Peptide : Manfaat dan Jenisnya untuk Perawatan Kulit

Skincare / 26 February 2024

by Nose Herbalindo

Saat ini sedang ramai produk skin care dengan kandungan peptide nih, Sobat Nose! Sobat Nose tau gak sih, apa manfaat dari peptide ini?? Yuk simak artikel berikut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai peptide!


Apa itu Peptide?


Peptide atau peptida adalah sekelompok asam amino yang dihubungkan oleh ikatan peptida. Pada tahun 1973, Pickart menyebutkan bahwa peptida ini dapat membangun produksi berbagai protein termasuk kolagen. Jadi, peptida ini sudah ada di dalam tubuh. Namun, menurut para ahli, kita kehilangan 1% dari kolagen yang tersisa per tahun setelah usia 30 tahun.


Proses pembentukan kolagen dari asam amino (termasuk peptida) juga akan akan melambat. Hal ini dapat dibantu dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang mengandung kolagen, dan juga mengandung asam amino pembentuk kolagen, elastin, dan protein bermanfaat lainnya. Selain itu, dapat dibantu juga dengan penggunaan produk skincare dengan kandungan peptida.


Menurut Dr. Bowe, cara kerjanya sedikit lebih kompleks: "Tubuh melihat peptida ini sebagai 'sinyal' yang memberi tahu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen di tempat yang paling dibutuhkan," jelasnya.


Pada tahun 1973, Pickart menyebutkan bahwa peptida ini dapat membangun produksi berbagai protein termasuk kolagen. Selain itu, peptida memiliki molekul yang lebih kecil sehingga akan lebih mudah diserap dan menembus kulit sehingga dapat masuk ke aliran darah lebih cepat.


Manfaat dari Peptide untuk Perawatan Kulit


Didapat dari berbagai sumber alami seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme, peptida ini memiliki menunjukkan efek fisiologis yang beragam, diantaranya:


  1. 1. Peptida merupakan antioksidan kuat
  2. 2. Peptida memiliki molekul yang lebih kecil sehingga akan lebih mudah diserap dan menembus kulit sehingga dapat masuk ke aliran darah lebih cepat.
  3. 3. Peptida memicu sel-sel kulit untuk melakukan fungsi tertentu seperti membangun kolagen dan elastin, sehingga kulit terlihat dan terasa lebih muda.
  4. 4. Sintesis kolagen pada kulit yang dipicu melalui penggunaan produk skincare dengan kandungan peptide didalamnya akan membantu kulit lebih terasa lembap dan sehat.
  5. 5. Jika sedang dalam masa penyembuhan dari cedera pada pergelangan kaki, peptida tersebut akan memberi sinyal pada tubuh Anda untuk memfokuskan upaya perbaikan pada sendi tersebut. Telah dikonfirmasi melalui beberapa bukti in vitro / in vivo serta hasil uji klinis bahwa kandungan peptide pada skin care dapat membantu dalam penyembuhan luka pada kulit.

  6. 4 Jenis Peptide yang Ada di Produk Skincare


    Sobat Nose sudah tahu belum kalau Peptida ini memiliki banyak jenis? Namun, hanya ada empat jenis peptida spesifik yang berguna untuk kulit, khususnya untuk perawatan kulit loh. Berikut jenis peptide yang sering digunakan dalam produk skincare.


    1. Carrier Peptide


    Jenis petide yang satu ini bekerja mengantarkan mineral ke kulit untuk meningkatkan pembentukan protein seperti kolagen, elastin, dan protein struktur lainnya yang membuat kulit tampak lebih kencang dan penuh. Mineral yang dibawa ke kulit ini dapat mengatasi tampilan kulit yang mengalami photoaging dengan mencerahkan bintik-bintik penuaan.


    2. Enzyme-Inhibitor Peptide


    Enzim-inhibitor peptide adalah molekul yang secara khusus dirancang untuk menghambat aktivitas enzim tertentu dalam kulit. Enzim dalam kulit dapat mengurangi proses penuaan, peradangan, atau produksi pigmen.


    3. Signal peptide


    Signal peptide dapat digunakan untuk membantu merangsang produksi kolagen, mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengoptimalkan proses regenerasi kulit. Dengan merangsang produksi kolagen, signal peptide dapat membantu menjaga kulit tetap tampak muda dan sehat.


    4. Neurotransmitter Peptide


    Neurotransmitter Peptide yang disebut-sebut "salah satunya ditemukan pada Botox," memblokir pelepasan bahan kimia yang menyebabkan kontraksi otot pada garis-garis ekspresi, sehingga dapat menghaluskan kerutan pada kulit. Sebuah studi tahun 2009 dalam International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa jenis peptida ini mengurangi jenis kerutan tertentu hingga 30 persen.


    Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat Peptide bagi kulit kita? Kamu juga bisa membuat produk skincare kamu sendiri dengan bahan Peptide di PT Nose Herbal Indo.


    Jangan lewatkan kesempatan menjadi beautypreneur bersama kami. Yuk, konsultasikan lebih lanjut bersama tim Product Development kami hubungi kontak kami untuk mulai membuat produk skin care-mu sendiri bersama kami. #MaklondiNoseAja!


Share This Article


tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo