FYP Aja Nggak Cukup! Begini Cara Bikin Brand Kecantikanmu Langgeng di Pasaran!

by Nose Herbal Indo

Beautypreneurs, pernah bikin produk kecantikan tapi viral sesaat? Hmm, bisa jadi ada yang salah dengan strategimu. Konten viral di sosial media memang bisa bikin produkmu meledak, tapi kalau nggak ada strategi yang tepat, hype-nya bisa cepat meredup, lho!


Di industri kecantikan yang super kompetitif, membangun brand yang konsisten di pasaran memang tidak mudah. Tapi, gimana ya caranya agar brand kecantikan tetap eksis dan terus berkembang meskipun tren terus berubah? Yuk, simak artikel berikut!


1. Tentukan Brand Identity Bisnis Kosmetik


Menentukan brand identity adalah cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk membangun loyalitas konsumen. Menggunakan cara ini, brand kamu akan lebih mudah diingat dan lebih menarik perhatian para konsumen daripada brand yang tidak memiliki identitas. Dari brand identity kamu dapat jadikan panduan dalam membuat logo, banner, slogan, dan copywriting yang tepat dan sesuai.


Semakin relevan branding yang kamu lakukan, maka brand kamu jauh lebih mudah dibedakan dengan brand kompetitor dengan produk serupa. Hal ini juga bisa membuat brand kamu mengendalikan pasar karena identitasnya yang kuat bisa menempati posisi atas dalam pasar.


2. Tampilkan Inovasi Produk yang Relevan dengan Tren Terkini


Di tengah perubahan dan perkembangan pasar kecantikan, memperbaharui tren menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tren ini yang pada akhirnya menambah nilai pada brand kamu dan membantu brand agar tetap berada di top minds konsumen.


Dengan mengetahui tren terbaru, meliputi ingredients, produk, atau kemasan produk. Contohnya, melakukan riset dan pengembangan secara aktif, brand dapat meluncurkan produk yang sesuai dengan tren terkini dan menghadirkan inovasi baru yang memikat konsumen.


3. Pilih Maklon yang Berstandar Nasional dan Internasional


Maklon yang berstandar nasional dan internasional bisa dilihat dari sertifikasi yang mereka punya. Sertifikasi seperti CPKB, izin edar BPOM, Halal, GMP, dan ISO memiliki peran penting untuk menentukan kualitas maklon dalam produksi.


Sertifikasi ini didapatkan melalui tahapan uji laboratorium, pengujian mutu sampel produk, sampai kepada kelancaran distribusi produk yang sesuai pasar lokal dan global.


Kalau kamu berhasil memilih maklon dengan standar terbaik, otomatis produk yang kamu jual akan tersertifikasi dan memenuhi legalitas yang berlaku. Maka, konsumen akan lebih yakin untuk membeli produkmu karena sudah teruji BPOM.


4. Pastikan Brand Lolos Legalitas dan Sertifikasi


Poin ini sangat berkaitan dengan pemilihan maklon yang tepat untuk memproduksi produk dari brand kamu. Brand yang lolos tahap legalitas akan lebih dianggap aman oleh konsumen dan mudah mendapatkan kepercayaan.


Hal ini karena setiap produkmu dapat dipastikan sudah melewati proses uji klinis secara menyeluruh untuk memastikan mutu dari produk tersebut. Uji ini dapat meliputi, stabilitas, efektivitas, klinis, dan BPOM. Selain itu, kalau brand tersebut sudah memiliki sertifikasi dari BeVeg atau badan lainnya, brand tersebut dapat membuka peluang yang besar untuk dipasarkan di pasar internasional.


5. Pakai Strategi yang Tepat Sasaran


Hal ini juga berkaitan pada brand identity yang dibangun dalam suatu brand. Strategi yang tepat bisa kamu dapatkan dalam menciptakan branding yang sesuai dengan target audiens-mu. Kamu juga harus menentukan audiens mana yang ingin kamu dapatkan, apakah perempuan, laki-laki, atau spesifikasi lainnya. Cara ini dapat membantumu dalam mempertahankan posisi brand karena cenderung memiliki audiens yang lebih tepat sasaran.


6. Gunakan Media Sosial untuk Mengoptimalkan Penjualan


Setelah menggunakan cara di atas, kamu bisa mengoptimalkan penjualanmu agar lebih dikenal oleh audiens-mu. Aktif mengunggah konten serta berinteraksi dengan audiens melalui media sosial Instagram, Facebook, TikTok, Youtube, dan Linkedln agar brand-mu semakin dilirik oleh berbagai kalangan audiens.


Kamu juga bisa melakukan campaign dengan konsep yang menarik agar brand-mu mendapatkan perhatian lebih. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengumpulkan sekelompok audiens yang menjadi target penjualanmu.


Mau Tahu Strategi Lainnya? Yuk, ikut Nose Cosmetic Industrial SUMMIT 2025!


Nah, itu dia yang harus kamu perhatikan agar brand kamu tetap menjadi top 1 pasar kecantikan. Dengan cara ini, brand-mu bisa memiliki pondasi yang kuat agar tidak mudah tenggelam!


Bersama para experts kecantikan, kamu akan dapatkan banyak insight yang menarik, networking brand owner dan beautypreneur, sampai ke tren terbaru seputar kecantikan, agar brand kamu makin relevan dan nggak kalah saing sama kompetitor. Siap gabung ke circle beauty owner sukses? Yuk, cari tahu selengkapnya dan daftarkan dirimu sekarang!

Share This Article


Related Articles

tiktok logo
instagram logo
Bicara dengan CS
whatsapp logo