan bercahaya.


Di pasaran sekarang, kita bisa temukan beragam pembersih wajah atau facial wash dengan kandungan seperti hyaluronic acid, ceramide, salicylic acid, dan Niacinamide yang sudah tidak asing lagi. Tapi, ada satu bahan yang mungkin belum kamu kenal, yaitu Clay.


Apa Itu Kandungan Clay?


clay atau tanah liat adalah mineral bumi yang terbentuk dari proses degradasi batuan mineral, yang telah lama dikenal dalam dunia kosmetik. Terutama untuk masker wajah, karena manfaatnya untuk perawatan dan kecantikan kulit.


Tidak hanya untuk masker, kandungan ini juga populer digunakan sebagai bahan produk cleanser. Pembersih wajah berbahan dasar clay ini semakin dikenal banyak orang karena kelembutan dan khasiatnya dalam membersihkan wajah.


7 Macam Kandungan Clay yang Biasa Digunakan Produk Pembersih wajah


Clay memiliki kemampuan menyerap minyak dan mengangkat kotoran di dalam pori-pori. Maka tidak heran, produk skincare yang mengandung clay ini banyak diburu sebagai produk perawatan kulit yang efektif. Berikut merupakan beberapa macam kandungan clay yang biasa digunakan untuk produk pembersih wajah.


1. Red Clay


Red clay memiliki kandungan silika yang tinggi dan memiliki daya serap paling kuat dari semua jenis clay. Maka dari itu, red clay mampu menghilangkan kotoran, dan komedo pada kulit. Kaya akan oksida besi alami yang baik untuk kulit bertipe sensitif dan mudah berjerawat.


2. Green Clay


Memiliki kandungan mineral yang tinggi, green clay mampu mendetoksifikasi kulit wajah, serta mengendalikan minyak berlebih. Adapun kandungan mineral pada green clay seperti, kalsium, potasium, magnesium, tembaga, dan mangan.


3. Yellow Clay


Yellow clay menjadi salah satu pilihan kamu untuk merawat kulit kering dan sensitif. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, yellow clay dianggap sebagai pembersih yang ampuh karena dapat meratakan warna kulit dan mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.


4. Black Clay


Black clay menjadi salah satu pilihan kamu untuk merawat kulit kering dan sensitif. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, yellow clay dianggap sebagai pembersih yang ampuh karena dapat meratakan warna kulit dan mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.


5. Pink Clay


Sering disebut sebagai rose clay, jenis ini memberikan efek yang dapat menenangkan kulit, anti-aging, dan mampu membersihkan kulit. Jenis ini cocok untuk semua tipe kulit, dan cocok untuk meregenerasi kulit dari sel kulit mati.


6. Blue Clay


Blue clay mengandung hyaluronic acid yang tinggi dan efektif untuk menghidrasi kulit. Cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas padat dapat membuat kulit tampak kusam, blue clay ini mampu mencerahkan agar kulit terlihat segar dan bercahaya.


7. Purple Clay


clay yang satu ini mampu merangsang sirkulasi pada kulit, sehingga mampu meratakan warna kulit, dan membantu mengurangi garis dan kerutan di area wajah. Karena kandungan garam mineralnya yang rendah, purple clay tidak menarik minyak dari kulit, maka dari itu clay jenis ini biasa digunakan pada kulit kering atau sensitif tanpa reaksi yang merugikan.


Keistimewaan clay cleanser


Selain karena tekstur yang dimilikinya, clay cleanser memiliki keunikan sendiri yang dapat diminati oleh semua kalangan, seperti berikut ini:


1. Ritual Pembersihan yang Menyenangkan

Saat menggunakan clay cleanser seringkali membuat step pembersihan kulit wajah menjadi menyenangkan. Karena teksturnya yang lembut di kulit, dapat memberikan sensasi menyegarkan saat membersihkan wajah.


2. Pilihan Ramah Lingkungan

Clay cleanser mampu menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan. Ada beberapa diantaranya produk-produk yang memiliki kemasan daur ulang dan bahan berkelanjutan.


3. Cocok untuk Pemakaian Sehari-hari

Rutinitas perawatan kulit yang baik merupakan keistimewaan yang didapat jika kamu memilih clay cleanser sebagai salah satu skincare-mu. Hal ini membuat produk diandalkan dalam merawat kesehatan kulit sehari-hari.


Manfaat Clay Cleanser


Dari beberapa keistimewaan yang dimiliki clay cleanser, kemampuannya tidak hanya berhenti sampai situ. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan clay cleanser.


1. Membersihkan Pori-Pori

clay cleanser seperti kaolin atau bentonite, memiliki manfaat sebagai pembersih pori-pori yang efektif. Kemampuannya menyerap minyak dan kotoran dari pori-pori membuatnya ideal untuk kulit berminyak atau berjerawat. Dengan membersihkan kulit secara mendalam, clay cleanser dapat mengurangi kilap, menyehatkan tekstur kulit, dan memberikan pembersihan lembut namun efektif tanpa mengeringkan kulit secara berlebihan.


2. Mengontrol Minyak Berlebih

Selanjutnya, jenis cleanser ini merupakan pembersih wajah yang efektif dalam mengontrol minyak berlebih. Kandungan clay, seperti kaolin atau bentonite, memiliki kemampuan menyerap minyak dan kotoran dari pori-pori, menjadikannya pilihan yang baik untuk kulit berminyak. Pemilihan produk seperti clay cleanser membantu mengurangi kilap dan menjaga keseimbangan minyak alami kulit tanpa membuatnya terlalu kering.


3. Mengurangi Kemerahan dan Peradangan

Clay cleanser juga memiliki manfaat untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Dengan membersihkan kulit secara mendalam, clay cleanser juga dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk kulit sensitif atau yang rentan terhadap jerawat.


4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Memiliki partikel halus, clay cleanser juga mampu membantu mengikis lapisan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit sehingga terasa halus dan lebih bercahaya.


5. Pelembab Kulit

clay cleanser tidak biasanya berfungsi sebagai pelembab kulit secara langsung karena fokus utamanya adalah membersihkan kulit dan mengontrol minyak berlebih. Namun, beberapa formulasi clay cleanser mungkin mengandung bahan-bahan tambahan yang dapat memberikan kelembaban tambahan setelah membersihkan kulit.


Gimana Sobat Nose, dengan berbagai manfaat dan keistimewaan clay cleanser kamu dapat mencoba untuk menggunakannya untuk perawatan kulitmu. Jangan lewatkan kesempatan untuk membuat brand skincare-mu sendiri bersama kami di PT Nose Herbal Indo.


Yuk konsultasikan lebih lanjut bersama tim Marketing dan Product Development kami dengan menghubungi kontak kami untuk membuat produk skincare-mu sendiri. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo