Mengenal Minyak VCO pada Kosmetik dan Khasiatnya

Skincare / 09 February 2024

by Nose Herbalindo

Siapa yang suka minum es kelapa muda? minum es di siang hari memang menyegarkan ya soba Nose. Tapi gak hanya menyegarkan saja nih, buah kelapa juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya dalam menjaga kulit agar tetap sehat dan glowing, salah satunya dengan menggunakan minyak VCO yang berasal dari buah kelapa.


Yuk, kita kenalan lebih dalam tentang minyak VCO dan khasiatnya untuk kulit.


Apa Itu Minyak VCO?


Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni adalah produk olahan yang terbuat dari daging kelapa, diproduksi dengan metode fisika atau biokimia, sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kandungan asam lemak bebas yang rendah, memiliki warna yang bening, dan berbau harum khas kelapa. Minyak VCO juga memiliki daya penyimpanan yang lama yakni lebih dari 12 bulan.


Perlu sobat Nose ketahui, minyak VCO itu berbeda dengan minyak kelapa yang digunakan untuk menggoreng makanan. Tentu minyak murni memiliki kualitas yang lebih baik. Jika kita perhatikan, minyak goreng biasa akan berwarna kuning kecoklatan, tidak berbau harum, dan mudah tengik sehingga tidak bisa bertahan lama yakni kurang dari dua bulan.


Khasiat Minyak VCO pada Skin Care dan Kosmetik


Minyak VCO telah lama dikenal secara luas memiliki banyak manfaat bagi kulit, terutama pada produk skin care dan kosmetik. Berikut ini beberapa manfaat minyak VCO yang penting bagi kesehatan kulit.


1. Melembapkan Kulit

Minyak VCO mengandung asam laurat yang dapat menembus lapisan kulit dan membantu menjaga kelembapan alami kulit. Asam ini memiliki sifat emolien, yang membantu menjaga kelembapan kulit dengan membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit. Penggunaan minyak VCO pada kulit juga dapat meningkatkan kadar air dalam kulit dan mencegah kulit kering.


2. Mengurangi Peradangan Kulit

Mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan pembengkakan pada kulit. Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan minyak VCO secara topikal dapat membantu mengurangi gejala dermatitis atopik dan eksim.


3. Mengatasi Jerawat

Sifat antimikroba pada minyak VCO bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengobatan jerawat. Itu karena asam laurat terbukti efektif membunuh bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacterium acnes.


4. Mengurangi Tanda Penuaan

Minyak VCO mengandung antioksidan seperti vitamin E dan polifenol yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan kulit. Antioksidan membantu melindungi kulit dari stres oksidatif akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan yang dapat menyebabkan kerutan, garis, dan hilangnya elastisitas kulit.


5. Menutrisi Rambut

Sebelumnya kita sudah membahas manfaat minyak VCO untuk kulit wajah, namun tak kalah penting minyak ini juga sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut. Penggunaan minyak VCO pada rambut membantu menjaga kelembapan alami, mencegah kerusakan serta meningkatkan kekuatan dan kilau rambut. Selain itu, minyak VCO dapat membantu mengatasi ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala.


Ternyata banyak sekali ya, khasiat dari minyak VCO yang sudah ketahui. Kamu juga bisa menggunakan minyak VCO sebagai bahan utama kandungan skin care di PT Nose Herbal Indo.


Dengan tim product development profesional, kamu bisa langsung berdiskusi mengenai brand image, proses produksi, dan formulasi produk impianmu bersama kami. Hubungi kontak kami untuk mulai membuat produk skin care-mu sendiri. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


Related Articles

tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo